Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tips Cepat Dan Ampuh Guna Memperbaiki Kartu Memori ( Memory Card ) Yang Rusak atau Tidak Bisa Terbaca

blogger templates


Tips Cepat Dan Ampuh Guna Memperbaiki Kartu Memori ( Memory Card ) Yang Rusak atau Tidak Bisa Terbaca

Gadget khususnya Smartphone sekarang ini adalah perangkat yang paling banyak digunakan oleh hampir seluruh orang didunia ini,seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih maka gadget pun memerlukan perangkat tambahan guna menunjang kinerjanya, karena tidak semua gadget memiliki memori internal yang besar guna menyimpan beberapa file penting maupun aplikasi yang umumnya memakan memori yang besar.
Untuk itulah diperlukan adanya memori eksternal sebagai perangkat tambahan, kartu memori atau SDCard  adalah perangkat tambahan yang dibutuhkan oleh gadget sekarang ini, walaupun memang sekarang sudah tersedia gadget yang memiliki memori internal yang besar, namun tetap saja memori eksternal atau kartu memori(MicroSD) dibutuhkan guna menyimpan file-file penting maupun aplikasi yang bermanfaat.
Diantara anda mungkin pernah mengalami masalah dengan kartu memori yang tidak bisa dibaca ( damage ), dengan keadaan kartu memori yang tidak bisa terbaca tentu saja akan mempersulit bagi anda guna membuka atau pun memindahkan file-file yang ada didalamnya.
Guna mengatasinya permasalahan tersebut, dibawah ini ada cara cepat untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca.

Tips Cepat Dan Ampuh Guna Memperbaiki Kartu Memori ( Memory Card ) Yang Rusak atau Tidak Bisa Terbaca

Tips 1: Bersihkan Kartu Memori
  • Langkah Pertama sebagai pertolongan awal guna mengatasi permasalahan kartu memori yang tidak terbaca adalah dengan cara mengeluarkan kartu memori dari perangkat gadget anda, dan harus diperhatikan terlebih dahulu gadget harus dimatikan.
  • Kemudian anda bersihkan lempengan tembaga yang terdapat di kartu memori (berwarna kuning keemasan) dengan menggunakan penghapus pensil (warna putih). Gosok secara perlahan-lahan sampai bersih.
  • Langkah selanjutnya jika anda yakin kartu memori tersebut sudah bersih, maka masukan kembali kartu memoriyang telah dibersihkan tadi  ke dalam slot memorinya setelah itu anda periksa kembali apakah sudah bisa terbaca atau belum.
Tips 2: Melakukan Format dari Android

  • Pertama anda masuk ke menu Setting > Storage.
  • Kemudian di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan cara mengklik menghapus SD Card, dengan cara ini akan dapat membuat kartu memori menjadi bersih seperti baru lagi.

Tips 3: Cek Error dari PC
  • Caranya anda hubungkan perangkat Android ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel data.
  • Kemudian pastikan Android anda terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  • Lalu langkah selanjutnya anda buka menu Windows Explorer pada PC, lalu kemudian anda klik kanan pada menu Drive kartu memori, setelah itu anda pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu sampai semua proses selesai dikerjakan.
  • Eject kartu memorinya, kemudian anda cek apakah kartu memorinya sudah bisa terbaca atau belum.
Cara 4: Format dari PC
Namun jika kartu memori (MicroSD) bisa terbaca dan terlihat di komputer namun tetap tidak bisa  terbaca di perangkat  Android. Coba anda gunakan tips dibawah ini:
  • Langkah pertama anda buat folder baru di HardDisk PC, lalu beri nama sembarang yang anda ingat karena folder baru ini akan menjadi media penyimpanan sementara alias backup isi dari kartu memori yang rusak tadi.
  • Kemudian Copy seluruh isi kartu memori setelah itu Paste ke dalam folder yang sudah anda buat tadi.
  • Jika anda sudah yakin data-data tersalin semua, lalu anda format kartu memori tersebut.
  • Setelah itu anda kembalikan semua data-data yang ada di folder tadi ke dalam kartu memori yang sudah diformat tadi.
  • Sekarang anda cek kembali, apakah berhasil atau tidak.
Akhir Kata
Semoga tips yang di tampilkan diatas dapat bermanfaat bagi anda, dan apabila masih mengalami kegagalan juga, coba anda ulangi kembali langkah-langkahnya. Selamat mencoba, semoga berhasil.

0 Response to "Tips Cepat Dan Ampuh Guna Memperbaiki Kartu Memori ( Memory Card ) Yang Rusak atau Tidak Bisa Terbaca"

Post a Comment