Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Untuk Memilih Headset yang Aman dan Nyaman ditelinga

blogger templates
Cara Untuk Memilih Headset yang Aman dan Nyaman ditelinga
Bagi anda yang gemar mendengarkan musik dari berbagai perangkat gadget, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai aksesoris untuk mendengarkan musik, ada berbagai pilihan dan jenisnya seperti headset, earphone,headphone, backphone, handsfree dan juga handset.
Walaupun dipasaran terdapat berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, akan tetapi alat yang digunakan untuk mendengarkan musik ini dibagi kedalam dua bentuk dan fungsi utamanya.
Untuk jenis headphone, headset dan juga backphone memiliki bentuk yang besar, dan untuk mendengarkannya alat ini di letakkan pada posisi menutupi kedua telinga penggunanya atau kedua telinga tidak terlihat karena tertutup oleh alat tersebut.
Sedangkan untuk aksesoris seperti earphone, handsfree ataupun ear bud memiliki bentuk yang kecil dan untuk menggunakan aksesoris ini dengan cara disumbatkan ataupun dimasukkan ke dalam kedua lubang telinga penggunanya.
Ketika anda mendengarkan musik melalui suatu perangkat suara yang ditutupkan ataupun ditempelkan dikedua telinga memang terlihat sepele, akan tetapi jika anda tidak tahu cara dalam memilih dan menggunakannya akan bisa berakibat mengurangi pendengaran atau bahkan bisa pula kehilangan pendengarannya.
Walau sebaik apapun, dan sebagus apapun juga untuk kualitas headset nya, dan juga seaman apapun yang dijamin oleh produsen headset yang kita beli, tetapi tetap harus diperhatikan. Sebabnya sampai saat ini belum ada produsen headset yang dapat menjamin telinga anda akan tetap sehat ketika memakainya.
Lalu bagaimana caranya untuk memilih  headset yang aman?
1.Pilihlah produk dari perangkat earphone dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan telinga, janganlah terlalu besar dan jangan pula kekecilan bentuknya. Untuk produk earphone sebaiknya pilihlah yang earphone In-Ear Monitor (IEM), biasanya perangkat jenis ini menggunakan karet dan masuk sampai ke dalam lubang telinga anda.
Kelebihan dari model perangkat seperti ini adalah tidak sakit ketika digunakan. Akan tetapi hanya beberapa merk earphone jenis ini yang memiliki bud yang nyaman untuk masuk di kedua lubang telinga anda.
2. Jika anda berencana membeli perangkat headphone atau earphone on ear, sebaiknya pilihlah perangkat  yang  menutupi setidaknya 95% dari telinga anda. Sehingga perangkat ini bisa dipakai dengan nyaman ditelinga anda dalam jangka waktu yang lama.
3. Sebaiknya anda jangan membeli melalui situs online karena anda harus mencoba untuk menyesuaikan dengan bentuk telinga anda, sedangkan jika kita membelinya di situs online maka kita tidak bisa mencobanya terlebih dahulu.
4. Lihat spesifikasi lengkapnya dari produk yang akan anda beli seperti impedance, sensitivitas, ataupun noisenya. Tidak ada patokan yang khusus untuk batasannya akan tetapi semakin tinggi impedansi dari suatu perangkat, maka arus tegangan yang mengalir menjadi semakin berkurang.
Namun harus diperhatikan pula untuk sensitivitas dan noisenya, haruslah anda pilih dengan tingkat sensitivitas mid-range saja, sebaiknya anda jangan memilih perangkat dengan tingkat sensitivitas high-range, dan tingkatan noise berfungsi  guna memblokir segala jenis kebisingan yang dikeluarkan dari sumber suara.

5. Sebelum anda membeli headphone/headset sebaiknya carilah toko resmi yang menjual produk headphone yang asli dan juga bergaransi. Jangan anda membelinya di BM atau Black Market, walaupun harga yang ditawarkan lebih murah, namun kualitasnya belum tentu terjamin dan belum tentu juga disertakan garansi , namun ada enaknya memang jika anda membeli di BM karena bisa tawar menawar harga.

0 Response to "Cara Untuk Memilih Headset yang Aman dan Nyaman ditelinga"

Post a Comment