Seputar informasi teknologi internet dan Android

Bahaya Bermain Smartphone di Tempat Gelap

blogger templates


Bahaya Bermain Smartphone di Tempat Gelap




Smartphone di jaman sekarang ini memang sudah menjadi perangkat yang umum di gunakan oleh semua warga dunia tanpa terkecuali Indonesia, Smartphone digunakan sebagai perangkat untuk berbagai kebutuhan dimulai sebagai alat komunikasi sampai dengan bermain game atau pun juga berbagi cerita lewat sosial media.

Akan tetapi sekarang ini perangkat Smartphone sepertinya sudah menjadi peralatan canggih yang tidak bisa dilepaskan oleh para penggunanya, kemana-mana tidak lepas dari perangkat tersebut, adapula yang sampai membawanya disamping tempat tidur.

Namun tahukah anda jika menggunakan Smartphone sambil tiduran dan dalam keadaan gelap maka akan bisa membahayakan bagi penggunanya, seperti apa yang dikutip dari situs teknotempo.com berikut dibawah ini beberapa alasannya.

1. Merusak Retina Mata


Dampak dari penggunaan Smartphone di tempat gelap ini sudah banyak diketahui para pengguna Smartphone,namun sering mereka abaikan. Padahal, layar dari Smartphone akan  memancarkan sinar biru atau blue light ( yang digolongkan sebagai cahaya high-energy visible light). Cahaya biru yang dikeluarkan oleh Smartphone ini memiliki panjang gelombang yang relatif pendek, dengan panjang sekitar 415-155 nanometer. Namun sebaliknya, cahaya birunya mempunyai tingkat energi yang tinggi.

Akibat dari paparan  secara langsung dari sinar biru kepada mata akan bisa menembus bagian luar dari mata hingga bagian dalamnya. Sehingga akan menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina mata.

2. Kurang Tidur

Sinar biru yang dihasilkan dari Smartphone juga bersifat supresif terhadap produksi melatonin, yakni hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur. Secara kimiawi, hormon melatonin akan menyebabkan perasaan ngantuk dan dapat menurunkan suhu tubuh.

Sinar biru yang dikeluarkan Smartphone bahkan bisa menghambat cahaya dan diinduksi oleh gelap. Itulah mengsapa orang yang sering bermain gadget dalam keadaan gelap pada malam hari menjadi lebih sulit tidur.

3. Risiko Terkena Kanker Lebih Besar

Berdasarkan studi yang dikeluarkan dalam European Journal of Cancer Prevention, Efek samping dari sinar biru yang dikeluarkan perangkat Smartphone akan dapat meningkatkan risiko penyakit kanker payudara pada wanita hingga mencapai 17 persen. Penyebabnya adalah karena cahaya biru yang dikeluarkan  akan menekan produksi hormone melatonin, hormon melatonin yang juga berfungsi untuk menidurkan sel-sel pada kanker, dan mampu meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

4. Melemahkan Daya Ingat

Sama halnya yang telah dijelaskan pada bagian kedua yaitu menatap layar smartphone akan mengakibatkan kurang tidur dari penggunanya, pada keadaan tersebut sudah barang tentu dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan, dan salah satu akibatnya adalah berkurangnya daya ingat.

Disaat tubuh kita kurang mendapatkan istirahat yang cukup, maka kinerja neuron di hippocampus, bagian dari otak yang bertugas untuk menggerakkan fungsi dari anggota tubuh, akan semakin melemah.

5. Meningkatkan Resiko Depresi
 

Efek selanjutnya dari kurang istirahat karena penggunaan Smartphone yang disebabkan cahaya biru yang dikeluarkan perangkat Smartphone adalah para penggunanya akan memiliki resiko yang tinggi untuk mengidap depresi, sama halnya yang telah disebutkan diatas kalau sinar biru dari layar Smartphone sangat menekan hormone melatonin. 

Maka dari itulah sebaiknya gunakan Smartphone jangan ditempat yang gelap, karena cahaya birunya dapat menyebakan berbagai penyakit, karena itu pergunakan Smartphone dengan bijak agar dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.Semoga  artikel ini dapat bermanfaat

0 Response to "Bahaya Bermain Smartphone di Tempat Gelap"

Post a Comment