Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Tips Mengatasi Sinyal Loyo Saat Mudik di Kampung Halaman

blogger templates
5 Tips Mengatasi Sinyal Loyo Saat Mudik di Kampung Halaman



Bagi sebagian masyarakat terutama di Indonesia, mudik ke kampung halaman telah menjadi kegiatan rutin saat Lebaran. Karena sebagian dari masyarakat kita banyak yang bekerja di kota-kota besar, sehingga bila hari raya lebaran tiba menjadi suatu momen untuk merayakannya di kampung halaman, sekaligus sebagai ajang untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama sanak keluarga yang telah lama berpisah.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini, mudik lebaran tidak lengkap rasanya jika tidak membawa perangkat komunikasi seperti Smartphone, akan tetapi ketika sesampainya di kampung halaman, suasana suka cita kadang beradu dengan duka karena ternyata sinyal ponsel yang diterima sangat buruk .

Kondisi ini terjadi karena pada sebagian wilayah di Indonesia masih banyak yang belum mendapat cakupan sinyal yang mumpuni dari beberapa provider.
Seperti yang dikutip dari Saga Magazine, berikut  ini ada beberapa tips yang dapat di terapkan kepada pemudik agar bisa tetap leluasa dalam menggunakan perangkat ponsel terutama untuk kebutuhan media sosial.
Ganti Jaringan
1. Ganti Jaringan Provider

Dalam beberapa kasus, jaringan penyedia koneksi internet ponsel sering kali terbatas karena masalah lokasi. Beberapa provider  penyedia jaringan internet menawarkan jangkauan jaringan yang lebih baik ketimbang provider yang lain.

Cakupan koneksi jaringan internet di area perkotaan tentu saja berbeda dengan koneksi di pedesaan. Maka dari itu untuk mengecek kondisi tersebut, caranya para pemudik dapat terlebih dahulu mengecek cakupan sinyal internet yang tersedia melalui penggunaan aplikasi Open Signal.

2. Bawa Ponsel ke Ruang Terbuka dan Lokasi yang Tinggi

Rintangan bangunan ataupun kondisi geografis bisa juga mengganggu kondisi sinyal. Jika lokasi rumah anda berada di bawah bukit, maka anda bisa pergi ke lokasi terbuka yang berada di atas bukit atau bisa juga dengan cara naik ke atap rumah.
Bahan-bahan banguna seperti beton dan baja, serta dinding bisa mengganggu sinyal jaringan internet pada ponsel.
Pantau Baterai Ponsel
3. Baterai Ponsel Tetap Terisi

Perangkat ponsel akan menggunakan banyak daya baterai ketika kehilangan sinyal. Oleh karena itu anda perlu memastikan kondisi perangkat ponsel tetap terisi aliran listrik atau telah ter-charge baterainya secara penuh.

Berkurangnya daya baterai pada perangkat ponsel akan menurunkan kemampuan menangkap sinyal maupun panggilan telepon.

4. Hindari Perangkat Elektronik

Beragam perangkat elektronik seperti laptop, televisi, dan alat-alat elektronik lainnya yang menggunakan gelombang mikro bisa mengganggu sinyal dari perangkat ponsel. Sebaiknya anda hindari peralatan elektronik semacam itu ketika menggunakannya untuk melakukan panggilan atau sedang berselancar didunia maya.

Selain itu, agar koneksi jaringan internet tanpa hambatan sebaiknya matikan pula konektivitas Bluetooth dan juga WiFi. Hindari pula penggunaan handset untuk melakukan panggilan telepon.

5. Gunakan WiFi Publik

Jika jaringan WiFi public memang telah tersedia di wilayah anda, maka tidak ada salahnya untuk digunakan. Beberapa provider menyediakan pula jaringan WiFi publik dengan harga yang terjangkau kantong. 


0 Response to "5 Tips Mengatasi Sinyal Loyo Saat Mudik di Kampung Halaman"

Post a Comment