Seputar informasi teknologi internet dan Android

Terungkap… Inilah 5 Bahaya yang Disebar Hacker Melalui WhatsApp

blogger templates
Terungkap… Inilah 5 Bahaya yang Disebar Hacker Melalui WhatsApp





WhatsApp sebagai salah satu aplikasi pengirim pesan yang paling populer di jagad ini banyak digunakan oleh hampir sebagian besar penduduk dunia, seiring dengan kepopulerannya menjadikan Hacker memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk menyebarkan virus atau pun  malware yang sangat berbahaya untuk para penggunanya. Hal tersebut otomatis melahirkan masalah baru karena banyak pengguna yang mungkin belum menyadari akan bahaya virus tersebut.

Sebelum anda mengalami kerugian akibat hal tersebut, berikut dibawah ini adalah daftar ulasan 5 virus atau malware berbahaya yang disebarkan oleh hacker melalui aplikasi WhatsApp.

1. WhatsApp Gold

Seperti yang sudah para pengguna tahu, WhatsApp mempunyai ikon yang berwarna hijau. Namun pernahkah anda berpikir ingin memiliki aplikasi  WhatsApp dengan ikon yang berwarna emas? Nah, karena hal itulah menjadikan para hacker berusaha untuk menyebarkan virus berbahaya melalui ajakan untuk  mengunduh aplikasi WhatsApp Gold.

Pengguna internet akan mendapatkan sejumlah pesan ajakan beserta link untuk mengunduh WhatsApp Gold yang digadang-gadang sebagai aplikasi ekslusif dan hanya dipakai oleh kalangan selebritas saja dan memiliki sejumlah fitur yang tak bisa ditemui di aplikasi biasa.

Ketika pengguna perangkat Smartphone telah terjebak dan kemudian mengakses link yang sudah diberikan, maka saat itulah perangkat smartphone anda akan terjangkit malware serta serangan siber yang kemudian berujung pada pencurian data pribadi oleh para hacker.

2. Skygofree

Skygofree merupakan malware berbahaya yang bisa meretas dan juga mengintip pesan WhatsApp serta mengambil foto pemiliknya dengan menggunakan kamera smartphone tanpa diketahui oleh penggunanya. 

Tidak cukup berhenti di situ saja, malware ini juga mampu untuk melacak lokasi dan rekaman audio penggunanya dan kemudian menyusup ke histori sehingga memungkinkan dapat membobol password sampai hal-hal yang bersifat penting lainnya. Melalui serangan ini, hacker akan dapat mengetahui apapun aktivitas yang dilakukan pengguna melalui perangkat smartphone.

Tentu saja, Skygofree  merupakan malware yang sangat berbahaya apalagi jika pengguna perangkat Smartphone mengakses internet banking, maka kemungkinan besar  menjadikan para hacker  akan dapat mencuri semua isi rekening pengguna Smartphone.
Jangan asal buka link
3. Pesan Organisasi


Jika suatu ketika anda menerima pesan berantai dari kawan ataupun kontak di WhatsApp yang disertai dengan perintah untuk membuka link tertentu, maka sebaiknya anda abaikan atau hapus saja pesan berantai tersebut.

Perlu anda ketahui, ada sebuah malware yang disebarkan para hacker melalui pesan berantai dengan mengatasnamakan sejumlah organisasi-organisasi tertentu yang kemungkinan berpengaruh bagi pengguna Smartphone.

Jika pengguna membuka sebuah tautan yang dikirimkan bersama pesan tersebut, maka besar kemungkinan pencurian informasi milik pengguna yang tersimpan di dalam perangkat ponsel akan bisa terjadi. Biasanya, malware berbahaya ini dibuat serupa seperti pada format Microsoft Excel, Microsoft Word, dan juga PDF.

4. Warna Baru di WhatsApp

Untuk Malware yang satu ini disebarkan melalui suatu pesan WhatsApp yang menjanjikan fitur dan warna baru WhatsApp untuk para penggunanya. Agar bisa mengaktifkan fitur tersebut, pengguna nya harus mengirimkan kembali pesan yang telah didapat tersebut ke 10 kontak lainnya atau 5 grup WhatsApp.

Namun tentunya hal tersebut hanya modus hacker saja ,karena ketika pengguna perangkat Smartphone melakukan apa yang telah diperintahkan, maka secara otomatis didalam perangkat smartphone-nya akan terpasang berbagai aplikasi dan diikuti munculnya notifikasi palsu yang memberitahukan jika smartphone sedang dalam kondisi yang bahaya.

Dari sini juga, perangkat smartphone anda akan dipenuhi oleh berbagai iklan-iklan yang ketika diklik, maka menjadikan para hacker tersebut akan mendapatkan keuntungan secara finansial sementara  itu smartphone milik pengguna dalam kondisi bahaya.
Waspada Video Call Berbahaya
5. WhatsApp Video Calling

Adanya fitur Video Calling WhatsApp sempat digunakan oleh para hacker untuk menyebarkan berbagai virus dengan tujuan untuk mencuri data ataupun kontak pengguna. Melalui fitur Video Calling ini, hacker menyebarkan suatu pesan palsu untuk pengguna agar mencoba layanan baru WhatsApp dan kemudian melampirkan suatu tautan untuk mengunduh fitur tersebut.

Kemudian setelah fitur berhasil terinstall, maka akan muncul halaman seperti pada suatu survei online yang selanjutnya akan meminta penggunanya untuk mengisi data-data yang telah diminta. Maka dari sinilah kemungkinan besar pencurian data pribadi milik pengguna terjadi. Para Hacker akan memanfaatkan sejumlah data-data tersebut untuk kemudian meraka salahgunakan.

Bahayanya lagi jika pengguna perangkat Smartphone juga memasukkan data rekening bank kedalam  halaman tersebut, maka  menyebabkan pencurian saldo rekening tak bisa lagi untuk dihindari.

Selain hal-hal tersebut di atas, bila ada sebuah nomor yang mencurigakan di aplikasi WhatsApp, Sebaiknya anda langsung blokir saja, karena dikhawatirkan Hacker tersebur tersebut memiliki niat  yang tidak baik seperti mencuri data penggunanya..

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3521061/5-bahaya-yang-disebar-hacker-lewat-whatsapp

0 Response to "Terungkap… Inilah 5 Bahaya yang Disebar Hacker Melalui WhatsApp"

Post a Comment