Seputar informasi teknologi internet dan Android

Fitur Baru Facebook Gunakan AI untuk Hormati Pemilik Akun yang Sudah Meninggal

blogger templates

Fitur Baru Facebook Gunakan AI untuk Hormati Pemilik Akun yang Sudah Meninggal



Semenjak Facebook berdiri pada tahun 2004, banyak dari penggunanya yang sudah meninggal namun masih meninggalkan kenangan melalui akun media sosialnya. Hal tersebut mungkin membuat keluarga ataupun kerabat yang ditinggalkannya menjadi sulit untuk move on.

Betul, sering kali Facebook memberikan notifikasi mengenai akun orang yang sudah meninggal dunia. Maka dari itu, Facebook telah mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) guna menghormati keluarga maupun kerabat pemilik akun yang telah meninggal tersebut agar terhindar dari rasa sedih ketika menerima notifikasi tersebut.

Seperti yang diketahui Facebook  memang selalu memberikan notifikasi pengingat ulang tahun kepada semua orang yang memang berteman dengan akun yang sedang berulang tahun. Selain itu tak jarang pula muncul notifikasi untuk merayakan peringatan sudah berapa tahun dua orang pengguna telah berteman di aplikasi Facebook.


Dengan kehadiran kecerdasan buatan atau AI tersebut, Facebook diharapkan bakal lebih menghormati penggunanya yang sudah meninggal dunia dan menjaga timeline akun tersebut setelah mereka meninggal. Pengguna Facebook kini bisa dipastikan tidak akan bisa lagi mencoba mengundang akun teman yang sudah meninggal dunia ke dalam sebuah acara.

Sebelumnya, Facebook pun telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk ‘mengenang’ sebuah profil dari pengguna yang sudah meninggal dunia. Setelah sebuah akun masuk kedalam kategori 'mengenang', maka akun tersebut itu tidak akan muncul lagi di notifikasi.

Akan tetapi, belum semua pengguna aplikasi Facebook yang sebenarnya sudah meninggal dunia masuk dalam kategori 'mengenang'. Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI- inartificial intelligencei), Facebook menjamin akun-akun tersebut tidak akan muncul di tempat-tempat terduga.

Selain itu Facebook juga mengumumkan adanya fitur baru di platform-nya yang dikhususkan untuk teman-teman yang sudah meninggal dunia. Nama fitur tersebut adalah 'tributes', yang memungkinkan pengguna untuk mengucapkan belasungkawa ataupun menuliskan kenangannya mengenai orang yang telah meninggal tersebut.

Pesan-pesan yang disampaikan tersebut juga bisa dimoderasi oleh ahli waris dari akun orang yang telah tiada tersebut.

“Kami berharap Facebook tetap menjadi tempat di mana memori dan semangat orang-orang yang kita cintai bisa dirayakan dan akan selalu hidup," ucap Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg, seperti dilansir dari BBC.


0 Response to "Fitur Baru Facebook Gunakan AI untuk Hormati Pemilik Akun yang Sudah Meninggal "

Post a Comment