Seputar informasi teknologi internet dan Android

Waduh..WhatsApp Bakal Blokir Pengguna di Bawah 16 Tahun

blogger templates

Waduh..WhatsApp Bakal Blokir Pengguna di Bawah 16 Tahun



WhatsApp sebagai aplikasi pengirim pesan instan banyak dimanfaatkan oleh penggunanya dari berbagai kalangan dan juga usia, aplikasi paling populer saat ini banyak di gunakan untuk berbagai keperluan.

Dengan berbagai fitur unggulannya aplikasi ini mendapat tempat yang cukup tinggi bagi penggunanya di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di negara Indonesia.

Namun beredar kabar, baru-baru ini WhatsApp bakal memblokir penggunanya yang berusia kurang dari 16 tahun. Peraturan baru ini akan segera  mereka terapkan di Eropa.

Pertanyaannya mengapa Eropa? sebab Uni Eropa akan segera menerapkan aturan privasi data baru pada tanggal 25 Mei yang akan datang. Dan dengan adanya aturan baru tersebut membuat pihak WhatsApp bergerak cepat dengan cara memperbarui kebijakan privasinya, salah satunya adalah menerapkan batas usia minimal tersebut.

https://newrevive.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=658&loc=https%3A%2F%2Finet.detik.com%2Fcyberlife%2Fd-3989296%2Fwhatsapp-bakal-blokir-pengguna-di-bawah-16-tahun&referer=https%3A%2F%2Fwww.google.co.id%2F&cb=e21431b459
Jadi, ketika nanti ada penggunanya di Eropa yang melakukan login ke dalam aplikasi WhatsApp, maka mereka akan mendapatkan pertanyaan akan usianya pada laman persetujuan term of service (TOS), lengkap dengan kebijakan privasi dari WhatsApp yang sudah diperbarui.

Selain mengenai usia minimal dari penggunanya, WhatsApp kini juga telah membolehkan penggunanya untuk mengunduh backup data-data mereka yang ada di aplikasi yang juga milik Facebook tersebut, seperti kontak dan juga nomor-nomor yang telah diblokir sebelumnya.

Sementara itu Facebook menerapkan aturan yang berbeda terkait dengan perubahan aturan privasi data di negara Eropa ini. Pihaknya kini akan meminta remaja yang berusia antara 13 sampai 15 tahun untuk menunjukkan izin dari orang tuanya untuk membagikan informasi personal di aplikasi Facebook tersebut.

Apabila mereka tidak dapat menunjukkan izin dari orang tuanya, maka mereka hanya bisa mengakses Facebook dalam versi generik saja, atau aplikasi Facebook tanpa kustomisasi informasi berbasis data mereka.

Akan tetapi perlu diingat, di luar Eropa, usia minimal untuk menggunakan aplikasi WhatsApp tetaplah 13 tahun, seperti yang di kutip dari laman The Verge, namun apakah peraturan ini akan juga berlaku di Indonesia?

0 Response to "Waduh..WhatsApp Bakal Blokir Pengguna di Bawah 16 Tahun"

Post a Comment