Seputar informasi teknologi internet dan Android

Buat Daftar Apa Saja Lewat Fitur Baru Facebook “Facebook List “ ,Gini Cara Mencobanya

blogger templates

Buat Daftar Apa Saja Lewat Fitur Baru Facebook “Facebook List “ ,Gini Cara Mencobanya
 

Facebook sebagai raksasa sosial media baru saja merilis sebuah fitur baru dalam kotak status yaitu “List”. Sesuai dengan namanya yang berarti " daftar " dalam kamus bahasa Indonesia, List dapat memungkinkan pengguna aplikasi Facebook untuk membuat sebuah daftar apa saja yang mereka inginkan.

Bentuknya bisa berupa poin-poin teks dengan menggunakan latar belakang berwarna. Dapat pula dihiasi dengan berbagai emoji sebagai pelengkapnya. Hal-hal yang dituliskan dalam suatu List dapat berupa apa saja sesuai yang dikehendaki oleh para penggunanya, bisa berupa rencana besar di tahun baru, atau rencana yang bakal dilakukan pada bulan berikutnya, bisa pula tentang restoran yang ingin dikunjungi bersama keluarga.

Facebook List(Facebook List)

Lantas bagaimana cara untuk mencoba fitur tersebut? Opsi untuk membuat suatu daftar lewat fitur List ini akan ditampilkan pada kolom "What's on your mind?" untuk mengunggah kiriman baru seperti biasanya, berbarengan dengan opsi-opsi lain seperti pollingcheck-in, foto, dan juga video.

Begitu anda meng-klik pilihan List pada kolom posting status, maka penggunanya dapat memilih salah satu dari 30 jenis template judul yang telah disediakan, mulai dari menu to-do-list, atau film yang ingin anda tonton, sampai dengan makanan favorit. Tersedia pula pilihan untuk membuat suatu judul daftar sendiri.

Seperti yang dikutip dari KompasTekno, fitur List ini telah tersedia dan sudah bisa dicoba oleh para pengguna aplikasi Facebook di Indonesia.

Ingin lebih personal


 Gambar : KOMPAS.com

Pertanyaannya buat apa Facebook memperkenalkan fitur barunya yaitu List ini? Seperti yang dilansir dari TechCrunch menyebutkan bahwa Facebook mungkin berharap jika pengguna setianya dapat tertarik untuk saling berbagi daftar keinginan dan bisa mengutarakan pendapatnya mengenai daftar keinginan masing-masing.

Tujuan akhir penggunaan fitur list ini adalah adanya upaya untuk mendorong para pengguna Facebook agar bisa lebih banyak mengunggah konten originalnya dan bersifat lebih personal lagi -seperti misalnya membuat daftar  tentang apa saja yang mereka pikirkan dan apa yang akan mereka lakukan kedepannya- sehingga dengan begitu bisa memancing rasa ingin tahu teman-temannya di jejaring sosial.

Dengan fitur list Ini akan memperbanyak interaksi antar penggunanya sehingga bisa membuat pengguna aplikasi ini menjadi betah untuk berlama-lama menggunakan Facebook dan kembali login guna melihat perkembangan dari daftar yang telah diunggah karena rasa ingin tahu yang besar.

Facebook akhir-akhir ini memang merasa jika jejaring sosialnya terlalu dipenuhi oleh berbagai konten yang bersifat non-personal, seperti adanya berita, meme, iklan, atau tautan internet, dan juga update dari laman Facebook Page. Dengan begitu para penggunanya pun menjadi semakin sedikit dalam mengunggah konten personal.

Menurut data yang telah dirilis dari The Information pada bulan Desember 2016 lalu, untuk pembaruan status pribadi dalam media sosial Facebook menurun sebesar 15 persen jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Sedangkan, antara pertengahan tahun  2014 sampai dengan pertengahan tahun 2015, penurunan yang sama pun terjadi sampai dengan kira-kira 21 persen.

Selain dari itu Facebook pun diramalkan akan kehilangan daya tariknya terhadap para pengguna internet terutama usia muda, karena mereka akan lebih memilih Instagram sebagai media sosialnya atau pun pesaingnya yaitu Snapchat.

Oleh karena itulah maka raksasa media sosial inipun tak tinggal diam, Facebook berupaya untuk membalik keadaan tersebut. Jejaring sosial ini berupaya untuk mengubah algoritma news feed agar dapat lebih banyak lagi menampilkan konten personal dari teman-teman pengguna sosial media.

Aplikasi tbh yang sedang viral di kalangan pengguna usia muda diakuisisi pada bulan Oktober tahun lalu dan kemudian segera diintegrasikan dalam bentuk fitur Q&A pada linimasa Facebook. Fitur List kali ini pun diperkirakan adalah sebagai upaya terbaru dari sang raksasa jejaring sosial agar dapat lebih personal lagi seperti dulu.

0 Response to "Buat Daftar Apa Saja Lewat Fitur Baru Facebook “Facebook List “ ,Gini Cara Mencobanya"

Post a Comment