Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Cara Cepat Untuk Mengisi Daya Baterai Smartphone

blogger templates


5 Cara Cepat Untuk Mengisi Daya Baterai Smartphone 


Di era globalisasi sekarang ini perangkat smartphone sudah menjadi perangkat untuk berbagai kegiatan dan kebutuhan , untuk yang menyenangi fotografi bisa di manfaatkan untuk memotret berbagai obyek, perangkat ini pun sekarang bisa anda gunakan untuk menonton film-film favorit, hingga digunakan sebagai alat untuk mengetik berbagai tugas sekolah maupun kantor. Akan tetapi sayangnya, fungsi-fungsi yang ada pada perangkat tersebut masih sering terkendala dengan baterai smartphone yang cepat habis.

Perangkat Smartphone pun  menjadi harus sering bolak-balik untuk dicolokkan ke charger. Proses untuk isi daya baterai smartphone ini pun tidak selalu bisa anda lakukan sepanjang malam sampai ditinggal tidur hingga menjelang pagi. Dan kalau waktunya tidak tepat proses untuk mengisi daya baterai smartphone bahkan bisa mengganggu kegiatan anda. 

Seperti contohnya ketika anda sedang terburu-buru karena masalah pekerjaan, sedangkan 30 menit lagi anda harus bertemu dengan klien, tapi ternyata baterai dari perangkat smartphone anda tinggal 10 persen lagi. Tentu dengan keadaan seperti itu Anda ingin segera mengisi daya baterai smartphone tersebut dengan cepat, agar ketika sampai di tempat yang telah dijanjikan bersama masih dapat menghubungi klien sehingga urusan pekerjaan pun bisa lancer tanpa kendala.

Keinginan dari untuk mengisi daya baterai dengan cepat itu bukan tidak mungkin akan dapat diwujudkan, syaratnya adalah dengan memilih metode pengisian daya baterai smartphone dengan tepat. Berikut dibawah ini, seperti yang telah dikutip dari KompasTekno yang di salin dari Ubergizmo, ada 5 cara cepat untuk mengisi  daya baterai Smartphone 

1. Pakai Charger Kuat
Kadangkala anda bisa mengisi daya baterai Smartphone lebih cepat ketika anda mempergunakan perangkat charger yang lebih kuat dayanya, Contohnya mengisi daya iPhone 6 mepergunakan perangkat charger  dari tablet iPad.
Kedua perangkat  besutan dari apple tersebut dibekali dengan perangkat charger yang berbeda, walaupun keduanya sama-sama buatan dari vendor Apple. Perangkat Charger bawaan dari iPhone 6 daya nya cenderung lebih lemah dengan output yang dihasilkan sebesar 1A(5W), sedang kan perangkat charger dari iPad dayanya lebih kuat karena  output yang dihasilkan  mencapai daya 2,1A(12W).

Namun  ada yang perlu anda catat,  bahwa tidak semua perangkat smartphone cocok dengan menggunakan  cara ini. Beberapa perangkat smartphone dapat mengambil daya sebanyak mungkin dari charger dan bisa terisi dayanya  baterainya dengan cepat. namun ada pula yang hanya bisa mengambil daya baterai sesuai dengan output  dari charger bawaannya saja, sehingga metode yang diterapkan ini tidak akan membawa pengaruh sama sekali.
Tapi anda tidak perlu khawatir, karena perangkat smartphone sekarang ini tidak akan menjadi rusak ketika dihubungkan ke perangkat charger dengan daya keluaran arusnya yang lebih besar dari perangkat charger bawaannya. Penyebabnya karena perangkat Smartphone hanya akan menarik daya listrik dalam kapasitas yang hanya mampu ditanganinya saja.  

2. Kabel USB Terbaik
Sebaiknya anda jangan remehkan kabel USB yang dipakai sehari-hari untuk mengisi daya baterai Smartphone . Walupun terlihat sepele, namun kualitas dari  kabel USB ini akan berpengaruh pada kecepatan untuk mengisi daya baterai Smartphone.

Untuk kabel USB yang berharga murah dan berkualitas buruk, biasanya dibuat dengan sangat tipis dan tidak mampu menghantarkan daya listrik dengan baik. Logam yang digunakan untuk menghantar listrik pun berkualitas rendah sehingga tidak mampu menangani listrik yang berdaya tinggi.
Karena itu sebaiknya  anda gunakan kabel USB dari paket pembelian Smartphone atau yang original. Bisa juga sebagai alternative lain, anda cari kabel USB yang berkualitas terbaik buatan dari brand yang sudah dipercaya walaupun harganya mungkin lebih mahal, namun hal tersebut seimbang dengan kualitasnya.

3. Matikan Ponsel
Walaupun perangkat Smartphone sedang tidak anda pergunakan sama sekali, namun bila dalam keadaan  masih hidup tetap akan ada aplikasi-aplikasi yang berjalan dibelakangnya.
Karena itu walaupun kecil, kinerja dari aplikasi tersebut tetap akan menyedot daya baterai  dan bisa membuat proses pengisian daya baterai menjadi melambat. Oleh karena itu cobalah anda untuk mematikannya. 

Ketika  dalam keadaan dimatikan, maka seluruh aplikasi tersebut akan ikut mati. Efeknya akan membuat seluruh daya yang disalurkan kedalam baterai akan benar-benar masuk dan menjadi terkumpul lebih cepat.

Namun ada alternative lain bila anda tidak ingin mematikan perangkat smartphonenya, caranya bisa dengan mengaktifkan Airplane Mode. Dengan Mode tersebut berguna untuk menghentikan transmisi sinyal seluler dan Wi-Fi yang berperan besar dalam mengkonsumsi daya di baterai.
Jika anda memang  tidak sempat untuk mematikan perangkat smartphonel ataupun menggunakan Airplane Mode, sebaiknya jangan mengisi daya baterai sambal digunakan untuk bermain video game yang banyak menyedot daya dari baterai.

4. Jangan Charge via port USB komputer
Daya yang dikeluarkan dari port USB komputer umumnya berkisar antara 0,1A sampai dengan 0,5A. Daya yang dikeluarkan ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan daya yang dikeluarkan bila menggunakan charger khusus smartphone yang dayanya mencapai 2A atau lebih.  
Dengan demikian berarti kecepatan dari pengisian daya baterai juga akan jadi lebih rendah. Bila dalam keadaan sedang terburu-buru, sebaiknya jangan isi daya ponsel dengan menggunakan port USB dari komputer. Sebaiknya anda langsung saja memakai perangkat charger bawaannya yang original.

Perlu ketahui bahwa port USB pada sebagian perangkat komputer yang mendukung intrerface USB 3.0 mampu menyalurkan arus listrik sebesar 1A sehingga masih bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone  dalam waktu yang  relatif singkat, atau setidaknya sama cepat nya dengan perangkat charger bawaan dari ponselnya. 

5. Jangan Sentuh Ponsel!
Disaat anda sedang mengisi daya baterai, sebaiknya diamkan smartphonenya. Cobalah untuk bisa menahan keinginan mengecek smartphone kecuali memang sedang ada pesan singkat atau panggilan telepon penting yang masuk.

Alasannya adalah disaat anda mengecek dari perangkat smartphone maka layarnya pasti akan menyala. Karena layar merupakan salah satu bagian dari smartphone yang memang paling banyak menguras daya baterai.

Selain mengecek smartphone, hal yang harus anda perhatikan sebaiknya tidak mengisi daya baterai sambil menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi yang berat seperti contonya download alplikasi, memutar beragam video, ataupun bermain game online.

0 Response to "5 Cara Cepat Untuk Mengisi Daya Baterai Smartphone "

Post a Comment