Seputar informasi teknologi internet dan Android

Seberapa Pentingkah IMEI dan Apa Fungsinya? Dimana Cara Mencarinya?

blogger templates
Seberapa Pentingkah IMEI dan Apa Fungsinya? Dimana Cara Mencarinya?

Pada era digital sekarang ini penggunaan perangkat gadget utamanya Smartphone telah menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena berbagai fungsi dari perangkat ini sangatlah membantu dalam mempermudah berbagai aktifitas sehari-hari.
Namun tahukah anda jika semua perangkat gadget yang ada memiliki suatu nomor indentitas yang berbeda satu sama lainnya, nomor yang dimaksud adalah nomor IMEI.
Jika kita ibaratkan nomor IMEI seperi nomor seri mesin pada sebuah mobil, nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada perangkat gadget fungsinya sangatlah penting, sama halnya pada nomor KTP sebagai identitas diri seseorang.
Pada setiap perangkat gadget seperti misalnya pada Smartphone mempunyai IMEI yang berbeda satu dengan yang lainnya, nomor IMEI akan tercatat pada operator selular sesuai dengan nomor kartu SIM. Oleh sebab itulah pemerintah baru-baru ini mencanangkan program wajib registrasi ulang kartu prabayarnya dengan menggunakankan nomor KTP dan Kartu Keluarga untuk memastikan kepemilikan dari perangkat gadget sesuai dengan nomor IMEI dan juga nomor kartu SIM.
Pada sisi lain ketika anda mengalami suatu kejadian yang tidak menyenangkan seperti misalnya perangkat Smartphone anda hilang atau dicuri orang, maka dengan adanya nomor IMEI ini akan sangat membantu ketika anda melaporkannya pada operator selular ataupun kepada aparat kepolisian yaitu dengan cara memberi tahu merk, nomor seri, warna ponsel, dan juga IMEI, atau mungkin dengan ciri-ciri khusus yang bisa dikenali jika memang ada, tempat dan juga tanggal kejadian pencurian maupun beberapa hal yang lainnya.

Dengan berbekal data yang diberikan tersebut maka akan mempermudah operator selular atau aparat kepolisian untuk melakukan pencarian perangkat anda yang hilang tersebut.  
Namun memang dengan cara online seperti yang ditawarkan oleh Google untuk lebih mudah dalam melacak perangkat anda, akan tetapi cara yang di tawarkan ini hanya sebatas untuk membantu saja.
Bagi operator selular pun dapat memanfaatkan nomor IMEI ini guna mengidentifikasikan para pelanggan yang valid maupun jenis peralatan yang dipakai dalam jaringan. Pihak operator selular bisa menonaktifkan suatu perangkat ponsel dari jarak jauh ketika suatu perangkat tersebut dilaporkan hilang atu dicuri oleh pemiliknya, dengan catatan hal tersebut dilakukan atas permintaan pemilik ponsel yang hilang untuk segera menonaktifkan perangkat ponsel tersebut dengan menggunakan nomor IMEI.
Perangkat ponsel yang hilang ini masih dapat dipakai dengan operator lainnya diseluruh dunia, Jika anda pernah menemukan suatu perangkat ponsel, maka operator selular juga dapat mengenali pemilik dari ponsel sebelumnya memalui nomor IMEI ataupun nomor kartu SIM yang disisipkan dan kemudian mengembalikannya  kepada pemiliknya.
Lalu bagaimana cara menemukan nomor IMEI jika memang dus kotak penyimpanan ponsel anda telah hilang ?, karena nomor IMEI bisanya tercantum pada bagian luar dari dus penyimpanan ponsel.
Ada dua cara yang bisa anda coba yaitu :
1.    Gunakan menu pada telepon yaitu dengan cara tekan *#06#, maka selanjutnya akan segera muncul nomor IMEI pada perangkat ponsel.
2.    Gunakan opsi pada menu pengaturan telepon yaitu dengan cara masuk ke menu Setting – About Phone – Status - IMEI Information.
Kedua cara diatas bisa anda lakukan tentunya sebelum perangkat tersebut hilang, Anda pun tidak perlu untuk membongkar perangkat gadget anda dimana bisanya nomor IMEI tersebut tercantum didalamnya.
Dan sebaiknya data atau nomor IMEI tersebut anda simpan baik-baik, sehingga ketika suatu saat mungkin perangkat anda hilang atau dicuri maka anda masih memiliki data atau catatannya sehingga mempermudah untuk melacaknya.


0 Response to "Seberapa Pentingkah IMEI dan Apa Fungsinya? Dimana Cara Mencarinya?"

Post a Comment