Seputar informasi teknologi internet dan Android

Duh Harus Hati-Hati Nih, Smartphone Ternyata Bisa Disadap Lewat Baterai

blogger templates

Duh Harus Hati-Hati Nih, Smartphone Ternyata Bisa Disadap Lewat Baterai



Beberapa peneliti belum lama ini telah mengungkapkan suatu temuan yang cukup mengejutkan mengenai baterai smartphone.

Tak disangka dan tak diduga, baterai ternyata dapat pula dijadikan alat oleh para peretas guna memata-matai pengguna perangkat smartphone.

Mengenai temuan yang cukup mengejutkan ini terungkap dari hasil penelitian beberapa ilmuwan di Technion, UT Austin dan Hebrew University.

Para peneliti dari UT Austin dan Hebrew University ini mengklaim jika baterai yang dirancang secara khusus ini bisa digunakan untuk menyadap berbagai jenis informasi dari perangkat smartphone.

Tim peneliti tersebut juga mengatakan jika baterai khusus tersebut akan mampu memonitor perangkat keras yang terdapat di dalam perangkat smartphone secara terus-menerus. 

Dengan cara memantau GPU dan juga memori smartphone, si peretas bisa memperoleh informasi tentang pengguna perangkat Smartphone.

"Yang paling mengkhawatirkan adalah jika baterai khusus itu menangkap beragam informasi dari CPU dan juga layar sentuh smartphone," ungkap tim peneliti.

Para peneliti juga menunjukkan dalam sebuah eksperimen yang dilakukan bahwa seorang peretas--dengan berbagai tingkat akurasi--mampu menangkap karakter yang diketik melalui sebuah layar sentuh, memulihkan riwayat browser, dan juga bisa mendeteksi panggilan masuk.

Selain itu peretas bahkan bisa pula mengetahui kapan dan di mana sebuah foto diambil oleh pengguna perangkat Smartphone. Pencurian data kemungkinan bisa pula dilakukan melalui browser yang terinstal pada perangkat smartphone tersebut.

Untuk tingkat keakuratan,  peretas bisa mengetahui tombol apa saja yang ditekan. Hal tersebut diklaim keakuratan bisa mencapai hingga 36 persen. Peretas bahkan mampu pula untuk melakukan pencarian terhadap password yang telah tersimpan.

Untuk kasus situs web mana saja yang telah diakses oleh pengguna Smartphone, penelitian telah menunjukkan tingkat akurasi hingga mencapai 65 persen.
Tingkat Akurasi Peretas Capai 100 Persen


Namun hal yang paling mengejutkan adalah tingkat akurasi dari seorang peretas dalam mendeteksi adanya suatu panggilan telepon yang telah dilakukan bisa mencapai 100 persen.

Eksperimen juga telah menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi terkait dengan penggunaan kamera Smartphone.

Selain dapat mendeteksi kapan foto telah diambil, peretas dapat pula memperoleh data tentang penggunaan lampu kilat dan kondisi pencahayaan pada perangkat Smartphone.

Para peneliti juga menunjukkan bagaimana seorang peretas dapat merayu pengguna Smartphone agar menggunakan baterai jahat yang telah mereka buat.

"Mereka bisa melakukannya dengan cara menjual baterai jahat itu melalui pemasok aksesori ponsel atau melalui gerai ponsel biasa," ungkap tim peneliti.
Pengguna Diimbau Jangan Panik


Namun begitu, para peneliti meminta kepada para pengguna Smartphone agar supaya tidak terburu-buru panik. Sebab, serangan seperti ini masihlah terlalu pagi untuk terjadi dalam waktu dekat ini.

Karena untuk memproduksi dan juga mengedarkan baterai ponsel jahat secara massal memerlukan mata rantai yang panjang.

Selain itu, dalam proses pengumpulan dan juga pengambilan data selalu berjalan lambat, dan hasilnya pun tidak selalu akurat.

Akan tetapi, tim peneliti tetap mengingatkan agar para pengguna ponsel untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika ingin mengganti baterai ponselnya.

"Biasanya, para peretas akan memanfaatkan situs penjualan online dan harga baterai ponsel yang murah dari versi aslinya. Ini akan menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi pengguna ponsel yang ingin mengganti baterai ponsel secara mudah dan murah," ucap tim peneliti sebagaimana yang telah dilansir dari laman Dream.co.id dari Security Week.

0 Response to "Duh Harus Hati-Hati Nih, Smartphone Ternyata Bisa Disadap Lewat Baterai"

Post a Comment