Seputar informasi teknologi internet dan Android

Awas..Aplikasi Antivirus Abal-Abal Kini Marak Beredar di Google Play Store

blogger templates

Awas..Aplikasi Antivirus Abal-Abal Kini Marak Beredar di Google Play Store


Bagi sebagian besar pengguna perangkat elektronik, terutama pengguna PC maupun laptop pastilah mengetahui betapa pentingnya penggunaan software antivirus.

Bukan hanya penting untuk perangkat PC maupun laptop, banyak pengguna perangkat smartphone menginstal suatu aplikasi antivirus dengan tujuan agar terlindungi dari beragam serangan cyber.

Akan tetapi, dengan banyaknya aplikasi antivirus yang tersedia di Google Play Store, sangat wajar jika pengguna mengalami sedikit kesulitan untuk memilih mana aplikasi yang terpercaya dan juga aman.

Namun sayangnya, sebagian besar pengguna perangkat smartphone Android ujungnya malah tertipu oleh aplikasi antivirus abal-abal.

Menurut laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan pengujian antivirus, AV-Comparative melalui ZDNet, pada Sabtu (16/3/2019), sebanyak dua pertiga dari 250 aplikasi antivirus Android yang diuji ternyata adalah aplikasi abal-abal atau palsu.

Guna membuktikan kemampuan dari antivirus tersebut, perusahaan kemudian mengujinya yaitu dengan memasukkan malware ke dalam perangkat untuk melihat apakah aplikasi tersebut mampu mendeteksi dan juga mengatasinya.

Dari 250 aplikasi antivirus yang diuji dengan malware tersebut, hanya 80 aplikasi saja yang dapat mendeteksi dan mengatasinya.
Deteksi Malware Tidak Maksimal

Walau begitu, ke-80 aplikasi yang diuji tersebut hanya mampu mendeteksi lebih dari 30 persen saja dari malware yang artinya hal tersebut sedikit berhasil.

Selain itu perusahaan juga telah menemukan, beberapa aplikasi yang diuji  ini tidak mampu menandai malware. Itu artinya aplikasi hanya mengandalkan informasi malware yang memang sudah terdaftar.

Hal Ini berarti, beberapa malware hanya bisa terdeteksi berbahaya jika namanya muncul di dalam daftar program berbahaya yang telah tersimpan di dalam aplikasi antivirus abal-abal atau palsu tersebut.

Bukan hanya itu saja, perusahaan juga menemukan fakta terdapat sejumlah aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik ini dibuat oleh programmer yang sama.

Sumber :https://www.liputan6.com/tekno/read/3918313/aplikasi-antivirus-abal-abal-marak-beredar-di-google-play-store

0 Response to "Awas..Aplikasi Antivirus Abal-Abal Kini Marak Beredar di Google Play Store"

Post a Comment