Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ternyata Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Masih Bisa Muncul

blogger templates

Ternyata Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Masih Bisa Muncul

Sebagai salah satu aplikasi pengirim pesan singkat yang terpopuler saat ini, WhatsApp selalu menghadirkan berbagai fitur yang menarik untuk para penggunanya.

Di tahun 2016 lalu, WhatsApp telah menelurkan fitur quotes and replies di mana para pengguna aplikasi ini bisa mengutip dan juga membalas pesan tertentu dalam sebuah percakapan pada grup WhatsApp ataupun pada percakapan antar personal.

Fitur tersebut dapat mereduksi kesalahpahaman dalam suatu percakapan yang sering kali tertimbun dengan percakapan lainnya.

Pada tahun berikutnya, WhatsApp kembali merilis fitur delete for everyone yang dapat digunakan untuk menghapus pesan "salah alamat". Namun pesan yang terlanjur terkirim ini hanya bisa dihapus dalam jangka waktu kurang dari tujuh menit, jika lewat dari batas waktu tersebut, maka pesan yang terlanjur terkirim tadi tidak akan bisa dihapus.

Namun ternyata ada cara lain guna mencegah pesan "salah alamat" itu lenyap dari jendela percakapan, yaitu dengan fitur adanya quote and replies. Pesan yang asli akan hilang, akan tetapi tidak dengan pesan yang terlanjur dikutip oleh pengguna lain.


Fitur quote and replies yang menahan pesan untuk menghilang dari jendela percakapan meskipun telah dihapus.(sumber : KompasTekno)

Jika si penerima pesan atau salah satu dari anggota grup WhatsApp sudah membalas pesan yang terkirim dengan cara mengutip isi pesan maka pesan yang terkirim tersebut akan tetap muncul dalam suatu kutipan, walaupun telah dihapus dalam waktu kurang dari tujuh menit.

Jadi pesan yang asli tetap terhapus namun pesan yang telah dikutip/di-quote akan tetap muncul dan dapat dibaca oleh penerima maupun anggota dari grup chat.

Namun walaupun demikian, pesan WhatsApp yang telah terhapus tidak bisa lagi untuk di-quote ataupun dijawab oleh pengguna lain. Jadi jika pesan tidak ingin terbaca dan juga terhapus untuk selamanya, maka segeralah menghapus pesan yang terlanjur terkirim sebelum para pengguna lain membalasnya dengan cara mengutip pesan tersebut.

Seperti yang dilansir dari KompasTekno dan mengutip dari Gadgets 360, Selasa (20/2/2018), kegagalan dari penghapusan pesan ini bukanlah suatu bug atau masalah dari fitur hapus pesan pada aplikasi WhatsApp. Akan tetapi memang merupakan bagian dari fitur tersebut.

Pihak WhatsApp sendiri belum memberikan penjelasan resmi mengenai kelemahan fitur ini. Perusahaan penyedia layanan pesan singkat ini hanya menjelaskan bahwa pesan bisa dihapus dalam jangka waktu tujuh menit namun tidak ada keterangan jika pesan tersebut dikutip oleh pengguna lain.

Terlepas dari adanya kelemahan organik pada fitur tersebut, pesan WhatsApp yang telah terlanjur dihapus memang masih dapat dibaca oleh pengguna lainnya, namun dengan menggunakan suatu aplikasi dari pihak ketiga seperti menggunakan aplikasi Recent Notification untuk perangkat Android. Aplikasi Recent Notification  tersebut akan menyimpan log dari riwayat pemberitahuan pesan.

0 Response to "Ternyata Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Masih Bisa Muncul"

Post a Comment