Seputar informasi teknologi internet dan Android

Mengerikan, Inilah Penyakit Yang Ditimbulkan Karena Terlalu Lama Memakai Smartphone

blogger templates


Mengerikan, Inilah Penyakit Yang Ditimbulkan Karena Terlalu Lama Memakai Smartphone



Sekarang ini perangkat Smartphone sudah menjadi barang kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, selain harganya yang relative terjangkau juga tersedia berbagai pilihan merk yang bisa jadi alternative untuk dibeli.
Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung dari merk dan sfesifikasinya, anda tinggal pilih. Jika mempunyai budget yang lebih maka anda bisa membeli Smartphone dengan merk dan sfesifikasi yang tinggi, karena semakin mahal maka kualitasnya pasti semakin baik, contohnya dari Smartphone dengan level high-end adalah seperti Samsung,Xiaomi,Oppo dan lain-lain.

Namun untuk anda yang memiliki budget yang minim tidak perlu khawatir karena sekarang ini pun tersedia pula smartphone dengan level entry-end, harga yang ditawarkan pun terjangkau, namun sfesifikasi yang ditawarkan mungkin tidak sebagus dibanding dengan smartphone dengan level high-end, contoh dari Smartphone dengan level entry-end biasanya didominasi vendor local seperti Mito,Evercoss dan lain-lain.

Perangkat Smartphone yang diproduksi sekarang ini kebanyakan adalah menggunakan system operasi Android. Dengan harga yang ditawarkan bervariasi ,sehingga  akan memudahkan bagi pihak pembeli untuk memilih Smartphone sesuai dengan keinginan dan kemampuan keuangannya. Mulai dari anak sekolah sampai dengan orang tua sekarang ini telah menggunakan perangkat canggih ini, penggunaanya pun bervariasi mulai hanya untuk sekedar berkomunikasi sampai dengan bermain game maupun sosial media. 

Smartphone sekarang ini sudah menjadi bagian gaya hidup bagi sebagian orang, perangkat ini seakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, bahkan saat akan berangkat tidurpun perangkat smartphone ini masih setia menemani.
Akan tetapi sudahkan anda tahu penyakit yang akan ditimbulkan karena terlalu lama memakai Smartphone? Dibawah ini akan di bahas dampak negatif untuk kesehatan yang ditimbulkan karena terlalu lama memakai Smartphone

Dampak Negatif  yang Ditimbulkan Akibat Terlalu Lama Memakai Smartphone

1. Penglihatan terganggu


Dengan adanya aktifitas terlalu berlama-lama melihat dari layar perangkat smartphone akan bisa mengakibatkan penglihatan mata kita menjadi terganggu. Istilah didalam dunia kedokteran mengatakan gangguan penglihatan ini disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS) ditunjukan dengan gejala mata menjadi kering karena jarang dipakai berkedip. Guna mencegahnya, anda harus mengurangi durasi untuk memandangi layar dari perangkat smartphone, sebisa mungkin hindari menggunakan perangkat smartphone di tempat gelap dan kurang cahaya yang akan memicu otot dan syaraf mata anda menjadi bekerja lebih berat, atau dengan tidak menggunakan perangkat smartphone dalam keadaan posisi miring atau menggunakannya sambil tiduran.

2. Pandangan Kabur

Dengan berlama-lama memandangi layar dari perangkat smartphone akan membuat otot mata anda menjadi tegang. Akibatnya otot mata yang tegang biasanya tidak mampu untuk fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda. Kondisi dalam dunia kedokteran ini biasa disebut Blurry Vision. Cara mengatasinya, jika anda telah memandangi layar smartphone dengan waktu cukup lama, coba pejamkan mata terlebih dahulu sekitar 10 detik sebelum anda memandang ke arah yang berbeda.

3. Sakit Kepala


Dengan terlalu sering memandangi layar Smartphone yang diakibatkan posisi leher yang salah serta otot mata yang tegang bisa juga mengakibatkan sakit kepala, dan kemungkinan terparahnya akan berakibat rabun jauh, guna mencegah kemungkinan yang paling buruk bisa dengan beristirahat yang cukup, kurangi aktifitas melihat layar smartphone untuk jangka waktu yang lama, anda usahakan agar jarak pandang kelayar smartphone tidak terlalu dekat sekitar kurang dari 20 cm. 

4. Kelainan Postur Tubuh


Penyakit yang akan ditimbulkan karena terlalu berlama-lama menggunakan Smartphone apalagi dengan posisi badan yang tidak benar adalah akan mengakibatkan kelainan pada postur tubuh penggunanya, Misalkan ketika menggunakan perangkat smartphone sambil duduk dengan posisi pada tulang belakang terlalu membungkuk kearah depan.
Biasanya kelainan postur tubuh atau disebut dengan penyakit degeneratif ini bisanya menyerang penggunanya yang telah berusia lanjut sekitar umur 40 sampai 50 tahun keatas.
Namun bukan berarti anda yang masih berusia muda bisa bebas menggunakan smartphone ini dalam posisi membungkuk, karena anda tetap harus waspada guna menghindari terjadinya kelainan postur tubuh nantinya

5. Gangguan Pendengaran


Perangkat Smartphone sekarang ini selain dipergunakan untuk bermain game sebagai sarana menghilangkan stress, juga di gunakan untuk browsing untuk mencari berita terbaru, atau digunakan sebagai media sosial, Perangkat smartphone selain itu juga digunakan untuk memutar musik favorit dengan memakai earphone. Mendengarkan  alunan music yang  menggunakan earphone dengan volume speaker terlalu keras akan bisa mengakibatkan pendengaran  anda menjadi terganggu. Biasanya mendengarkan musik dengan volume yang dikencangkan dilakukan pengendara motor atau ketika di tempat keramaian.

6. Mengganggu Tidur


Terlalu lama menggunakan smartphone untuk dipakai browsing, berinteraksi lewat media sosial, chatting dengan teman atau relasi, ataupun bermain game saking asyiknya sampai lupa waktu dan biasanya berlanjut sampai larut malam. Sudah barang tentu waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur dan beristirahat menjadi berkurang. Suara yang keluar dari notifikasi pesan masuk diperangkat smartphone juga bisa membuat kualitas tidur anda menjadi terganggu. Akibat yang ditimbulkan karena kurangnya istirahat secara terus-menerus akan dapat membuat ketahanan tubuh anda menjadi berkurang, dan pada akhirnya menjadi gampang terserang penyakit. Karena itulah sebaiknya anda matikan saja perangkat smartphone nya disaat menjelang tidur agar supaya dapat beristirahat dengan tenang tanpa adanya ganguan yang ditimbulkan dari  suara notifikasi pesan masuk atau panggilan telpon .

7. Mengurangi Produktivitas

Selain digunakan untuk sarana berkomunikasi, smartphone sesungguhnya akan dapat menunjang produktivitas dari penggunanya dalam kehidupannya sehari-hari, seperti contohnya menerima dan membalas email dari relasi bisnis, browsing internet untuk mencari data atau pun berita yang teraktual guna menunjang pekerjaannya, membuat dokumen tulisan yang ditugaskan oleh sekolah, dan lain-lain. Namun akan berbeda jika perangkat smartphone hanya digunakan sebagai media sosial ( contohnya Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll) dan digunakan untuk bermain game. Apalagi jika bermain game onlone sehingg membuat lupa waktu seperti bermain game  Clash of Clans misalnya. Akan dapat dipastikan produktivitas kerja anda bisa berkurang karena menjadi tidak sempat lagi untuk mengerjakan hal lain positif yang lebih bersifat produktif.

8. Merusak Otak

Sampai sejauh ini memang dampak buruk yang diakibatkan dari radiasi telepon selular terhadap kesehatan tubuh manusia masih menjadi kontroversi dan perdebatan. Namun dari beberapa penelitian menyebutkann jika radiasi pada telepon selular dapat memicu dari tumbuhnya tumor otak dan juga penyakit insomnia. Dan yang paling banyak dialami oleh sebagai dari penggunanya saat ini adalah menatap layar smartphone dengan berlama-lama akan dapat menyebabkan rasa mual dan juga sakit kepala.

9. Menimbulkan Kecanduan


Dengan kemajuan dibidang teknologi yang semakin pesat khususnya pada teknologi smartphone menyebabkan perangkat ini dapat menjalankan bebagai fungsi yang berguna bagi manusia, seperti contohnya mudahnya mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail dengan relasi atau pun sahabat, chatting, browsing, menonton film maupun mendengarkan music, dan juga dapat digunakan sebagai media sosial guna berinteraksi dengan sahabat didunia maya.   

Berbagai kemudahan-kemudahan yang didapatkan lewat smartphone ini disinyalir akan dapat menimbulkan kecanduan bagi penggunanya sehingga hampir setiap waktu kita bisa mengecek smartphone apakah ada pesan yang masuk ataupun tidak . Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dari Rutgers University menyebutkan, agar dapat menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang digunakan  adalah sama seperti terapi untuk para pecandu narkoba.

10. Susah Tidur


Layar  pada perangkat smartphone akan mengeluarkan cahaya biru, benar atau tidaknya warna biru tersebut disinyalir akan bisa mengganggu dari hormon manusia untuk tidur. Dengan mengurangi kecerahan dari layar smartphone anda disaat menggunakannya pada malam hari akan bisa mengurang resiko susah untuk tidur dan memejamkan mata.

11. Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar

Ketika anda menggunakan perangkat smartphone, umumnya hampir seluruh konsentrasi pikiran akan tertuju pada smartphone dan tidak memperdulikan keaadaan linkungan sekitarnya. Dan yang lebih memprihatinkannya lagi,  sekarang ini banyak orang yang menggunakan smartphone disaat sedang mengendarai mobil ataupun motor, disaat menyebrang jalan, ataupun menaiki tangga eskalator yang bisa saja menimbulkan bahaya terhadap pengguna smartphone ini sendiri maupun orang lain, karena sekarang ini telah banyak diberitakan kecelakaan akibat menggunakan smartphone saat berkendara, maka dari itu pemerintah sudah melarang menggunakan smartphone ketika menjalankan kendaraan,


0 Response to "Mengerikan, Inilah Penyakit Yang Ditimbulkan Karena Terlalu Lama Memakai Smartphone "

Post a Comment