Seputar informasi teknologi internet dan Android

Pembaruan Telegram Memungkinkan Pengguna Bisa Hapus Pesan di Smartphone Milik Orang Lain

blogger templates

Pembaruan Telegram Memungkinkan Pengguna Bisa Hapus Pesan di Smartphone Milik Orang Lain

Telegram salah satu aplikasi chat yang diberitakan memperoleh tambahan 3 juta pengguna saat aplikasi Facebook yang sempat mengalami down beberapa waktu lalu.

Bukan cuma itu saja, belum lama ini juga tersiar kabar jika Telegram telah menghadirkan versi terbaru pada aplikasi mereka yang sudah bisa diunduh di iOS, Android, dan juga web.

Dengan adanya pembaruan ini akan memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan mereka dari perangkat milik mereka sendiri maupun milik orang lain.

Pada versi sebelumnya,Telegram akan memberi waktu bagi pengguna selama 48 jam untuk menghapus pesan yang telah mereka kirimkan, baik yang dikirim dari perangkatnya sendiri maupun dari perangkat smartphone orang lain.

Sekarang, Batasan waktu itu telah dihapus melalui pembaruan aplikasinya, sehingga pengguna dapat menghapus pesan mereka baik melaluii perangkat sendiri ataupun perangkat smartphone orang lain kapanpun juga tanpa dibatasi waktu.

Menurut Founder Telegram, Pavel Durov mengungkapkan bahwa update pada aplikasi Telegram ini dirilis dengan tujuan untuk membantu orang dalam mengontrol riwayat pesannya di dunia maya.

"Pesan lama yang telah anda lupakan bisa disalahgunakan konteksnya dan dipakai untuk melawan anda. Teks yang dikirim ke seorang pacar di sekolah (mungkin) bisa menghantui anda di tahun 2030, ketika anda misalnya mencalonkan diri sebagai walikota. Kita harus mengakui, terlepas dari semua progress kami dalam enkripsi dan juga privasi, kami memiliki sedikit kontrol data yang sebenarnya," ucap Durov.
Hapus Pesan di Kedua Sisi

Lebih lanjut lagi, Durov mengatakan, Telegram dapat memungkinkan semua penggunanya untuk menghapus pesan yang telah mereka kirimkan, di perangkat smartphone milik si pengirim pesan maupun pihak penerima pesan.

Durov mengungkapkan, dengan memberi kebebasan untuk melepaskan diri dari segala kelalaian di masa lalu merupakan jantung dari semua kemampuan pada aplikasi Telegram yang baru, ditambah lagi dengan kemampuan fitur baru guna membersihkan seluruh riwayat obrolan.

Namun walau demikian, implementasi Telegram atas tindakan privasi baru ini bisa menjadi bumerang. Pasalnya, ketika seseorang telah menghapus pesan mereka, tidak adanya pemberitahuan pesan obrolan pernah ada sebelumnya.

Bukan Cuma memperluas penghapusan pesan, Telegram juga telah memperbarui fitur pencarian emoji dan GIF mereka.

Selain itu Telegram juga menambahkan pula set stiker baru yang mirip dengan berbagai tokoh seperti Vladimir Putin, Gabe Newell, Snoop Dog, Ryan Gosling, Borat, Bender, dan juga Yolandi dari Die Antwoord.

0 Response to "Pembaruan Telegram Memungkinkan Pengguna Bisa Hapus Pesan di Smartphone Milik Orang Lain"

Post a Comment