Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ini Dampak Negatif Jika Anda Sering Letakkan Smartphone di Atas Meja Kerja

blogger templates

Ini Dampak Negatif Jika Anda Sering Letakkan Smartphone di Atas Meja Kerja



Dengan meletakkan perangkat Smartphone anda atas meja kerja, ternyata dapat mengurangi produktivitas kerja seseorang.

Berdasar pada sebuah penelitian psikologis yang dilakukan oleh Universitas Würzburg and Nottingham Trent atas permintaan dari Kaspersky Lab,sebanyak 26 persen pekerja ternyata bisa lebih produktif tanpa smartphone- di sampingnya.

Seperti berita yang dikutip dari Tekno Liputan6.com, dalam sebuah keterangan tertulis  dari Kaspersky Lab kepada Tekno Liputan6.com, pada Rabu (13/3/2019), disebutkan, bahwa penelitian ini menggali korelasi antara tingkat produktivitas dan jarak antara responden dengan perangkat  smartphone mereka.

Ketika perangkat smartphone nya dibawa pergi menjauh dari nya, kinerja dari seorang pekerja justru meningkat sebanyak 26 persen. Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 95 responden yang berusia antara 19 hingga 56 tahun ini dilakukan dengan mengambil empat situasi yang berbeda.

Tes pada situasi yang pertama yaitu dengan meletakkan smartphone di dalam saku, kedua  yaitu di atas meja, situasi ketiga yaitu Smartphone terkunci di laci meja, dan yang keempat, perangkat smartphone dipindahkan dari ruangan kerja tersebut.

Dan ternyata, hasil tes menunjukkan bahwa konsentrasi terendah pada pekerja terjadi disaat perangkat smartphone diletakkan di atas meja.

Maka semakin jauh perangkat smartphone dengan responden, maka kinerja mereka pun menjadi semakin meningkat. Uniknya, dari hasil penelitian ternyata juga menemukan bahwa dengan ketidakadaan smartphone di sampingnya tidak membuat responden jadi merasa gelisah.

“Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa di satu sisi, seseorang yang terpisah dengan perangkat smartphone-nya menghasilkan efek emosional negatif, seperti adanya peningkatan rasa gelisah. Akan tetapi di sisi lain, studi mendemonstrasikan bahwa kehadiran perangkat smartphone bisa menjadi gangguan. 

Dengan kata lain, kehadiran dan ketidakhadiran dari perangkat smartphone bisa merusak konsentrasi," ungkap Jens Binder dari Universitas Nottingham Trent.

Pada bagian lain, menurut Astrid Carolus dari Universitas Würzburg mengungkapkan bahwa temuan dari hasil penelitian ini telah mengindikasikan bahwa dibandingkan kehadiran, ketidakhadiran dari perangkat smartphone inilah yang dapat meningkatkan konsentrasi.
Menurunkan Konsentrasi



Sebelumnya dalam sebuah penelitian Digital Amnesia at Work,Kaspersky telah mendemonstrasikan bahwa perangkat digital bisa menghasilkan dampak negatif ke konsentrasi seseorang.

Head of SMB Marketing Kaspersky Lab yaitu Vladimir Zapolyansky mengatakan bahwa produktivitas karyawan kemungkinan bisa ditingkatkan jika mereka memiliki waktu khusus agar bisa benar-benar bebas dari perangkat Smartphone nya.

"Salah satunya yaitu dengan menerapkan peraturan ketat, yakni tak boleh ada perangkat ponsel dan tidak boleh ada perangkat komputer di lingkungan kerja yang normal," ucap Zapolyansky.

Ia pun menambahkan, para pelaku bisnis juga harus menyadari bahwa dalam suatu lanskap bisnis yang saling terhubung saat ini, tingkat konsentrasi yang lebih rendah bisa menimbulkan isu keamanan.

Serangan pun ditargetkan dengan lebih canggih, contohnya, hanya bisa ditemukan jika karyawan waspada pada tampilan dan isi yang tidak terduga dan tidak biasa dari e-mail.

"Oleh sebab itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk menerapkan langkah-langkah keamanan, termasuk sesi pelatihan guna meningkatkan kewaspadaan karyawan, apakah karyawan menggunakan perangkat smartphone mereka di tempat kerja ataukah tidak. Manajemen keamanan pada perangkat mobile sama pentingnya demi melindungi data-data bisnis yang sensitif untuk menerapkan efisiensi usaha," ucapnya lagi. 

Kaspersky Lab sendiri telah melakukan penelitiani dampak sosial dari digitalisasi, dan bagaimana digitalisasi bisa membuat orang lebih menjadi lebih rentan terhadap kriminalitas di dunia maya selama dua tahun terakhir ini.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3915132/ini-dampak-kalau-kamu-sering-letakkan-smartphone-di-meja-kerja?HouseAds&campaign=Smartphone_Tekno_STM


0 Response to "Ini Dampak Negatif Jika Anda Sering Letakkan Smartphone di Atas Meja Kerja"

Post a Comment