Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tahukah Anda Bedanya Status Last Seen dan Online di WhatsApp?

blogger templates
Tahukah Anda Bedanya Status Last Seen dan Online di WhatsApp?

Kemajuan dalam bidang teknologi sekarang ini seakan tidak terbendung lagi, termasuk pula kemajuan teknologi di bidang telekomunikasi, ketika dahulu kita hanya mengenal perangkat ponsel dengan fitur sebatas untuk menelpon dan sekedar mengirim pesan singkat atau SMS.

Maka sekarang ini dengan kehadiran berbagai perangkat Smartphone dengan beragam fitur canggih yang ditawarkan maka membuat penggunanya semakin dimudahkan dan dimanjakan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah penggunaan pesan singkat yang paling populer sekarang ini yaitu melalui aplikasi pengirim pesan WhatsApp.

Dan bagi anda pengguna aplikasi WhatsApp tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan adanya status berbunyi online dan last seen yang biasanya terlihat pada bagian bawah nama kontak. Namun pernahkah terpikir oleh anda bahwa kedua status pada WhatsApp ini memiliki makna yang berbeda?

Seperti yang dikutip pada keterangan di laman WhatsApp, pada status online menginformasikan bahwa kontak yang dituju saat itu tengah membuka aplikasi WhatsApp di bagian foreground dan sedang terhubung ke jaringan internet. Itu artinya aplikasi WhatsApp memang benar-benar sedang digunakan dan tampil di layar perangkat ponsel pengguna.

Akan tetapi, hanya karena sedang dalam status online, bukan berarti kontak yang dituju telah membaca pesan yang Anda kirimkan. Ada kemungkinan saat itu dia sedang sibuk membaca pesan-pesan yang masuk dari orang lain selain anda -yang mungkin saja 
berjumlah sangat banyak- dan belum sempat untuk membuka jendela chat dengan Anda.

Atau mungkin pula saat itu sang kontak sedang menulis jawaban dari pesan yang sedikit panjang ke orang lain. Jadi, anda jangan berprasangka buruk dulu terhadap orang yang tidak langsung membaca pesan yang anda kirim saat sedang dalam status online di WhatsApp.

Lain halnya pada status last seen, yang sesuai pada sebutannya status ini mengacu pada waktu terakhir aplikasi WhatsApp ini dibuka oleh pengguna lain. Oleh karena itulah pada status ini selalu disertai dengan keterangan waktunya.

Pada status  last seen dikontak seseorang bisa tidak tampil terlihat karena beberapa faktor penyebab.

Pertama, kontak seseorang tersebut memang dengan sengaja menyembunyikan status last seen agar supaya tidak dapat dilihat oleh orang lain.

Kedua, Anda secara sengaja menyembunyikan status last seen kontak anda sendiri, sehingga menyebabkan tidak dapat melihat dari status last seen orang lain.

Ketiga kontak tersebut mungkin dengan sengaja memblokir Anda.

Ketika kontak diblokir oleh sesorang , maka menyebabkan Anda juga tidak akan bisa mengetahui apakah kontak yang dituju sedang dalam status online atau tidak. Untuk status online tidak bisa di non aktifkan di WhatsApp, kecuali dengan cara memutus sambungan pada jaringan internet (mobile data) atau dengan cara melakukan proses rooting.

Namun sebaliknya, pada status last seen dapat dengan mudah untuk disembunyikan.Seperti yang dikutip dari  berbagai sumber adalah dengan cara :

Pertama buka aplikasi WhatsApp,  lalu buka layar menu melalui ikon tiga titik vertikal yang berada pada sisi kanan atas layar, kemudian pilih settings.

Langkah kedua anda pilih opsi account, lalu anda buka pilihan privacy, selanjutnya pilih siapa saja yang akan bisa melihat status last seen Anda, terdapat pilihan yang bisa anda tentukan yaitu semua kontak, atau kontak yang terdaftar saja, maupun pilihan yang tidak ditunjukkan kepada orang lain sama sekali.


Cara yang dipaparkan di atas berlaku untuk WhatsApp versi Android. Untuk versi iOS, langkahnya sedikit lebih singkat, yaitu anda dapat langsung akses menu settings, lalu pilih account, kemudian terakhir anda pilih privacy.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Jika Anda menyembunyikan status last seen di WhatsApp , maka hal tersebut akan mengakibatkan Anda pun tidak akan bisa melihat status last seen orang lain di aplikasi WhatsApp.

0 Response to "Tahukah Anda Bedanya Status Last Seen dan Online di WhatsApp?"

Post a Comment