Seputar informasi teknologi internet dan Android

Buka Pintu Rumah Jadi Mudah Lewat Sidik Jari Dengan Kunci Digital

blogger templates

Buka Pintu Rumah Jadi Mudah Lewat Sidik Jari Dengan Kunci Digital


Seperti berita yang di kutip dari laman Liputan6.com, penggunaan Smart home tak dapat dimungkiri kini telah menjadi salah satu perhatian pada sejumlah perusahaan untuk berlomba-lomba membuat perangkat Smart home dalam beberapa tahun terakhir.

Selain berbagai perangkat elektronik yang kian pintar di era digital ini, beberapa komponen lain yang di gunakan di dalam rumah juga telah dibuat menjadi digital, seperti halnya bagian pintu rumah.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan pintu dengan kunci konvensional terkadang terasa merepotkan. Alasannya, jika dalam satu rumah terdapat beberapa pintu, maka penghuni haruslah membawa banyak anaka kunci yang berbeda pula.

Merujuk hal tersebut, Salah satu perusahaan  dengan brand Tissor kini hadir untuk menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu berupa kunci digital yang akan memudahkan penghuninya. Jadi, dengan menggunakan kunci digital, penghuni tidak perlu lagi membuka pintu dengan memakai kunci konvesional, melainkan membuka kunci rumah dengan memakai sidik jari ataupun nomor PIN.

"Tissor memberikan solusi kunci digital untuk mendukung gaya hidup sekarang. Apabila sebelumnya seseorang perlu membawa banyak kunci, kini tidak perlu lagi," ucap Direktur Commetta Grup, Septianus Ting, dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, pada Selasa (5/3/2019).

Pada kali ini, tersedia tiga model kunci digital yang ditawarkan Tissor yang siap untuk dipasarkan di Indonesia, yaitu model T6000, T6100, dan T6190. Untuk model T6100 dan T6190 ditujukan untuk penggunaan pada pintu kayu di rumah, sedangkan untuk model T6000 digunakan pada pintu kaca.

Sales Manager Tissor Indonesia Erika Sutjitro menuturkan T6100 dan T6190 memiliki spesifikasi serupa. Perbedaan hanya terletak di opsi untuk membuka pintu. T6100 menggunakan nomor PIN, sedangkan T6190 dengan sidik jari dan kartu RFID.

"Pemasangannya pun cukup mudah, sebab bisa dimasukkan ke lobang kunci biasa dan memang desainnya mirip dengan kunci standar. Proses pemasangannya juga tidak butuh waktu lama," ungkapnya menjelaskan.

Kedua model kunci digital ini menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Baterai yang digunakan pun sesuai standar industry saat ini, yakni baterai type  AAA sebanyak tiga buah.

Sementara itu untuk kunci digital model T6000 yang ditujukan untuk penggunaan pintu kaca didesain agar mudah dipasang, tanpa perlu lagi melubangi pintu. Model ini hadir dengan opsi menggunakan nomor PIN dan juga sidik jari untuk membuka pintu karena memang ditujukan pengaplikasian untuk di kantor.

Erika mengatakan ketiga model kunci digital Tissor ini telah dijual di beberapa marketplace  terkenal di Indonesia. Adapun kunci digital tersebut dibanderol untuk harga type T6100 dan T6109 dengan kisaran harga  Rp 2 jutaan, sedangkan untuk model T6000 dijual dengan harga sekitar Rp 3 jutaan.
Tren Kunci Digital di Indonesia



Lebih lanjut lagi Erika mengatakan bahwa keputusan untuk memboyong dua model Tissor, yaitu model T6100 dan T6109 bukanlah tanpa alasan. Pihaknya telah melakukan uji coba pasar sejak bulan Oktober tahun lalu, sebelum meluncurkan dua produk kunci digital ini ke pasaran.

"Saya rasa ini waktu yang tepat bagi kami merilis dua produk tersebut mengingat respon yang baik, sehingga kami memilih untuk merilisnya saat ini. Terlebih, kami juga menjualnya dengan harga yang terbilang terjangkau ketimbang kompetitor," ungkapnya.

Walaupun demikian, Erika tidak menampik bahwa tren penggunaan kunci digital ini masih butuh waktu untuk berkembang terutama di Indonesia. Akan tetapi, dia optimistis jika tren kunci digital ini akan bisa menggantikan kunci konvesional dalam beberapa tahun kedepan.

"Kunci digital ini akan menggantikan kunci konvesional dalam dua atau tiga tahun mendatang. Beberapa developer perumahan akan beralih ke teknologi ini. Saat ini, sudah ada dua perumahan besar di Jawa Timur yang mulai menggunakannya," tutur Erika.

Sebagai pengembangan produknya, Erika juga menuturkan tidak tertutup kemungkinan Tissor akan menghadirkan solusi kunci digital yang mendukung penggunaan Internet of Things alias mendukung jaringan internet.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3910126/mudahnya-buka-pintu-rumah-lewat-sidik-jari

0 Response to "Buka Pintu Rumah Jadi Mudah Lewat Sidik Jari Dengan Kunci Digital"

Post a Comment