Seputar informasi teknologi internet dan Android

Gunakan Cara Ini untuk Memperkuat Sinyal Smartphone Anda

blogger templates


Gunakan Cara Ini untuk  Memperkuat Sinyal Smartphone Anda


Mungkin anda pernah mengalami ketika sedang menelpon ataupun browsing melalui internet tiba-tiba terputus koneksinya, mungkin anda merasa jengkel karena kejadian tersebut dating disat yang tidak tepat, mungkin anda sedang ada percakapan penting atau sedang memerlukan koneksi internet untuk kepentingan bisnis, namun karena sinyal dari operator yang digunakan melemah menyebabkan koneksinya menjadi terputus-putus.

Pada tampilan layar guna mengecek kekuatan sinyal terdapat sejumlah bar atau kotak yang berfungsi untuk melihat dari seberapa kuat sinyal yang ada, selain itu ada cara lain guna mengecek kekuatan dari sinyal jaringan di Smartphone.

Jika anda pengguna Smartphone berbasis Android maka caranya adalah pertama anda masuk terlebih dahulu kedalam menu Setting lalu klik About setelah itu anda klik Network, dengan demikian maka kekuatan sinyal akan ditampilkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Namun bila anda menggunakan iPhone, berdasar dari cara yang ditulis oleh kompastekno, cobalah anda tekan *3001#12345#* ( ini berlaku pula di iOS 10) di dial pad pada menu phone. Anda akan masuk pada menu Field Test dan kemudian sinyal bar akan dirubah jadi satuan dBm.
Jika sinyal menunjukkan -100dBm maka itu menandakan sinyal yang anda dapatkan kekuatan sinyal yang terburuk, namun jika menunjukkan angka -70 dBm itu tandanya  sinyal yang anda dapatkan  kualitasnya sudah baik.

Setelah anda mempunyai akses untuk mengecek dari kekuatan sinyal,maka sebaiknya anda coba beberapa langkah dibawah ini untuk  memperkuat sinyal Smartphone Anda
mendapatkan sinyal terbaik yang bisa didapatkan.

1. Buat peta sinyal

Ketika Anda sedang berada di dalam rumah, cobalah buat sebuah denah rumah dalam bentuk yang sederhana. Setelah itu anda nyalakan mode field test atau anda masuk kemenu Setting untuk melihat indikator dari kekuatan sinyal.

Setelah itu mulailah anda berjalanlah dari satu titik ke titik yang lain di dalam rumah anda untuk mengetahui seberapa kekuatan sinyal yang bisa didapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta buatan anda tadi.

Dengan cara demikian itu, maka mudah bagi anda menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal yang kuat. Jadi setiap kali anda akan menelepon, lakukanlah hal tersebut di titik yang sinyalnya kuat sehingga suaranya jernih.

Harus diingat, -100 dBm menandakan kalau kualitas sinyal yang dihasilkan buruk. Sementara jika tertulis -70 dBm merupakan kualitas sinyal yang terbaik. 

2. Airplane mode

Selanjutnya pasang Airplane Mode selama lebih kurang tiga detik, lalu anda matikan kembali mode tersebut. Dengan cara ini akan me-refresh koneksi sinyal ke jaringan operator seluler yang Anda gunakan.

Selain itu bisa saja perangkat smartphone Anda akan terhubung ke pemancar sinyal  terdekat lokasinya dengan lokasi  anda menelepon. Dengan cara demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima oleh perangkat smartphone menjadi lebih kuat, suara yang dihasilkan saat menelepon pun jauh lebih jernih.

3. Buka jendela

Bila  kebetulan anda sedang berada di dalam rumah dan merasa suara menjadi terputus-putus saat menelepon, caranya bukalah jendela rumah anda dan berdirilah di dekatnya. 

Begitu pula seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika anda menelepon dari dalam mobil maka lakukan cara yang sama, bukalah jendela terdekat ketika berada didalam mobil.

Dengan begitu, sinyal yang dipancarkan dari luar kendaraan atau rumah bisa ditangkap oleh Smartphone tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahanyang terbuat dari logam dalam body mobil adalah termasuk bahan yang sulit untuk ditembus sinyal seluler.

4. Sudah cek baterai?

Jika pesan SMS atau pesan lain yang anda kirimkan ternyata delay, maka cobalah cek dari baterai ponsel. Smartphone biasanya akan menerapkan mode dari penghematan daya pada saat baterai menunjukkan tinggal sedikit.

Fitur Mode ini bisa saja akan memutus sementara koneksi ke jaringan internet. Alasannya, untuk memindah koneksi internet dari satu pemancar ke pemancar lainnya memang akan memakan banyak daya dari baterai smartphone.

Tapi kalau ternyata memang masalah sinyal pada ponsel anda disebabkan hal ini, anda cukup charge saja dan semuanya akan beres.

5. Dekati pemancar sinyal

Caranya yang harus anda lakukan adalah pertama, Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi open signal kemudian anda install diperangkat Smartphone Android anda.dan versi dari IOS nya pun sekarang sudah tersedia.

Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek ada berapa jumlah menara pemancar sinyal yang berada di sekitar anda.
Jika panggilan suara dari perangkat Smartphone anda terputus-putus, maka cobalah anda cari pemancar yang terdekat dan segera berjalanlah untuk mendekat ke arahnya. 

Jadi dengan demikian Anda akan bisa mendapatkan sinyal yang lebih kuat, maka otomatis koneksi dari perangkat Smartphone  akan mengarah ke satu pemancar tersebut.

0 Response to "Gunakan Cara Ini untuk Memperkuat Sinyal Smartphone Anda"

Post a Comment