Seputar informasi teknologi internet dan Android

Kids Zaman Now Makin Kecanduan Internet, Bikin Orang Tua jadi Khawatir

blogger templates

Kids Zaman Now Makin Kecanduan Internet, Bikin Orang Tua jadi Khawatir



Seiring perkembangan teknologi yang kian canggih berdampak pula kepada prilaku penggunanya, salah satunya adalah penggunaan internet.

Jika dahulu internet hanya digunakan untuk keperluan bisnis dan hanya digunakan oleh kalangan terbatas saja namun sekarang ini internet telah merambah ke berbagai kalangan dan juga usia, penggunaannya pun untuk beragam keperluan.

Dilain pihak internet pun ternyata membawa dampak yang cukup mengkhawatirkan karena sekarang ini penggunanya dari kalangan usia muda yang kadang belum memahami akan manfaat sebenarnya dari penggunaan internet.

Sekarang ini sekitar 33 persen dari orang tua, merasa khawatir terhadap kecanduan internet yang dialami oleh sebagian dari generasi muda saat ini.

Kekhawatiran para orang tua tersebut terlihat dari hasil riset yang telah dilakukan oleh Kaspersky Lab dan B2B International.

Dari riset tersebut tercatat, satu dari 10 atau 12 persen anak yang berada di bawah umur 18 tahun telah mengalami kecanduan internet.

Sementara itu, ketidakmampuan anak untuk memperlebar jarak mereka dengan dunia online menjadi salah satu kekhawatiran utama para orang tua.

Hal tersebut terlihat dari hasil riset sekitar 36 persen orang tua mengkhawatirkan anak-anak mereka melihat berbagai konten yang tidak pantas atau eksplisit dan sebesar 32 persen orang tua khawatir anak-anaknya akan berkomunikasi dengan orang tidak dikenal melalui jejaring sosial.

Sementara, sebanyak 51 persen, para orang tua merasa ancaman internet online kepada anak-anaknya semakin bertambah, jumlah waktu anak-anak yang melakukan kegiatan berselancar di dunia maya merupakan faktor penting yang sangat diperhatikan oleh orang tua agar mereka tetap terlindungi.

Karena kekhawatiran tersebut, sebanyak 33 persen orang tua telah memberlakukan pembatasan waktu online kepada anak-anaknya.

 Masih Berisiko



Namun bagaimanapun juga, membatasi waktu berselancar di dunia maya tidak sepenuhnya membuat anak-anak terbebas dari dampak buruk internet.

Dalam kurun waktu 12 bulan, sebanyak  44 persen dari anak-anak menghadapi paling sedikitnya satu ancaman buruk online, dengan satu dari sepuluh anak telah  mengakses konten yang tidak pantas sebanyak 12 persen atau berhadapan dengan software yang berbahaya dan virus  sebanyak 10 persen.

Oleh karena itu, opsi lainnya untuk para orang tua agar dapat melindungi anak dalam menggunakan internet adalah dengan melalui edukasi.

Lebih dari sepertiga atau sebanyak 37 persen orang tua  telah secara rutin berbincang mengenai dampak buruk dari kegiatan online dengan anak-anaknya, dan sebanyak 31 persen orang tua mengawasi anak-anaknya selagi mereka melakukan aktivitas online, sehingga orang tua dapat segera memperingatkan anak-anaknya jika ada kemungkinan muncul ancaman dan kemudian melengkapi langkah edukasi.

"Orang tua ingin anak-anaknya tetap aman, tapi hanya dengan membatasi waktu mereka mengakses Internet bukanlah cara yang terbaik," terang Dmitry Aleshin, VP Product Marketing, Kaspersky Lab, pada Jumat (27/4/2018).

Edukasi dan Komunikasi

Menurutnya, edukasi dan juga komunikasi sangat berperan besar untuk memastikan anak-anak siap  menggunakan internet secara bertanggungjawab dan juga aman.

"Yang juga penting adalah menggunakan software untuk memperkuat perlindungan. Membatasi waktu berinternet adalah salah satu dari proses tapi tidak cukup hanya itu saja. 

Teknologi bisa membantu untuk  mengurangi risiko, sekaligus juga membantu anak-anak untuk mengeksplorasi dampak positif dari Internet secara aman dan mengembangkan keahlian digital tanpa cemas terhadap ancaman siber," j terang Dmitry Aleshin.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3492317/kids-zaman-now-makin-kecanduan-internet-orang-tua-ketar-ketir

0 Response to "Kids Zaman Now Makin Kecanduan Internet, Bikin Orang Tua jadi Khawatir"

Post a Comment