Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tahukah Anda? Ternyata OS Android Pada Mulanya Diciptakan Bukan untuk Smartphone

blogger templates
Tahukah Anda? Ternyata OS Android Pada Mulanya Diciptakan Bukan untuk Smartphone

Penggunaan perangkat Smartphone di era digital sekarang ini tidak lepas dari peran system operasi Android yang memang sebagian besar digunakan untuk berbagai vendor Smartphone di seluruh dunia.

Android sekarang ini telah menjadi sistem operasi Smartphone yang paling populer, dengan jumlah pangsa pasar 88 persen di seluruh dunia. Akan tetapi yang harus anda ketahui, ada fakta yang paling mengejutkan di balik penciptaan Android sebagai sebuah system operasi. Ternyata pada awal mulanya, OS Android ini bukan diciptakan untuk digunakan pada perangkat smartphone,melainkan untuk kamera digital.

Prototype awal dari OS Android dapat memungkinkan sebuah kamera terkoneksi dengan perangkat komputer, dan akan terhubung dengan pusat data milik Android. Sehingga dengan begitu pengguna tidak memerlukan  penyimpanan yang besar untuk semua foto yang dihasilkannya.

Fakta ini berdasarkan pernyataan dari sang pencipta Android yaitu Andy Rubin. Penemuan akan OS Android ini sempat di presentasikan di hadapan para investor pada tahun 2004. Akan tetapi, fungsi dari sistem operasi tersebut tampaknya harus ditinjau ulang. Masalahnya, disaat itu pasar kamera digital sudah mulai memudar.

Karenanya, Android pun harus pula dirancang ulang sebagai sebuah sistem operasional handset. Ia kemudian muncul dengan misi baru. Bukan lagi sebagai sebuah sistem yang khusus diperuntukkan untuk kamera digital, melainkan digunakan mobile device yang dirancang agar bisa lebih mengerti pemiliknya.

Konsep yang dimiliki oleh Android dengan maskotnya si robot hijau ini yang kemudian membuat raksasa Google berminat untuk memilikinya.

Puncaknya pada bulan Agustus 2005, Google resmi membeli 100 persen saham Android. Informasi yang berdasar dari Tech Spot,Kamis (5/1/2018), proses akuisisi Android oleh Google diperkirakan mencapai 50 juta dolar AS atau setara dengan Rp 673 Miliar.

Setelah proses akuisisi oleh Google, Andi Rubin dan co-founder Android lainnya kemudian ditarik menjadi bagian dari Google. Andi Rubin sendiri selanjutnya dipercaya menjadi Vice President di perusahaan raksasa tersebut. Akan tetapi delapan tahun kemudian, Andi Rubin mengundurkan diri dari Google dan selanjutnya membuat startup hardware sendiri pada tahun 2014.


Sekarang, Android telah menjadi sebuah sistem operasi yang merajai smartphone diseluruh dunia. Pada tahun 2016 lalu, Android telah diadopsi oleh sekitar 88 persen smartphone dunia.

0 Response to "Tahukah Anda? Ternyata OS Android Pada Mulanya Diciptakan Bukan untuk Smartphone"

Post a Comment