Seputar informasi teknologi internet dan Android

Orang Tua Harus Tahu Cara Ini Supaya Anak Tidak Kecanduan Bermain Gadget

blogger templates


Orang Tua Harus Tahu Cara Ini Supaya Anak Tidak Kecanduan Bermain Gadget


Ada batasan waktu yang mesti orang tua terapkan dalam penggunaan gadget bagi anak-anak,  dan  direkomendasikan para ahli yaitu hanya sekitar satu hingga dua jam saja dalam sehari, Namun sayangnya dalam kenyataan sehari-hari banyak kita temui anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. 

Padahal apa yang ada didalam gadget belum tentu membawa manfaat bagi anak-anak tersebut. Maka dari itu menurut ahli perkembangan anak yaitu Dr.Kristy Goodwin mengatakan bahwa membangun hubungan yang sehat antara anak dan gadgetnya perlu dilakukan.

Masih menurut Dr. Kristy Goodwin yang dikutip dari Essensial Baby mengatakan  "Anak-anak sering melampaui kemampuan teknis para orang tua. Bahkan mereka sudah belajar untuk menyadap, menggesek, dan mengoperasikan gadgetnya sebelum meraka belajar memegang pensil, naik sepeda, dan mengikat tali sepatu,"

Dengan sebab kemajuan teknologi maka mau tak mau para orang tua pun dituntut untuk tidak gagap teknologi sehingga hal ini menjadi semacam dilema, karena kalau para orang tua tidak memahami teknologi terkini maka kemungkinan mereka akan tertinggal jauh dengan kemampuan si anak dalam menyerap teknologi khususnya gadget.

Bermain dengan gadget menurut Dr.Goodwin memang tidak selalu memberi dampak yang buruk, asalkan digunakan dengan tepat dan sesuai dengan usia dari sang anak, gadget masih memberikan manfaat yang baik, contohnya bisa digunakan sebagai media belajar secara interaktif, sebagai sarana mengasah kreativitas dari sang anak seperti memanfaatkan aplikasi mewarnai gambar yang tersedia secara gratis di PlayStore, dan juga bisa memberikan dukungan bagi anak yang berkebutuhan khusus. 

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua supaya anak tidak kecanduan akan gadget, seperti yang dituturkan oleh Dr. Goodwin dibawah ini :

1. Buat batasan waktu

Dr. Kristy Goodwin selalu mendorong para orang tua untuk lebih tegas dalam menerapkan batasan waktu penggunaan gadget, jika para orang tua ingin membentuk kebiasaan yang sehat dalam menggunakan perangkat teknologi seperti halnya gadget pada anak. Namun kalau hanya sebatas dengan ucapan saja pembatasan waktu pemakaian gadget dirasa sulit untuk diterapkan saat anak bermain dengan gadgetnya, Goodwin menyarankan agar menggunakan aplikasi jam yang bisa membantu membatasi penggunaan perangkat gadget. Ketika batas waktu bermain gadget telah habis, perangkat itu akan terkunci secara otomatis dan akan bisa digunakan lagi pada waktu berikutnya.

2. Jauhkan gadget di waktu-waktu tertentu

Dr. Kristy Goodwin menganjurkan para orang tua untuk menjauhkan gadget dari anak-anaknya di waktu-waktu tertentu. Terutama pada saat waktu tidur siang dan tidur malam, Akibat paparan sinar biru dari gadget justru bisa menghambat produksi melatonin tubuh. Dengan begitu anak dan orang tuanya akan menjadi sulit tidur.

"Dalam penerapan aturan membatasi gadget, contoh dari orang tua amat penting," Ungkap Dr. Goodwin.

3. Perlakukan gadget dengan benar

"Hindari menggunakan gadget sebagai imbalan atau suap. Sebab, kita ingin anak-anak melihat teknologi sebagai alat, bukan mainan. Ketika gagdet digunakan sesuai dengan fungsinya, bukan sebagai hadiah, anak lebih mungkin membuat hubungan yang sehat dengan teknologi,"tutur Dr. Goodwin.

4. Jangan lupa lakukan kegiatan outdoor

Dr. Kristy Goodwin  menekankan bahwa pentingnya untuk menyeimbangkan waktu antara bermain gadget dengan waktu melakukan permainan yang sesungguhnya. Menurut Dr. Kristy Goodwin , bermain secara tidak terstruktur di luar ruangan, bergerak, dan mengeksplorasi lingkungan sekitar penting untuk perkembangan anak-anak yang sehat.

Sumber.inet.detik.com

0 Response to "Orang Tua Harus Tahu Cara Ini Supaya Anak Tidak Kecanduan Bermain Gadget"

Post a Comment