Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Masalah Pada WhatsApp dan Cara Jitu Mengatasinya

blogger templates

5 Masalah Pada WhatsApp dan Cara Jitu Mengatasinya
Bagi kebanyakan orang, WhatsApp kini telah menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus diinstal ketika pertama kali menggunakan perangkat smartphone.
Walau aplikasi pengirim pesan yang satu ini bisa diinstal di berbagai jenis perangkat smartphone Android,  kadangkala masalah masih seringkali dijumpai. Beberapa masalah memang baru ditemui setelah menggunakan aplikasi WhatsApp ini selama beberapa waktu. Namun terkadang masalah juga muncul bahkan ketika pertama kali WhatsApp diinstal. tapi, tak usah panik karena berikut ini admin akan kasih tau cara jitu guna mengatasi masalah WhatsApp.
BACA JUGA :


5 Masalah Pada WhatsApp dan Cara Jitu Mengatasinya

Untuk Anda yang menggunakan aplikasi ini sebagai sebuah aplikasi instant messenger utama, tentunya anda akan lebih siap jika mengetahui masalah dan solusinya sejak awal. Berikut admin kasih tau 5 masalah pada WhatsApp yang sering terjadi dan cara jitu mengatasi masalah whatsapp tersebut.
1. Tidak Dapat Menginstal WhatsApp
Masalah seperti ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Itu karena masalah ini biasanya dapat kita temui pada perangkat smartphone yang masih menggunakan OS Android versi 2.1 ke bawah.
Penyebab masalah ini dikarenakan semata-mata karena tim pengembang WhatsApp memang sudah tidak lagi mendukung OS Android versi lama. Walau demikian, bukan berarti versi Android di atas itu bisa terbebas sepenuhnya dari permasalahan ini.
Jika perangkat smartphone anda sudah berjalan di Android versi terbaru dan masalah ini masih saja ditemui, anda bisa mengatasi masalah whatsapp satu ini yaitu dengan cara mengubah setting security pada perangkat smartphone anda.
Cara nya anda cukup masuk ke menu setting -> security dan pilih enable menu unknown source. Langkah selanjutnya, anda bisa menginstal aplikasi WhatsApp dari website resminya.
2. Tidak Menerima Kode Aktivasi
Untuk dapat mengaktifkan akun WhatsApp, pengguna sejatinya akan menerima kode aktivasi. Kode ini umumnya akan dikirim secara otomatis oleh server WhatsApp.

Namun jika kode tersebut tidak kunjung anda terima, maka pastikan kembali apakah nomor kartu SIM yang  telah anda masukkan sudah benar. Selain itu periksa pula negara yang anda input sebelumnya dan kemudian pastikan kartu SIM telah terpasang dengan benar pada tempatnya.
Akan tetapi apabila masalah masih saja muncul, maka anda dapat mengatasi masalah Whatsapp yang satu ini yaitu dengan cara request voice call untuk mengaktifkan akun WhatsApp anda.
3. Pesan tidak Dapat Terkirim

Sumber foto: Foto: howtocomp.com
Untuk masalah pesan tidak dapat terkirim di WhatsApp ini biasanya disebabkan oleh karena koneksi internet yang tidak stabil pada perangkat Smartphone anda. Sebab itulah, periksa dulu apakah perangkat smartphone anda telah terhubung dengan jaringan internet atau belum. Lalu cek koneksi Wi-Fi ataupun paket data yang kamu gunakan. Selain itu pastikan pula versi WhatsApp yang terinstal di perangkat anda adalah versi terbaru.
Aplikasi Task Killer juga dapat mempengaruhi kinerja aplikasi WhatsApp. Karena itu, anda juga bisa mengatasi masalah WhatsApp satu ini yaitu dengan memastikan, aplikasi Task Killer yang anda gunakan tidak mengganggu.
Anda bisa bersihkan cache aplikasi yaitu dengan cara masuk ke menu settings -> applications -> WhatsApp ->lalu klik clear cache. Namun apabila masalah ini tidak hanya dialami oleh anda saja, ada kemungkinan server WhatsApp memang sedang down atau tumbang.

4. Tidak Dapat Mengunduh Foto ataupun Video yang Diterima

Sumber foto: Foto: androidpit.com
Untuk mengirim dan menerima foto maupun video, anda memang membutuhkan koneksi jaringan internet yang stabil. Namun walau demikian, terkadang foto dan video yang anda terima tak sepenuhnya bisa diunduh. Masalah seperti ini pada umumnya terjadi ketika pengguna menggunakan paket data guna terhubung dengan internet.
Secara default sebenarnya WhatsApp akan men-download semua foto yang diterima secara otomatis. Walau demikian, pengguna dapat mengubah setting auto download ini yaitu pada menu setting aplikasi. Jika anda mengalami hal ini, anda dapat  mengatasi masalah WhatsApp ini yaitu dengan mencoba memeriksa setting dan kemudian aktifkan kembali setting auto download. Akan tetapi jika masalah ini masih saja muncul, cobalah restart Wi-Fi atau perangkat smartphone anda.
5. Tidak Dapat Melakukan atau Menerima Panggilan Suara

Sumber foto: Foto: androidpolice.com
Apabila anda mengalami masalah kualitas panggilan suara yang buruk atau bahkan tidak bisa melakukan dan menerima panggilan suara, maka kemungkinan besar itu karena masalah koneksi internet yang buruk.
Jika anda menggunakan jaringan selular, setidaknya anda memerlukan koneksi 3G. Namun jika orang yang akan anda hubungi tidak memiliki koneksi internet yang memadai, maka masalah ini juga bisa saja terjadi.
Dengan cara me-restart WiFi atau pun data terkadang dapat membantu guna mendapatkan koneksi internet yang lebih baik. Namun, apabila hal tersebut tak juga banyak membantu, maka anda memang harus bergeser ke lokasi lain hingga memperoleh sinyal internet yang lebih stabil, guna mengatasi masalah WhatsApp ini.
Baca Juga :

 Itu lah 5 masalah pada WhatsApp yang sering terjadi dan cara jitu guna mengatasi masalah WhatsApp tersebut.


0 Response to "5 Masalah Pada WhatsApp dan Cara Jitu Mengatasinya"

Post a Comment