Seputar informasi teknologi internet dan Android

IGTV Fitur baru dari Instagram, Apakah Itu?

blogger templates

IGTV Fitur baru dari Instagram, Apakah Itu?

Bagi anda pengguna media sosial Instagram, ada kabar terbaru dari aplikasi yang banyak digunakan untuk mengunggah berbagai foto dan video, karena baru saja mereka memperkenalkan fitur terbarunya, yaitu Instagram TV atau IGTV. Lewat fitur terbarunya ini, bagi pengguna untuk berbagi video di Instagram yang tadinya hanya maksimal sepanjang satu menit, sekarang dengan adanya fitur IGTV menjadi bisa lebih lama, yaitu dengan durasi hingga 10 menit.

Namun bukan hanya akan hadir dalam sebuah fitur di aplikasi Instagram, IGTV juga telah hadir dalam aplikasi tersendiri yang bernama IGTV, aplikasi ini dapat anda unduh di iOS maupun Android. Seperti yang dikutip dari laman The Verge, pada Kamis (21/6/2018), konten yang disajikan dalam aplikasi IGTV ini berformat vertikal.


Ilustrasi IGTV. (Sumber: TechCrunch)

Begitu pengguna masuk ke dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat memilih dan juga menyaksikan berbagai video yang diunggah dari pembuat konten favorit mereka yang sudah tayang di IGTV.

CEO Instagram Kevin Systrom mengungkapkan, aplikasi IGTV dirancang guna memudahkan penggunanya untuk menemukan dan juga menonton berbagai video melalui perangkat smartphone mereka.

"Sebagian besar aplikasi video mengharuskan penggunanya mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti pesawat televisi yang memungkinkan penggunanya menyalakan dan menontonnya. Nah, di aplikasi IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya," ucap Systrom.

Systrom juga mengatakan, hal ini memungkinkan pula bagi IGTV menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan dan mempromosikan sesuatu.

Bukan hanya itu, aplikasi IGTV juga memungkinkan bagi para pembuat konten untuk mengunggah video kreasi mereka mereka langsung ke Instagram. Menurut Systrom, kehadiran dari aplikasi IGTV ini adalah untuk menyaingi YouTube.

Perlu anda ketahui, walaupun saat ini durasi untuk berbagi konten di IGTV ini maksimal adalah 10 menit, namun bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure dapat mengunggah konten videonya sampai berjam-jam lamanya. Systrom pun berharap, nantinya semua pengguna aplikasi IGTV ini akan dapat merasakan berbagi video dengan durasi yang tak terbatas.

Untuk sementara ini, IGTV tidak akan menayangkan iklan. Akan tetapi Systrom mengatakan kalau penggunanya dapat memanfaatkan platform tersebut sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu didalamnya.
Bakal Peringatkan Pengguna Jika Main Terlalu Lama
Logo baru Instagram (Sumber: The Guardian).

Seperti diberitakan sebelumnya, Instagram sedang menyiapkan fitur ‘anti kecanduan’ bagi penggunanya. Fitur baru tersebut siap diuji coba dan akan segera meluncur dalam waktu dekat.

Sebagaimana berita yang dikutip dari laman Mashable pada Rabu (20/6/2018), fitur baru tersebut yang konon katanya akan diberi nama “Usage Insights”, fitur ini nantinya akan memberikan durasi berapa lama penggunanya memakai Instagram. Jika melewati batas waktu yang telah ditentukan maka penggunanya akan diberikan notifikasi.

Menariknya, melalui bocoran screenshot yang diungkap oleh salah satu tim pengembang Instagram, telah memperlihatkan kalau pengguna aplikasi ini dapat mengatur waktu normal untuk membuka Instagram.

Misalkan, penggunanya dapat mengatur durasi pemakaian hanya satu jam. Jika telah lewat dari durasi satu jam, maka Instagram langsung akan mengingatkan penggunanya.

Perlu diketahui, fitur “Usage Insights”  ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari Instagram mengenai dampak penggunaan internet terhadap kehidupan.

CEO Instagram Kevin Systrom, merasa  jika Instagram perlu membuat penggunanya untuk rehat sejenak dari kegiatan online untuk sementara waktu. Oleh karena itulah, kehadiran fitur baru dari Instagram ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi penggunaan internet.

Systrom memang tidak secara terperinci menyebutkan nama dari fitur baru tersebut. Namun keberadaan dari fitur ini ditemukan oleh Jane Manchun Wong, di dalam kode sumber aplikasi Instagram.

Temuan dari Wong pertama kali dilaporkan oleh laman Tech Crunch, yang kemudian dikonfirmasi oleh Systrom. Fitur baru itu bernama "Usage Insights", yang akan memperlihatkan kepada penggunanya  "time spent", yaitu durasi waktu yang dihabiskan ketika memakai aplikasi Instagram.

"Kami membuat tools yang akan membantu komunitas Instagram agar lebih mengetahui tentang durasi waktu yang telah mereka habiskan di Instagram. Kami memahami bagaimana dampak online mempengaruhi orang-orang merupakan hal yang penting dan ini merupakan tanggung jawab bagi semua perusahaan. Kami ingin menjadi bagian dari solusi dan saya mengambil tanggung jawab itu dengan serius," terang Systrom melalui akun Twitter miliknya.

Instagram Rajin Rilis Fitur BaruInstagram dan logo terbarunya. Sumber: Instagram

Instagram termasuk salah satu media sosial yang rajin merilis berbagai fitur baru. Beberapa waktu lalu, misalnya, Instagram telah merilis stiker polling baru yang diberi nama "emoji slider".

Fitur emoji slider ini merupakan cara baru bagi pengguna dalam menggelar jajak pendapat di Stories. Para penggunanya dapat memberikan peringkat pada jajak pendapat yang tengah digelar dengan menggunakan emoji.

Pengguna dapat menanyakan ataupun mengetahui seberapa besar ketertarikan dari teman-temannya di Instagram terhadap sesuatu melalui fitur tersebut.

Fitur baru ini dinilai lebih interaktif dibandingkan stiker "poll" di Stories, yang hanya menyediakan dua pilihan jawaban untuk jajak pendapat yang digelar. Menurut pihak Instagram, stiker "emoji slider" ini merupakan cara yang lebih menyenangkan untuk berinteraksi dengan teman-teman di stories.

Stiker "emoji slider" di Instagram ini telah tersedia untuk pengguna perangkat Android dan iOS. Namun jika anda belum melihat stiker ini Stories, maka anda harus mengunduh versi terbaru Instagram terlebih dahulu di Google Play Store atau pada App Store.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3565100/apa-itu-igtv-layanan-baru-instagram?source=search

0 Response to "IGTV Fitur baru dari Instagram, Apakah Itu?"

Post a Comment