Seputar informasi teknologi internet dan Android

Fitur Baru WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Tolak Gabung ke Undangan Grup

blogger templates

Fitur Baru WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Tolak Gabung ke Undangan Grup

Pernahkah anda merasa kesal dan dongkol karena diundang ke dalam suatu grup obrolan WhatsApp yang anggotanya tidak anda kenal sama sekali ataupun hanya berisi informasi undangan suatu acara?

Walau hati merasa kesal, namun anda takkan bisa menolak undangan ke dalam grup WhatsApp tersebut karena sementara ini WhatsApp belum memiliki opsi untuk hal tersebut.

Akan tetapi beredar kabar yang cukup menggembirakan bagi pengguna karena baru-baru ini, aplikasi  pengirim pesan yang juga milik dari Facebook kini tengah menguji coba sebuah fitur terbarunya.

Seperti berita yang dikutip dari laman 9to5Google, pada Kamis (14/2/2019), fitur terbaru WhatsApp ini nantinya akan memungkinkan penggunanya untuk menolak bergabung kedalam suatu grup obrolan WhatsApp.

Sebenarnya, fitur ini akan memberikan kontrol privasi ke pengguna, bagi siapa pun dan kapan akun nomor lain bisa menambahkan anda ke dalam grup obrolan WhatsApp.

Untuk tambahan informasi, uji coba fitur dari WhatsApp ini sementara tersedia bagi pengguna yang masuk di dalam program beta iOS. Walau demikian, fitur ini akan segera diluncurkan untuk perangkat OS Android.

Sementara ini, fitur baru untuk pengguna menolak gabung ke dalam sebuah grup kini tengah dikembangkan dan dalam tahap uji coba, jadi sementara memang belum bisa digunakan oleh pengguna aplikasi WhatsApp.
Bagaimana Fitur Ini Bekerja?

Seperti hasil tangkapan layar yang telah dipublikasikan, pengguna WhatsApp akan memperoleh sejumlah kontrol terkait dengan siapa saja yang bisa mengundang pengguna ke dalam grup obrolan WhatsApp.

Pengguna juga akan mendapatkan pengaturan privasi untuk tiap jenis obrolan ataupun pesan.

Dalam sebuah tangkapan layar yang dipublikasikan, nantinya tersedia opsi di menu Setting terkait dengan "Siapa yang dapat menambahkan saya ke dalam grup", selanjutnya pengguna akan diberikan pilihan opsi yaitu "Everyone", "My Contacts", ataupun "Nobody".

Opsi ini akan tersedia pada menu Setting Privacy yang sebelumnya hanya untuk mengatur  "Last Seen" atau waktu terakhir terlihat, "Profile Photo", "About", dan juga "Status".

Kedepannya jika fitur ini telah resmi diluncurkan, opsi "Groups" bakal ditambahkan ke dalam menu Privacy.


Fitur baru di WhatsApp sedang diuji coba (Foto: 9to5Google)
Apa Artinya?
Tiga opsi tersebut yaitu  Everyone, My Contacts, Nobody.

1. Everyone
Jika pengguna memilih opsi ini maka siapapun akan tetap bisa memasukan nomor pengguna ke dalam grup percakapan, walapaun tanpa izin dari si pengguna. Maka dengan begitu privasinya tetap terganggu.
2. My Contacts
Bagi pengguna yang memilih opsi ini maka hanya bisa di undang ke dalam suatu grup percakapan oleh kontak yang mereka simpan. Pengguna lain pun yang tidak tercatat nomornya dalam daftar kontak tetap masih bisa mengundang pengguna namun akan muncul notifikasi yang membuat pengguna  bisa menentukan apakah dia mau bergabung ataupun tidak dengan grup tersebut.
3.Nobody
Untuk Opsi ini akan memungkinkan pengguna untuk bisa menyaring semua undangan dari grup, baik dari nomor yang telah terdaftar maupun yang tidak terdaftar dalam kontak. Melalui opsi ini saat pemilik nomor di undang untuk masuk ke dalam grup obrolan, maka akan muncul notifikasi yang meminta mereka apakah mau bergabung atau tidak di dalam grup tersebut. Notifikasi ini akan muncul selama kurun waktu 72 jam, dan jika lebih dari waktu tersebut maka akan kadaluarsa.
Sejauh ini opsi Nobody menjadi pilihan yang bisa menjamin privasi bagi para pengguna WhatsApp, karena tidak bisa sembarangan dimasukan ke dalam sebuah grup obrolan WhatsApp.

0 Response to "Fitur Baru WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Tolak Gabung ke Undangan Grup"

Post a Comment