Seputar informasi teknologi internet dan Android

Sudah Tahu Perbedaan Headphone, Headset, dan Earphone ?

blogger templates
Sudah Tahu Perbedaan HeadphoneHeadset, dan Earphone ?



Bagi anda pengguna gadget mungkin tidak asing lagi dengan ketiga benda tersebut.
Sekarang ini, headphone, headset, dan earphone telah menjadi perangkat yang berperan penting, khusunya bagi anak muda dan bahkan juga bagi mereka yang membutuhkannya untuk berbagai keperluan yang menyangkut pekerjaan.

Pengguna  perangkat ini seringkali menyebut istilah dari ketiga perangkat tersebut seolah-olah merupakan satu benda yang sama. Akan tetapi, apakah Anda tahu jika ternyata tiga istilah dari benda tersebut mengacu kepada jenis perangkat yang berbeda?
Yang pertama yang akan kita bahas adalah Headphone, Perangkat ini bisa dikatakan sebagai pendahulu klasik. Headphone adalah sepasang pengeras suara kecil (loudspeaker) yang telah dirancang untuk diletakkan di dekat telinga penggunanya. Perangkat ini memungkinkan bagi penggunanya untuk merasakan intensnya suara yang tersalurkan langsung ke telinganya.
Headphone merupakan perangkat yang pertama kali dikembangkan pada 1910 oleh Nathaniel Baldwin. Selama kurun waktu bertahun-tahun, terdapat beberapa jenis headphone, yaitu di atas telinga, di telinga, dengan menggunakan kabel, dan yang tanpa kabel / nirkabel (wireless).
Jika Anda beranggapan perangkat headphone sama dengan headset, maka jawaban Anda masih kurang tepat. Karena Headset merupakan headphone yang memiliki mikrofon yang  dapat memungkinkan penggunanya untuk berbicara dengan orang lain ditempat yang berbeda.
Perangkat ini bersifat two in one, karena pengguna dapat mendengarkan lagu sekaligus dapat pula berbicara dengan orang lain menggunakan mikrofon, hal itulah yang membedakan perangkat headset dengan headphone.
Dalam sebuah penelitian, telah menunjukkan bahwa kebanyakan dari masyarakat lebih menginginkan menggunakan headset karena adanya fitur yang memungkinkan berbicara melalui mikrofon sekaligus dapat pula mendengarkan lagu. Sekarang ini Headset telah tersedia dalam jenis single-earpiece dan juga double-earpiece.
Headset merupakan perangkat pilihan yang ideal untuk komunikasi voice over IP, dengan melalui layanan seperti Skype, berinteraksi melalui sistem telepon, sampai dengan bermain game online dan percakapan secara langsung.
Jenis perangkat small-loudspeaker berikutnya, yang merupakan generasi penerus dari headphone lainnya, adalah earphone. Mungkin jenis ini merupakan perangkat yang paling sering ditemukan dan juga digunakan oleh orang-orang yang sedang bepergian jauh.
Dari segi bentuk, desain earphone sudah tentu paling berbeda di antara kedua perangkat di atas, bentuknya jauh lebih kecil dan lebih efektif. Kedua speaker kecil yang disalipkan kedalam lubang telinga otomatis akan membuat penggunanya merasakan koneksi yang lebih langsung dengan sumber suara yang dihasilkan  karena pergerakan udara antara speaker dan juga telinga lebih sedikit daripada perangkat headphone.
Akan tetapi, desain dari earphone yang demikian itu ternyata memiliki kompromi tersendiri. Dengan menyalipkan kedua speaker mungil di saluran telinga, beberapa penggunanya mungkin akan merasa kurang nyaman.
Itulah beberapa perbedaan dari ketiga perangkat yang mungkin diantara anda belum mengetahuinya.
Akhir kata semoga bermanfaat.


0 Response to "Sudah Tahu Perbedaan Headphone, Headset, dan Earphone ?"

Post a Comment