Seputar informasi teknologi internet dan Android

Android P Berikut Fitur Anyar nya

blogger templates

Android P Berikut Fitur Anyar nya 


Seperti tahun sebelumnya, dalam sebuah perhelatan Google I/O dikesempatan kali ini, Google ikut pula mengumumkan kemunculan OS terbarunya yang di beri nama Android P. Walaupun belum sepenuhnya dan masih dalam versi beta, pihak perusahaan sudah mengungkapkan sejumlah fitur terbarunya.

Menurut VP Engineering Android, Dave Burke mengatakan jika Android P mengusung tiga tema, yaitu cerdas, sederhana, dan sangat digital.

Untuk anda yang penasaran seperti apa fitur terbaru dari Androd P, berikut dibawah ini beberapa rangkumannya seperti yang dikutip dari laman Venture Beat pada aRabu (9/5/2018),

Salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Google untuk Android P adalah App Actions. Fitur ini memungkinkan bagi Android dalam memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh pengguna Smartphone.

Bukan hanya itu saja, fitur ini juga memungkinkan bagi pengembang untuk meningkatkan kemampuan aplikasinya termasuk juga untuk membuat konten yang lebih mudah diakses. Jadi, dengan begitu pengguna bisa melakukan sejumlah tindakan dengan lebih cepat.

Fitur  App Actions ini dapat berlaku pada sejumlah aplikasi, seperti Google Search, Google Play, Google Assistant, dan aplikasi launcher Android. Kedepannya, rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan pemakaian dan relevansinya dengan para pengguna.

Selain itu Android P juga hadir dengan fitur yang bernama Slice. Fitur ini mampu menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian di Google Search termasuk juga Google Assistant.

Rencananya, fitur Slice ini akan rilis di Google Search pada pertengahan tahun 2018, sedangkan di Google Assistant dirilis pada akhir tahun 2018.

Android P kini juga hadir dengan sistem navigasi baru. Dave Burke mengatakan jika sistem ini menawarkan cara yang lebih cepat untuk mengakses Android. Dalam sistem terbaru ini, Android P muncul dengan satu tombol Home dan mengandalkan navigasi yang berbasis gerakan, mirip dengan yang digunakan iPhone X.

Google memang masih menampilkan tombol Back, tapi dalam pengaturan bawaan, tombol tersebut disembunyikan. Untuk membuka  fitur multitasking, misalnya, penggunanya cukup menggeser tombol Home ke arah samping.

Pada kali ini, Google juga menghadirkan Android Dashboard, alat yang memungkinkan pengguna untuk mengelola waktu yang dipakai saat menggunakan aplikasi.

Fitur anyar yang hadir di Android P ini akan menampilkan waktu yang dihabiskan penggunanya selama mengakses perangkat ponsel dan akan memberikan notifikasi ketika sudah terlalu lama dalam menggunakannya.
Siap Rilis untuk Pengembang
Pihak Google juga sudah mulai merilis pratinjau terbaru dari Android P untuk para pengembang. Pratinjau ini termasuk pula sistem untuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL.

Untuk sekadar informasi, build Android awal ini sebenarnya hanya peruntukkan untuk pengembang. Akan tetapi, pembaruan dalam versi beta ini sebenarnya juga bisa diakses melalui situs resmi Android.

Selain tersedia untuk perangkat Pixel keluaran Google, pratinjau ini juga hadir untuk perangkat Sony Experia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, OnePlus 6, dan Essential PH-1.
Kecerdasan Buatan untuk Hemat Baterai di Android P
Fitur baru lainnya yang juga rilis di Android P adalah fitur Adaptive Battery. Seperti yang dikutip dari laman Tech Crunch, fitur Adaptive Battery ini dirilis untuk menjawab keluhan banyak penggunanya tentang perangkat Android mereka yang boros baterai.

Dengan fitur Adaptive Battery, baterai di perangkat Android bisa lebih hemat walaupun digunakan secara aktif. Dalam hal ini, Fitur Adaptive Battery mengadopsi Google DeepMind, teknologi kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google selama bertahun-tahun.

Tugas dari Google DeepMind adalah mempelajari kebiasaan dari penggunanya, kemudian akan  menentukan aplikasi apa yang digunakan, kapan saja, dan kemudian membagikan daya ke aplikasi-aplikasi tersebut.

Kecerdasan buatan Google  ini juga bertugas untuk memonitor konsumsi baterai perangkat dan akan mematikan aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan tetapi masih berjalan dibelakang layar.

Bukan cuma itu, teknologi DeepMind juga bertugas untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar, sesuai dengan kebiasaan dari penggunanya.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3516935/android-p-versi-beta-resmi-diumumkan-ini-deretan-fitur-utamanya

0 Response to "Android P Berikut Fitur Anyar nya "

Post a Comment