Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ini Alasannya Kenapa Anda Harus Berhenti Menggunakan Gadget di Tempat Tidur

blogger templates


Ini Alasannya Kenapa Anda Harus Berhenti Menggunakan Gadget di Tempat Tidur


Memang tidak bisa dipungkiri perangkat gadget khususnya Smartphone telah menjadi bagian yang tak terpisahkan sekarang ini.
Perangkat ini banyak dipergunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar,pekerja kantoran sampai ibu rumah tangga memenfaatkannya.

Namun tahukah anda jika perangkat gadget khususnya Smartphone pada layar LED nya memancarkan cahaya yang berbahaya bagi mata penggunanya? Dampak yang cukup serius adalah akan terganggunya siklus tidur anda. Ketika membuka jejaring sosial seperti contohnya Facebook, Whatsapp dan yang lainnya, atau bermain game menjadi kebiasaan yang akan membuat anda menjadi terjaga di tempat tidur.

Dikutip dari situs, Reader's Digest, sudah waktunya Anda mempunyai satu alasan lagi guna melarang cahaya biru yang dikeluarkan oleh perangkat gadget di gunakan pada malam hari.
Sebuah studi penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnal medis BMJ Open, yang melakukan survei dihampir 10 ribu remaja di negara Norwegia yang berusia antara 16 sampai 19 tahun, dosis perangkat gadget yang digunakan semakin tinggi sebelum mereka tidur.

"Hampir semua remaja di Norwegia melaporkan menggunakan satu atau lebih perangkat elektronik selama rentang waktu satu jam terakhir sebelum mereka tidur," ujar ilmuwan dari Norwegia tersebut.

Pada penelitian yang dilakukan sebelumnya telah menunjukkan jika cahaya biru yang dikeluarkan oleh perangkat gadget akan merangsang otak kita, dan menyebabkan otak kita  melunak dan kemudian berbelok ke tempat tidur. Namun pada penelitian ini menunjukkan jika radiasi elektromagnetik dan posisi postur tubuh kita yang selalu membungkuk,akan dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri otot tubuh.

"Mungkin ada beberapa jalan yang bisa menjelaskan hubungan antara tidur dan perangkat elektronik," Menurut peneliti studi tersebut. 

"Penggunaan media elektronik secara langsung akan dapat mempengaruhi tidur karena sifatnya yang memakan waktu, atau pun dapat mengganggu tidur dengan melalui peningkatan gairah psikofisiologis."

Untuk mulai tertidur ketika posisi kepala Anda telah menyentuh bantal, cobalah untuk membaca buku, menulis  catatan harian di jurnal, ataupun minum teh setidaknya satu jam sebelum anda berangkat tidur.Dengan melakukan cara tersebut maka akan memperlambat aktivitas pada otak Anda dan akan mempersiapkannya untuk tidur yang lebih nyenyak.

Anda masih menghitung domba karena tidak bisa tidur sampai larut pagi? Maka dari itu jangan lewatkan lebih banyak lagi perubahan yang bisa Anda lakukan untuk tidur yang lebih nyenyak.

0 Response to "Ini Alasannya Kenapa Anda Harus Berhenti Menggunakan Gadget di Tempat Tidur"

Post a Comment