Seputar informasi teknologi internet dan Android

Nostalgia Ponsel Nokia “Pisang” yang Lahir Kembali dengan 4G

blogger templates
Nostalgia Ponsel Nokia “Pisang” yang Lahir Kembali dengan 4G


Jika anda penggemar setia dari ponsel Nokia, tentu lah sudah akrab ditelinga anda ponsel legendaris seri 8110 yang lebih dikenal dengan Nokia “pisang”.

Perangkat ponsel yang pertama kali dirilis dan diperkenalkan ke publik pada tahun 1996 silam, kini telah di rilis ulang kembali dan diperkenalkan di ajang di Mobile World Congress (MWC 2018) yang sedang berlangsung di Barcelona Spanyol.

Ponsel Nokia 8110 ini telah menjadi proyek kedua dari Nokia lawas yang dilahirkan kembali oleh HMD Global selaku pemegang lisensi dari merk Nokia, yang sebelumnya dirilis ulang Nokia seri 3310. Kedua ponsel ini sama-sama menggunakan spesifikasi yang disesuaikan dengan ponsel yang ada saat ini.

Namun perbedaan yang paling mencolok dibandingkan dengan terdahulunya adalah Nokia 8110 versi “lahir kembali” telah menggunakan jaringan 4G yang sudah barang tentu mencopot penggunaan antena yang sebelumnya terlihat mencolok pada versi terdahulunya yang dipasang pada ujung perangkat ponsel.

Dengan adanya konektivitas 4G ini, Nokia 8110 ini bisa pula dimanfaatkan sebagai perangkat wireless hotspot yang dapat dihubungkan ke perangkat tablet maupun laptop.
Sama dengan pendahulunya yaitu Nokia 3310, Nokia masih mengandalkan nostalgia masa lalu khas 8110 versi orisinalnya dengan adanya "slide" yang menutup keypad numerik pada perangkat ini. 

"Slide" legendaris ini dieranya dulu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para pemilik Nokia 8110, dan HMD Global selaku pemegang lisensi resmi dari Nokia, ingin tetap mempertahankan seperti bentuk aslinya dahulu.

Selain itu desain lain yang masih tetap dipertahankan adalah bentuk lengkung yang menjadi cikal bakal Nokia seri ini terkenal sebagai ponsel pisang. Guna menambah "rasa" pisang nya, warna kuning cerah disepuhkan pada seluruh bodi Nokia 8110 4G ini. Di rilis pula Nokia 8110 versi warna hitam dengan warna yang tidak menyolok mata.

Untuk ukuran layar Nokia 8110 seri 4G ini lebih besar jika dibandingkan dengan Nokia 8110 versi lawas, yaitu berbentang 2,4 inci dengan menggunakan visual antarmuka yang mirip dengan Nokia 3310.

Untuk urusan daya, Nokia 8110 4G ini menggunakan baterai yang lebih besar, yaitu dengan daya 1.500 mAh, yang diklaim mampu bertahan dalam mode siaga sampai dengan 25 jam.

Sistem operasi dari Nokia 8110 4G ini dijalankan dengan menggunakan Smart Feature OS, bukan memakai OS Android, dengan begitu tidak akan ada aplikasi Android yang dapat dipasang pada perangkat ponsel ini.

Akan tetapi pihak  HMD memastikan akan membuat toko aplikasi khusus yang dapat memuat beberapa aplikasi yang populer, seperti aplikasi Facebook. Selain itu para pengguna perangkat Nokia 8110 ini dapat pula mengimpor kontak dari Gmail dan Outlook untuk keperluan mengecek e-mail.

Dari segi dapur pacunya, Posel Nokia 8110 ini diperkuat penggunaan chip Qualcomm 205 Mobile Platform yang disandingkan dengan RAM 512 MB dan media penyimpanan internal sebesar 4 GB.

Untuk keperluan fotografi pada bagian belakang ponsel Nokia 8110 ini disematkan kamera tunggal sebesar 2 megapiksel. Dan yang paling legendaris dari berbagai ponsel jadul Nokia adalah adanya  game Snake yang menjadi andalan Nokia. Game ini masih bisa dimainkan di perangkat ponsel Nokia 8110 4G ini.

Seperti yang dilaporkan Cnet, Ponsel Nokia 8110 ini akan mulai tersedia dipasaran pada bulan Mei 2018 yang akan datang, yang dibanderol  dengan kisaran harga 100 dollar AS (setara Rp 1,4 juta), Namun belum diketahui secara pasti apakah HMD Global akan membawa pula ponsel Nokia pisang ini ke wilayah Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja kabar baiknya.

0 Response to "Nostalgia Ponsel Nokia “Pisang” yang Lahir Kembali dengan 4G"

Post a Comment