Seputar informasi teknologi internet dan Android

4 Cara Hindari Mata Lelah akibat Terlalu Sering Melihat Layar Monitor

blogger templates


4 Cara Hindari Mata Lelah akibat Terlalu Sering Melihat Layar Monitor 

Sekarang ini semua bidang pekerjaan umumnya menggunakan perangkat computer, selain itu perangkat Smartphone pun tidak lepas dari penggunaannya setiap hari baik oleh pekerja kantoran maupun yang lainnya.

Namun bagi pekerja yang umumnya menggunakan perangkat komputer maka pasti setiap hari akan melihat layar computer secara terus menerus, hal itu akan berakibat kelelahan bagi mata, selain itu penggunaan gadget ataupun smartphone juga akan mempengaruhi mata anda sehingga menjadi Lelah.

Ciri fisik yang terlihat ketika mata anda sudah terlalu lama terkena dampak akibat melihat layar pada perangkat elektronik diantaranya adalah mata menjadi terasa berat, penglihatan akan sedikit kabur, dan yang lebih parah akan mengakibatkan sakit kepala.

Sindrom ini sering pula dinamakan sebagai computer vision syndrome. Menurut informasi lebih dari 60 persen penduduk di Amerika Serikat sekarang telah mengalami sindrom tersebut. Tak akan sulit untuk terkena sindrom itu, anda hanya perlu waktu dua jam tanpa henti melihat layar, baik dari layar komputer, perangkat smartphone, televisi, tablet, maupun layar pada perangkat elektronik lainnya.

Beruntung, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan guna meminimalisir ketidaknyamanan akibat terkena paparan layar perangkat elektronik sepanjang hari. Berikut dibawah ini ada beberapa caranya, sebagaimana yang dilansir dari KompasTekno, dan dikutip dari BusinessInsider

1. Perbesar teks

Untuk anda pengguna perangkat smartphone, disarankan agar Anda untuk menyetel ukuran huruf atau font menjadi lebih besar. Selain itu agar mengatur pula warna dan kontras yang dirasa paling nyaman untuk Anda. 

Karena, ukuran huruf yang kecil akan menjadikan mata Anda bekerja ekstra dobel untuk membacanya. Hal Ini juga akan membuat jarak mata dengan layar gadget menjadi lebih dekat sehingga akan menimbulkan sakit kepala apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. 

2. Berkedip
 
Ketika anda terlalu focus untuk melihat apa yang ada di depan layar komputer atau smartphone, seringkali kita menjadi lupa untuk berkedip. Dengan begitu akan menyebabkan mata  anda menjadi kering sehingga akan cepat lelah dan berwarna kemerahan. 

Namun anda tak perlu mengingat harus mengedipkan mata berapa kali dalam satu periode tertentu. Akan tetapi, sebaiknya anda jadikan kedipan mata menjadi kebiasaan sehingga akan bisa dilakukan tanpa  anda sadari. 

Selain itu menangis pun sebenarnya bisa membantu mata anda agar tidak menjadi kering dan tidak cepat lelah. Ketika anda sedang bersedih dan menangis, maka anda bisa ambil hikmahnya sebagai salah satu cara guna menjaga mata anda agar tetap sehat. 

3. Atur kecerahan layar

Pada layar monitor ataupun layar gadget yang terlalu gelap akan menyulitkan Anda untuk membaca apa yang ada didalam layar. Akan tetapi jika terlalu silaupun akan membuat mata menjadi tegang dan menyebabkan sakit kepala, terlebih lagi jika Anda sudah berjam-jam melihat layar silau pada perangkat elektronik.

Oleh karenanya, sebaiknya anda atur tingkat kecerahan pada layar sesuai dengan keluaran sinar yang Anda terima di luar layar perangkat elektronik. Caranya jika cahaya sekitar ruangan gelap, maka jangan biarkan layar  pada perangkat smartphone atau layar monitor terlalu silau. Begitupun sebaliknya, jika cahaya sekitar anda sangat terang, maka anda bisa untuk sedikit meninggikan tingkat kecerahan pada layar.  

4. Terapkan aturan 20-20

Cara yang bisa anda terapkan adalah setelah 20 menit anda bekerja di depan layar monitor, ambil 20 detik untuk beranjak dari layar monitor. Setelah itu anda bisa mengambil minum, sedikit untuk menggoyangkan badan dan kepala anda, atau untuk sekadar melihat-lihat sekeliling lingkungan kantor anda. 

Jadi intinya adalah buat mata Anda untuk fokus melihat ke objek lain selain layar monitor. Dengan cara ini akan membantu anda untuk merenggangkan otot-otot mata  sehingga tidak menjadi tegang. Anda ulangi cara ini secara terus menerus ritual 20-20 ini guna menghindari mata anda menjadi lelah. 

Akhir kata selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Cara Hindari Mata Lelah akibat Terlalu Sering Melihat Layar Monitor "

Post a Comment