Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP Android baru

blogger templates

Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP Android baru

Di era digital ini penggunaan perangkat Smartphone semakin marak, seiring dengan perkembangan teknologi berbagai perangkat Smartphone beredar dipasaran.
Dengan berkembangnya teknologi telekomunikasi sejalan dengan tumbuhnya berbagai aplikasi yang berhubungan erat dengan perangkat Smartphone yang bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam beraktifitas sehari-hari.
Salah satu aplikasi yang kian populer sekarang ini adalah WhatsApp, sebagai aplikasi berkirim pesan instan yang digunakan oleh sebagian besar penduduk dunia.
WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler abad ini yang mempunyai banyak sekali peminat di dunia. Aplikasi WhatsApp telah memberikan kemudahan pada setiap penggunanya dengan berbagai fitur yang menarik seperti untuk mengirim pesan, gambar maupun suara. Selain itu, ada pula fitur yang juga memungkinkan seseorang untuk melakukan video call dengan sesama pengguna WhatsApp lain. Hal tersebut tentunya akan sangat memanjakan setiap penggunanya.
Pada aplikasi WhatsApp semua pesan akan tersimpan dengan aman dan agar dapat terhubung dengan pengguna lain nya memanfaatkan nomor telephone. Ketika pengguna akan mengganti ponsel lama dengan ponsel baru, maka chat history yang ada didalam aplikasi WhatsApp akan terhapus.  Namun bagaimana jika pada aplikasi WhatsApp tersebut terdapat pesan yang penting? Tenang ga perlu panik, ada cara untuk memindahkan chat history WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru.
Cara Memindahkan Chat History WhatsApp ke HP Lain dengan memanfaatkan Google Drive


Cara memindahkan chat history WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur Google Drive. WhatsApp memang telah menyediakan fitur ini agar dapat digunakan oleh para penggunanya yang ingin  melakukan backup dan restore ke perangkat android baru. Syaratnya yang harus anda perhatikan adalah harus memiliki akun Google Drive yang berguna sebagai media penyimpanan datanya nanti.
Cara yang akan di berikan ini terbilang sangatlah mudah dan cukup efektif, anda hanya perlu  melakukan beberapa langkah saja maka chat history WhatsApp pada perangkat android lama bisa langsung pindah ke perangkat yang baru.
Langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk memindahkan chat history WhatsApp dari perangkat android lama perangkat yang baru adalah sebagai berikut :
  • Pertama anda harus pastikan data seluler sudah dihidupkan. Atau bisa juga anda memanfaatkan jaringan Wifi agar dapat terhubung dengan jaringan internet.
  • Langkah kedua, buka aplikasi WhatsApp pada perangkat android lama Anda.
  • Berikutnya anda Klik 3 titik yang terletak pada bagian pojok kanan atas, kemudian klik  menu “Setelan”.
  • Berikutnya pada halaman ini, Anda klik menu “Chatting”.
  • Langkah selanjutnya anda klik menu “Cadangkan Chat”.
  • Pada tahapan berikut ini Anda perlu untuk memasukkan akun Google Drive yang akan Anda gunakan sebagai tempat untuk pencadangan chat WhatsApp.
  • Selanjutnya pada bagian bawahnya terdapat pilihan jaringan yang akan Anda gunakan, anda bisa memilih jaringan Wifi saja atau Wifi dan seluler.
  • Paling bagian paling bawah ada pilihan untuk pencadangan video. Jika memang Anda juga ingin melakukan backup video, maka anda tinggal centang saja.
  • Langkah terakhir adalah anda pilih menu “Cadangkan”. Tunggu sampai proses pencadangannya selesai.


Sampai pada tahapan ini Anda sudah berhasil melakukan backup chat history WhatsApp. Langkah   selanjutnya adalah melakukan restore pada perangkat ponsel lain yang akan Anda gunakan.
  • Langkah pertama anda instal terlebih dahulu aplikasi WhatsApp pada perangkat ponsel yang baru
  • Langkah kedua buka aplikasi WhatsApp dan kemudian masukkan nomor telephone yang Anda gunakan sebelumnya.
  • Selanjutnya lakukan verifikasi nomor dan Anda akan diberikan opsi pemulihan chat dan media dari Google Drive.
  • Ikuti prosesnya  sampai selesai dan pesan yang sebelumnya Anda backup sudah berhasil di restore pada perangkat ponsel yang baru.
Demikian tadi  cara memindahkan chat WhatsApp ke HP android baru yang bisa anda coba, akhir kata semoga berhasil.


0 Response to "Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP Android baru"

Post a Comment