Seputar informasi teknologi internet dan Android

2 Cara Efektif Untuk Mengunci Jaringan 4G pada Perangkat Smartphone Android

blogger templates


2 Cara Efektif Untuk Mengunci Jaringan 4G pada Perangkat Smartphone Android
 
Seperti yang telah kita ketahui berbagai paket data yang beredar yang ditawarkan oleh berbagai operator selular di tanah air saat ini cukup rumit pembagiannya, ada kuota untuk jaringan 3G, dan sekarang ada paket kuota 4G, kuota tengah malam, kuota pada jam-jam tertentu, ada pula kuota untuk semua jaringan dan lain sebagainya.

Untuk sebagian pengguna layanan ini, hal ini tentu membuat jengkel, karena mereka hanya menginginkan layanan tersebut dinikmati dengan nyaman tanpa memikirkan sisa kuota 4G maupun kuota yang lainnya sisa berapa.

Untuk anda yang memiliki paket kuota 4G yang ditawarkan pleh operator jaringan lebih banyak dari paket yang lain, ada cara mudah yang bisa di terapkan agar perangkat smartphone anda mengunci jaringan 4G nya saja.

Maka dari itu ada dua trik yang bisa anda pakai, mari kita lihat bersama-sama penjelasannya dibawah ini.

1. Manual

Trik yang pertama adalah dengan cara mengetik *#*#4636#*#*.
 
Maka akan muncul tampilan 3 menu pada layar smartphone yaitu Device Information, Usage Statistics dan Wi-Fi Information.
 
Setelah itu silahkan anda pilih menu Device Information, maka dilayar smartphone anda akan ditampilkan berbagai informasi penting mengenai perangkat smartphone anda, mulai dari informasi nomor IMEI, kekuatan sinyal jaringan , informasi jaringan yang saat ini anda gunakan, dan lain sebagainya.

Langkah selanjutnya adalah anda gulirkan layar menuju kebawah, lalu anda cari menu Set preferred network type. Kemudian tinggal anda pilih menu LTE only
 
Dan selesai sudah cara yang pertama dan sekarang perangkat smartphone anda cuma bisa menerima sinyal dari jaringan 4G saja. Selanjutnya langkah berikutnya untuk kembali ke menu utama anda hanya tinggal klik menu Home.

Aplikasi

2. Aplikasi

Berikutnya ada cara yang kedua adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Namun pada dasarnya aplikasi ini hanya berperan sebagai jalan pintas dari sejumlah kode yang telah dibahas pada bagian atas.

Pada aplikasi Google Play Store ada beberapa jenis aplikasi dengan fungsi yang sama seperti itu. Salah satu aplikasi yang disarankan adalah 4G Switcher (4G LTE Switch). 
Kemudian jika anda membuka aplikasi ini, anda akan menemukan menu device information, usage Statitics dan Wi-Fi Information, Dan langkah berikutnya kurang lebih sama dengan yang telah dijelaskan pada bagian atas. 

Akan tetapi ada hal yang perlu anda perhatikan yaitu cara untuk mengunci jaringan 4G cuma berlaku untuk penggunaan kartu SIM 1. Maka dari itu, anda pastikan kartu SIM operator yang anda pakai, terpasang pada slot 1. Kelemahan lainnya dari aplikasi ini adalah setiap kali smartphone mati atau restart, maka setelan ini akan berubah dengan otomatis seperti setelan semula

Dua hal lain yang jugamesti anda perhatikan yaitu area disekitar anda harusnya sudah terselimuti jaringan 4G dari operator yang anda manfaatkan dan mungkin saja tidak semua merek dari perangkat smartphone Android bisa menggunakan cara ini. 

Itulah dua cara mengunci jaringan 4G pada perangkat smartphone Android. Dan semoga kedua cara diatas bisa berguna untuk anda yang mendambakan akses internet secara cepat. 

0 Response to "2 Cara Efektif Untuk Mengunci Jaringan 4G pada Perangkat Smartphone Android"

Post a Comment