Seputar informasi teknologi internet dan Android

Apa itu Coding, Beserta Pengertian Fungsi dan Tujuan nya Terlengkap

blogger templates

Apa itu Coding, Beserta Pengertian Fungsi dan Tujuan nya Terlengkap


Di era digital yang mana semua serba super modern ini, kita telah menikmati bebagai kemudahan dalam melakukan beragam kegiatan. Namun dibalik kemudahan yang kita dapat dalam berbagai aspek, ada sebuah usaha yang tidak kalah sulitnya demi untuk menciptakan kemudahan tersebut. 

Mari kita ambil contoh saja aplikasi yang ada didalam perangkat smartphone yang mana memiliki banyak jenis dan juga fungsi. Nah tahukah anda bagaimana sebuah aplikasi yang serbaguna tersebut dibuat? Tentu saja dengan melalui suatu proses coding yang cukup melelahkan. Lalu apakah arti dari coding itu sendiri dan apa fungsinya?

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Coding Terlengkap

Banyak sekali anak muda zaman now yang terlihat memiliki minat yang tinggi terhadap dunia pemrograman dan berkeinginan untuk menjadi seorang programmer. Dan ketika kita membicarakan seputar dunia programming tentu saja tidak akan bisa lepas dari yang namanya coding.

Yup.. jadi coding merupakan salah satu bagian kegiatan utama dalam dunia programming dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti untuk membuat website . Nah bagi anda yang merasa memiliki minat dalam dunia  pemrograman tersebut tentu harus mengetahui tentang seluk beluknya terlebih dahulu.

Baca Juga


Berikut ini penjelasan mengenai seputar arti coding dan juga contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Definisi Pemrograman / Coding, Manfaat Serta Kegunaannya

#1. Pengertian Coding

Dengan kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih, sekarang ini kita hidup dikelilingi oleh berbagai perangkat pintar yang mempermudah dalam aktifitas sehari-hari  . Dengan memanfaatkan berbagai perangkat pintar tersebut maka kita bisa melakukan banyak pekerjaan sehari-hari dengan lebih efektif.

Jadi coding sendiri secara sangat sederhana bisa diartikan sebagai suatu kegiatan untuk membuat sebuah aplikasi. Namun tentu saja kita tidak bisa puas begitu saja dengan penjelasan seperti itu. Istilah ini bisa pula diartikan sebagai segala jenis usaha ataupun kegiatan untuk menyusun, menguji maupun memperbaiki kode-kode tertentu untuk menciptakan sebuah program.

Jadi secara analogi kita bisa pula mengumpamakan kegiatan coding sebagai cara kita untuk berkomunikasi dengan mesin komputer. Sehingga dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu kita bisa memerintahkan mereka untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan.

#2. Fungsi dan Manfaat Coding

Jika dilihat dari pengertiannya saja mungkin kita sudah bisa mengetahui bahwa kegiatan coding itu tidaklah mudah untuk dilakukan. Namun di era yang serba digital dan canggih ini tentu kemampuan guna memahami bahasa pemrograman sangatlah penting. 

Apalagi dengan perkembangan teknologi  yang semakin maju, maka dari itu skill programming akan terlihat begitu sangat menjanjikan. Berikut ini beberapa kelebihan dan juga keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan belajar coding :

  1. Dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat website atau blog sendiri tanpa bantuan orang lain. Dan ketika kita memutuskan untuk mulai membangun sebuah website tentu maka akan diperlukan kegiatan coding ini. Nah bagi anda yang sudah menguasainya tentu akan lebih mudah tanpa harus menggunakan jasa orang lain
  2. Dapat pula dijadikan pekerjaan di masa depan sebagai seorang programmer handal. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa semakin hari kemampuan untuk coding ini akan menjadi sangat penting. Maka dari itu di masa depan bagi anda yang punya minat dalam dunia programming tentu kesempatan ini masih terbuka lebar.
  3. Banyak hal yang bisa anda lakukan dengan coding maka dari itu kegiatan yang satu ini bisa pula dimanfaatkan sebagai ladang mencari uang. Misalnya saja dengan menerima pesanan coding untuk membuat website, perangkat lunak atau membuat aplikasi dan bahkan untuk memulai bisnis e-commerce. 
#3. Contoh Bahasa Pemrograman Terbaik dan Paling Populer

Dalam suatu kegiatan coding biasanya seorang programmer akan menggunakan bahasa pemrograman tertentu sesuai dengan tujuan awalnya. Tentu saja ketika kita ingin membuat sebuah website dan perangkat lunak maka bahasa pemrograman yang digunakanpun akan berbeda pula.

Oleh karena itulah sangat penting bagi seorang programmer untuk memilih bahasa pemrograman mana yang paling tepat untuk dipelajari sesuai dengan minat dan keinginan kita. Berikut ini beberapa programming language  atau Bahasa pemrograman terbaik dan paling populer yang bisa menjadi pilihan anda :

  1. Java
  2. PHP
  3. C
  4. C++
  5. HTML
  6. Visual Basic
  7. Python
  8. Javascript
  9. C#
  10. Objective-C
  11. ActionScript

Demikian penjelasan mengenai pengertian  dari coding, fungsi, jenis serta tujuannya. Sekarang anda sudah mengetahui definisi dari koding, manfaat, macam dan juga kegunaannya? Semoga artikel kali ini bisa memberikan semangat bagi anda yang ingin belajar bagaimana menjadi seorang programmer handal.


0 Response to "Apa itu Coding, Beserta Pengertian Fungsi dan Tujuan nya Terlengkap"

Post a Comment