Seputar informasi teknologi internet dan Android

Nggak Usah Galau ! Foto WhatsApp yang Dihapus Bisa Kembali

blogger templates

Nggak Usah Galau ! Foto WhatsApp yang Dihapus Bisa Kembali



WhatsApp sebagai salah satu aplikasi berkirim pesan instan telah banyak di gunakan oleh berbagai kalangan. Aplikasi yang juga tergabung dalam Facebook ini telah merambah ke berbagai penjuru dunia.

Berbagai fitur yang menarik ditawarkan kepada para penggunanya, salah satunya adalah fitur untuk mengembalikan foto atau video yang telah terhapus.

Karena banyaknya kiriman foto atau video di WhatsApp terutama dalam suatu grup, terkadang kita merasa jengah dan ingin menghapusnya. Namun di lain waktu, kita menjadi menyesal telah menghapusnya karena ternyata foto maupun video tersebut anda butuhkan. Jangan galau, kini WhatsApp bisa mengembalikan foto atau video yang telah terhapus.

WhatsApp ternyata diam-diam telah menambahkan fitur baru pada update minor yang dirilisnya belum lama ini, yaitu kemampuan dalam mengembalikan foto, video, voice atau file lain yang pernah dikirimkan melalui chat WhatsApp, namun telah dihapus.

Fungsi ini tersedia di update 2.18.106 dan 2.18.110 WhatsApp untuk versi Android. Jadi, WhatsApp dapat memungkinkan kita untuk mendownload ulang file media yang sudah dihapus oleh pengguna.

Pada bagian lain, kemampuan dari fitur terbaru ini secara tidak langsung memberitahukan bahwa WhatsApp ternyata masih menyimpan file kita di server mereka, walau kita sudah mendownloadnya.

Fitur ini sebenarnya telah tersedia sebelumnya, yaitu WhatsApp memungkinkan file media yang belum didownload pengguna masih tersedia selama waktu 30 hari. Dan ketika si penerima telah mendownloadnya, barulah kemudian WhatsApp langsung menghapus file tersebut dari server mereka.

Lalu kemudian, WhatsApp memodifikasi fitur tersebut. Sekarang, ketika sebuah file media telah sukses didownload, pihak WhatsApp tidak langsung menghapusnya dari server mereka, melainkan memungkinkan pengguna untuk mendownload ulang jika sewaktu-waktu mereka membutuhkannya.

Namun dengan catatan, ada syarat yang harus dipenuhi untuk memanfaatkan fitur ini. Agar bisa mendapatkan kembali file yang pernah dihapus, pengguna tidak boleh menghapus chat pada saat file tersebut dikirimkan. Dan jika chatnya sudah dihapus, maka kemampuan ini tidak berlaku.

"Hanya jika file dihapus dari SD card ataupun WhatsApp, dan Anda masih menyimpan pesan chat tersebut, Anda bisa mendownload ulang file yang dihapus," demikian seperti yang dikutip dari laman Wabetainfo, pada Minggu (22/4/2018).

Bagi anda yang khawatir akan privasi data terkait dengan kemampuan fitur ini, WhatsApp  telah menyebutkan bahwa file media akan tetap melalui proses enkripsi end-to-end walaupun WhatsApp tidak menghapusnya dari server mereka
.


0 Response to "Nggak Usah Galau ! Foto WhatsApp yang Dihapus Bisa Kembali"

Post a Comment