Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ini loh Caranya Menghemat Memori Internal Smartphone Biar Ga Boros

blogger templates


Ini loh Caranya Menghemat Memori Internal  Smartphone Biar Ga Boros


Disaat smartphone masih dalam keadaan baru, sudah barang tentu memori yang tersedia masih banyak dan lega, anda bisa dengan leluasa untuk melakukan apapun seperti misalnya mengunduh berbagai aplikasi maupun mengunduh lagu-lagu ataupun video favorit yang kemudian anda simpan kedalam memori smartphone, kadang foto-foto selfie ataupun foto dalam berbagai moment bisa dengan leluasa anda simpan didalam memori internal.

Namun apa yang terjadi kemudian ketika berbagai aplikasi ataupun foto-foto dan video ternyata telah memenuhi ruang simpan dari perangkat smartpone anda sehingga menyebabkan kinerja dari ponsel anda menjadi lambat. 

Jengkel sudah barang tentu, walau sudah anda hapus file-file yang ada didalam memori internal smartphone, akan tetapi masih tetap belum maksimal dan memori masih saja penuh.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa anda terapkan agar memori smartphone anda tetap sehat, kunci utama yang harus anda perhatikan adalah anda harus menyadari jikalau memori internal adalah kapasitasnya terbatas sehingga anda tidak bisa memakainya melebihi kapasitas dari yang telah ditetapkan, namun bukan berarti tidak bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file maupun aplikasi, tapi yang terpenting adalah cara pemakaiannya harus dengan sewajarnya.

Dibawah  ini ada beberapa cara yang dapat anda terapkan agar supaya memori internal yang terpakai tidak menyebabkan kinerja dari smartpone menjadi lambat. 

1. Hindari Aplikasi Cleaner dan Antivirus



Tujuan awalnya mungkin dengan menggunakan aplikasi ini agar kinerja smrtphone menjadi semakin baik, akan tetapi tanpa anda sadari ternyata aplikasi seperti ini malah menambah beban pada memori internal smartphone anda.
Ada cara yang lebih bijak yaitu dengan cara membersihkannya secara manual berbagai cache aplikasi ataupun menghentikan berbagai aplikasi yang tidak perlu agar ruang penyimpanan dari RAM smartphone menjadi lebih lega dengan tanpa tergantung pada aplikasi seperti ini

2. Download Aplikasi Versi 'Lite'


Sekarang ini para penyedia aplikasi sudah banyak membuat versi Lite-nya, keuntungan dari aplikasi dengan versi lite adalah desainnya yang ringan sehingga tidak banyak memakan memori dan juga bisa menghemat pemakaian kuota internet anda

Contoh dari aplikasi ini adalah Facebook Lite, Line Lite, Messenger Lite, ada pula YouTube Go. Sejatinya fitur yang ada pada aplikasi ini masih sama akan tetapi agak sedikit berat.
Dengan menggunakan aplikasi ini akan bisa membantu pengguna untuk tetap eksis di berbagai aplikasi sosial media tetapi juga bisa menjaga kesehatan smartphone anda.

3. Budayakan Streaming


Dengan semakin berkembangnya teknologi berbasis internet, maka berpengaruh pula pada jaringan yang ada dengan hadirnya koneksi 4G LTE maka layanan paket data yang anda gunakan pun akan semakin murah karena dengan koneksi 4G maka akan mempercepat koneksi dari jaringan internet.

Maka dari itu bisa anda manfaatkan untuk melihat film atau mendengar lagu-lagu kesayangan anda secara streaming, lebih baik anda lakukan streaming dibandingkan harus mendownloadnya karena dengan cara ini akan menghemat penggunaan memori internal pada perangkat smartphone anda.

4. Backup File ke Cloud Storage


Pada umumnya file yang paling banyak memberatkan dari kinerja smartphone adalah file berupa foto dan juga video, apalagi jika anda menggemari swafoto dan juga membuat video yang menyebabkan berkurangnya kapasitas memori internal.

Karena itu agar kinerja dari ponsel tidak terganggu maka sebaiknya anda cadangkan terlebih dahulu berbagai foto selfie maupun video buatan anda sendiri ke penyimpanan cloud, banyak tersedia aplikasi penyimpanan cloud yang bisa anda gunakan seperti Google Drive, Google Photos, OneDrive ataupun Dropbox dan masih banyak lagi.

5. Rajin Bersih-Bersih Smartphone


Bukan hanya rumah saja sebagai tempat tinggal kita yang harus dibersihkan setiap hari, namun anda pun harus teliti untuk memperhatikan file yang menjadi spam, file yang sebelumnya anda telah buka seperti mengunduh berbagai informasi di situs berita online, ataupun mengunduh lagu-lagu favorit, jika memang tidak diperlukan lagi untuk anda buka kembali maka sebaiknya dihapus saja, karena jika anda biarkan menumpuk maka akan berpengaruh pada kinerja smartphone sehingga menjadi lambat.

0 Response to "Ini loh Caranya Menghemat Memori Internal Smartphone Biar Ga Boros"

Post a Comment