Seputar informasi teknologi internet dan Android

Awas.. Pesan WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Anda Hang

blogger templates

Awas.. Pesan WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Anda Hang

WhatsApp sebagai aplikasi terpopuler saat ini menjadikannya sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan, namun seiring dengan kepopulerannya banyak pula yang memanfaatkannya untuk tujuan yang kurang baik.

Belum lama ini  dilaporkan banyak dari pengguna aplikasi WhatsApp yang mengeluhkan jika perangkat smartphone miliknya mengalami hang setelah membuka sebuah pesan berantai pada aplikasi WhatsApp yang diterimanya.

Pesan yang dimaksud itu berisi sebuah titik hitam besar yang diikuti dengan teks bertuliskan "Don't touch here" yang banyak dipercaya bisa membuat aplikasi WhatsApp dan juga perangkat smartphone ikut mengalami hang. Meskipun pada mulanya kejadian tersebut banyak yang menduga jika pesan berantai tersebut adalah hoax, akan tetapi tidak sedikit yang telah membuktikan keaslian dari pesan tersebut.

Namun ajaibnya, pesan tersebut tidak berlaku bagi pengguna WhatsApp di iOS dan mereka yang mengakses aplikasi WhatsApp melalui perangkat komputer. Lalu pertanyaannya mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Seperti berita yang dikutip dari Androidterritory via Brilio.net, pada Sabtu (12/5/2018), dalam pesan berantai tersebut mempresentasikan karakter dalam bentuk format kode pemrograman ASCII. Dengan kata lain di dalam pesan yang dikirim itu sebenarnya tersembunyi ribuan karakter  yang berupa simbol, huruf, dan angka yang akan membebani kinerja dari WhatsApp.

ASCII sendiri merupakan singkatan dari American Standard Code for Information Interchange. WhatsApp umumnya akan mengatasi pesan yang dikirim karena terlalu panjang dengan memberi keterangan 'read more' pada pesan yang mempunyai banyak karakter.

Hal yang demikian bertujuan agar perangkat smartphone anda hanya akan menampilkan sedikit karakter dalam waktu yang singkat.

Sedangkan dalam pesan berantai tersebut menjadikan WhatsApp 'dipaksa' untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang akhirnya bisa mengakibatkan kinerja aplikasi WhatsApp tersebut mengalami sedikit terganggu dan mengakibatkan crash.

Akan tetapi bagi anda yang sudah terlanjur menekan tombol hitam tersebut tidak perlu khawatir, aplikasi WhatsApp pada perangkat Smartphone anda tidak akan mengalami hang dalam waktu yang lama.

Begitu aplikasi WhatsApp pada perangkat anda tertutup dengan sendirinya, maka anda hanya perlu untuk menunggu beberapa saat dan kemudian kembali membuka aplikasi WhatsApp tersebut.

 Resiko Smartphone Android Rusak


Pesan bug di WhatsApp. Gb: phonearena.com

Pada bagian lain, sebagaimana yang telah dilaporkan laman Phone Arena, beberapa pesan teks yang dikirim ke aplikasi WhatsApp bahkan bisa merusak aplikasi tersebut, atau bahkan perangkat smartphone Android anda.

Pesan teks ini mempunyai simbol tersembunyi di antara spasi. Ketika pengguna aplikasi WhatsApp mengetuk bagian dari salah satu pesan tersebut, simbol-simbol yang tersembunyi akan semakin meluas, menutupi seluruh aplikasi WhatsApp dan OS Android. Hal tersebut menyebabkan aplikasi WhatsApp maupun perangkat smartphone mati.

Pesan itu berupa teks sederhana dengan kutipan yang berbunyi "Ini sangat menarik," dengan emoji "Tertawa hingga mengeluarkan air mata". Simbol tersebut tersembunyi yang berada di antara emoji dan tanda kutip.

Pada pesan kedua memberi tahu pengguna WhatsApp apa yang akan terjadi jika mereka  mengetuk titik hitam yang merupakan bagian dari pesan. "Jika anda menyentuh titik hitam ini maka WhatsApp akan menjadi hang," demikian seperti yang tertulis dalam teks, yang meliputi adanya sebuah jari yang menunjuk ke titik.

Selain itu ada pula pesan yang mengajak penggunanya untuk mengetuk bagian pesan yang bergambar titik hitam besar (yang dikenal dengan sebutan black dot of death), dan akan mengubah teks menjadi html yang berarti data pribadi pengguna telah dicuri dan kemungkinan hal tersebut akan membuat perangkat smartphone hang.

Sampai berita ini di rilis, belum ada keterangan resmi dari pihak WhatsApp. Kemungkinan masalah ini akan memakan waktu beberapa hari kedepan. Untuk itu disarankan kepada pengguna agar mengabaikan pesan yang mencurigakan atau ada baiknya untuk berhenti dulu sejenak menggunakan media sosial sampai masalah ini bisa diselesaikan.

0 Response to "Awas.. Pesan WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Anda Hang"

Post a Comment