Seputar informasi teknologi internet dan Android

7 Trik Ampuh dan Jitu Untuk Lindungi Smartphone dari Tangan Jahil

blogger templates

7 Trik Ampuh dan Jitu Untuk Lindungi Smartphone dari Tangan Jahil



Di era digital sekarang ini tidak bisa dipungkiri, jutaan orang di seluruh dunia tidak bisa lepas dari perangkat pintar yang disebut smartphone. Mulai dari sekedar melakukan percakapan dengan keluarga sampai dengan orang dekat, berbagai hasil foto-foto, video dan juga data-data penting hampir seluruhnya disimpan rapi didalam perangkat smartphone android. Oleh karena itulah, sebaiknya anda harus memiliki trik khusus agar dapat melindungi diri dari penipuan dan juga pencurian identitas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karena, jika hal tersebut terjadi anda bukan saja akan kehilangan kontak dan juga data-data penting lainnya di perangkat Android. Jika modus pencurian identitas dilakukan apalagi jika menyangkut hal penting seperti akun bank, tentulah akan dapat membuat anda kelimpungan.

Termasuk pula berbagai data penting seperti berbagai foto pribadi, akun media sosial, email dan berbagai data yang lainnya, bahkan hal yang terburuk seperti berbagai koleksi dokumentasi pribadi dapat tersebar secara online yang tentunya dapat dilihat oleh pengguna diseluruh dunia.

Oleh karenanya jangan sampai hal tersebut menimpa anda. Seperti yang dilansir dari laman Lifehack,  pada Rabu (30/5/2018), dibawah ini adal beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menguatkan sistem pengamanan terutama pada perangkat Android anda.

1. Enkripsi Data
Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengenkripsi data, yaitu mengamankan data dengan menggunakan kode rahasia yang hanya diketahui oleh anda.

Dengan menggunakan enkripsi maka akan membantu meningkatkan sistem keamanan dan anda bisa membuka enkripsi saat menggunakan jenis pengaturan di perangkat smartphone. Karena untuk membukanya perlu memiliki password agar bisa mengakses data anda. 

2. Mengunci Semua Aplikasi
Cara kedua adalah perlunya mengunci semua aplikasi. Hal ini menjadi bagian terpenting untuk jenis aplikasi yang didalamnya terdapat informasi pribadi di mana anda tidak ingin orang lain mengetahuinya.
Anda tinggal mencari berbagai aplikasi pengunci yang bisa didapatkan secara cuma-cuma di PlayStore, lalu kemudian anda nonaktifkan pilihan yang memungkinkan akses sederhana dan mudah, kecuali jika anda ingin ada orang tertentu yang bisa memiliki akses menuju aplikasi tersebut. 

3. Gunakan Sistem ​Keamanan ​​Built-In
Untuk semua jenis kuncian layar yang tersedia pada perangkat Smartphone, mulai dari penggunaan passwordpin hingga menggunakan pola untuk membuka kunci ponsel, pastikan  anda menggunakan setidaknya satu kunci layar yang dapat anda temukan dalam pengaturan perangkat Android.
Sebaiknya buatlah password yang tidak mudah ditebak agar lebih meningkatkan sistem keamanan pada perangkat ponsel anda.
Layanan VPN 


4. Pilih Layanan VPN Terbaik
Ini merupakan hal yang penting untuk menggunakan VPN yang tepat untuk perangkat Android anda, namun ada begitu banyak VPN yang sulit untuk diakses, oleh karenanya Anda harus mengetahui salah satu layana yang terbaik untuk kebutuhan khusus tersebut. Sebaiknya anda lakukan penelitian sebelum memutuskan membelinya, dan pastikan untuk mempertimbangkan semua pilihan tersebut dengan sangat hati-hati. 

5. Jangan Simpan Semua Sandi
Banyak orang menyimpan semua password mereka ke situs dan layanan online yang mereka gunakan. Jika Anda juga melakukan ini, kemudian ada orang yang mendapatkan perangkat Anda, maka mereka akan memiliki akses ke semua password Anda. Jangan pernah menyimpannya di perangkat Android Anda, khususnya  adalah untuk sandi perbankan dan juga aplikasi pembayaran lainnya. 

6. Buat Beberapa Akun Pengguna
Jika Anda memang berbagi perangkat Smartphone dengan orang lain misalnya dengan pasangan ataupun anak, adalah penting bahwa setiap pengguna untuk memiliki akun pribadi mereka sendiri guna melindungi privasi. Jika anda mempunyai perangkat tablet keluaran terbaru, maka Anda dapat membuat akun tamu untuk pengguna yang lainnya, seperti yang terdapat pada perangkat komputer desktop Anda.
Software Anti Virus
 7. Instal Software Antivirus
Ada berbagai perangkat lunak antivirus yang tersedia yang bisa digunakan pada perangkat Android, dan sebaiknya Anda menginstal minimal satu software antivirus di perangkat ponsel. Smartphone pada dasarnya adalah sebuah perangkat komputer genggam, dan mereka juga memiliki sifat tunduk pada virus seperti halnya pada perangkat computer. 

0 Response to "7 Trik Ampuh dan Jitu Untuk Lindungi Smartphone dari Tangan Jahil"

Post a Comment