Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Smartphone anda Hilang

blogger templates

5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Smartphone anda Hilang



Karena bentuknya yang simpel dan bisa dibawa kemana-kemana, perangkat smartphone kadang kala terselip di suatu tempat atau tertinggal dan mungkin pula hilang tanpa disadari oleh pemiliknya.

Lalu, langkah apa saja yang perlu dilakukan oleh pengguna ketika mengalami berbagai kejadian seperti di atas?

Tenang dan jangan panik, berikut ini ada lima hal yang bisa anda lakukan jika mengalami kejadian perangkat Smartphone hilang ataupun terselip di suatu tempat.

1. Telepon atau SMS Nomor Kamu

Salah satu hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menelepon ataupun mengirimkan pesan ke perangkat smartphone anda yang hilang.

Memang kelihatannya cara melacak hp android yang hilang ini sederhana, akan tetapi anda jadi bisa mengetahui apakah memang perangkat smartphone anda benar-benar hilang atau hanya sekadar lupa menyimpannya.

Jikapun hilang, cara ini memungkinkan anda untuk menemukan Smartphone hilang. Tentunya jika ada orang yang berbaik hati untuk mengembalikannya.Semoga saja..!

2. Lacak dengan Find My Phone


cara mencari hp yang hilang dengan aplikasi Find My Phone (Sumber: Google Play Store)

cara melacak keberadaan hp denga Aplikasi Find My Phone merupakan aplikasi yang akan memberitahukan keberadaan smartphone kamu secara real-time saat dicuri atau hilang.

Selain memberitahukan lokasi tempat perangkat smartphone hilang, aplikasi ini juga bisa melacak jejak keberadaan perangkat anda ketika dibawa pergi oleh seseorang yang telah menemukannya.
Aplikasi ini bisa dipasang baik di perangkat OS Android maupun perangkat iPhone.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Caranya pengguna hanya perlu login dengan menggunakan  akun Google yang sama dengan akun Google di smartphone Android yang telah hilang.

Saat melacak lokasi smartphone anda yang hilang dengan menggunakan aplikasi Find My Device, anda bisa login dari perangkat lain ataupun dengan melalui desktop.

Dengan aplikasi ini pula, anda dapat menghapus data yang ada di perangkat smartphone jika memang merasa data-data yang ada didalam perangkat yang hilang tersebut  sangat penting untuk tak diketahui oleh orang lain.

3. Lapor ke Pihak Berwajib
Jika anda masih belum bisa mendapatkan titik terang tentang dimana keberadaan smartphone anda  langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara menghubungi pihak yang berwajib.
Walau begitu sebelum membuat laporan kepihak berwenang, anda butuh beberapa informasi yakni nomor IMEI perangkat smartphone, tipe dan juga merek smartphone, nomor dari smartphone, nama jaringan terakhir yang dipakai, sampai dengan kronologis kejadian.

4. Hubungi Customer Service

Langkah lain yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menghubungi customer service dari layanan operator telko yang anda gunakan.

Di sini, anda bisa meminta CS untuk memblokir nomor HP anda agar tak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian, pelaku kejahatan tidak akan bisa memakai nomor anda untuk menipu orang yang ada di daftar kontak telepon.

5. Pakai Aplikasi Lain

Selain beberapa langkah di atas, anda juga bisa memakai beberapa aplikasi smartphone sebagai cara untuk  melacak hp android yang hilang.

Ada banyak sekali aplikasi tersedia di Play Store untuk melacak perangkat smartphone yang hilang. Berikut adalah beberapa aplikasi di antaranya:

Phone Tracker by Number
Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan melacak smartphone berdasarkan nomor yang terhubung di dalamnya. Namun sayang, aplikasi ini kadang kala bekerja dengan sangat lambat.

Comodo Anti Theft
Aplikasi Comodo Anti Theft akan memungkinkan penggunanya untuk mengatur lokasi, kunci, alarm, penghapus data, sampai dengan mengambil foto.

Aplikasi ini juga memiliki kelebihan, yaitu takkan bisa di-uninstal tanpa izin dari pemilik smartphone.

Dengan demikian, perangkat smartphone anda yang hilang masih tetap bisa terdeteksi melalui aplikasi  Comodo Anti Theft.


0 Response to "5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Smartphone anda Hilang"

Post a Comment