Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Membuat Semua Perangkat Smartphone Android Menjadi Remote Control Serbaguna

blogger templates

Cara Membuat Semua Perangkat Smartphone Android Menjadi Remote Control Serbaguna

Jika anda mengalami Remote TV di rumah sering hilang..? Tak perlu risau apalagi kesal dan marah-marah karena kini perangkat android yang mungkin sekarang sedang anda pegang bisa dijadikan Remote serba guna seperti layaknya remote control yang digunakan pada umumnya. 
Dengan memanfaatkan perangkat android yang bisa dipakai sebagai remote control, anda kini bisa mengendalikan lebih banyak peralatan elektronik dari berbagai merek  peralatan TV, DVD player, AC, DSLR camera dan lainnya yang bisa dikontrol dari jarak jauh.

Jika anda tertarik ingin menjadikan perangkat Android sebagai sebuah remote control salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah perangkat android anda haruslah mendukung infra merah, dan bukan cuma itu saja, kita juga memerlukan suatu aplikasi khusus sebagai media pengontrol ataupun sebagai tombol remotenya. 
Jika aplikasi remote control sendiri sekarang telah banyak sekali tersedia di Play Store tinggal kita install saja,selesai. Namun sekarang yang menjadi permasalahannya bagaimana jika perangkat smartphone android milik kita belum support infra merah apakah masih bisa dijadikan remote?? Jawabnya tentu saja bisa, anda bisa membuatnya sendiri dengan berbagai peralatan sederhana sebagai pengganti hardware infra merah yang tidak tersedia pada perangkat android kita.

Portable IR Remote yang penulis ketahui dan banyak beredar di pasaran tersedia 2 jenis,  diantaranya ada yang menggunakan Audio port dan ada pula yang memakai port charger. 
Jika anda menggunakan tipe port charger sebaiknya perangkat android anda harus sudah support OTG agar dapat terdeteksi, sedangkan portable IR remote yang menggunakan Audio port ini diketahui paling banyak peminatnya. 
Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan jika ingin menggunakan Audio port, perhatikan tipe portnya apakah sudah sesuai atau tidak di perangkat android milik anda. 
Umumnya yang beredar dipasaran adalah Portable IR Remote dengan menggunakan Audio port 3.5mm yang sudah banyak sekali mendukung semua tipe perangkat smartphone android, dan untuk harganya sangatlah bervariasi dengan kisaran antara Rp.30.000 sampai Rp.50.000 yang bisa andabeli di Toko aksesoris ponsel ataupun Toko online.
Namun kali ini kita akan mencoba untuk membuat sendiri Remote Control dari bahan yang sederhana yang bisa anda peroleh disekitar, yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut :

- Sensor IR (bisa anda ambil dari remote yang telah rusak)
- Solder dan timah
- Earphone (sebaiknya anda gunakan yang rusak saja )
- Aplikasi zazaremote.apk (bisa anda download di playstore)

Jika bahan - bahannya sudah anda siapkan,berikutnya lanjut ke proses pembuatannya,..
Langkah pertama ambil jack bekas earphone yang telah dipersiapkan sebelumnya,kemudian kupas karet pembungkusnya


Perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahui mana saja jalur arus +/-

Setelah anda mengerti, langkah berikutnya dilanjutkan untuk mempersiapkan IR SENSOR nya (bentuknya seperti led kecil yang bisa anda ambil dari remote bekas)
Perhatikan contoh gambar dibawah ini



Berikutnya sambungkan earphone dan IR sensornya, haruslah di ingat jalur arusnya (+/-) setelah itu anda hubungkan jack dan IR SENSOR dengan menggunakan solder dan timah.

Jika sudah selesai anda sambungkan ,selanjutnya anda bisa mulai setting perangkatnya dan kemudian mencobanya ke perangkat seperti TV,DVD,AC dll dengan bantuan dari aplikasi ZAZA REMOTE yang telah anda download dari playstore.






Untuk hasil yang lebih maximal,anda bisa menggunakan 2 buah IR SENSOR,seperti contoh gambar di atas.
Catatan:  


Jika ada kerusakan maupun kesalah pada perangkat android milik anda itu bukan lah tanggung kami.



Sumber : https://www.medroid.tk/2018/07/membuat-semua-android-menjadi-remote.html

0 Response to "Cara Membuat Semua Perangkat Smartphone Android Menjadi Remote Control Serbaguna"

Post a Comment