Seputar informasi teknologi internet dan Android

4 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone yang Terkena air Hujan

blogger templates


4 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone yang Terkena air Hujan


Smartphone di era digital sekarang ini seakan merupakan suatu perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Perangkat ini seolah tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern dewasa ini, karena perangkat pintar ini telah banyak membantu dalam kehidupan sehari-hari, karena itulah banyak penggunanya membawa perangkat ini kemana pun mereka pergi.

 Bahkan ketika akan tidurpun benda yang satu ini tidak bisa dilepaskan dari pemiliknya, sesaat sebelum mereka pergi tidur, bahkan hingga bangun di keesokan harinya perangkat pintar ini menjadi yang pertama dicari.

Karena itulah ketika perangkat Smartphone kesayangannya terkena air hujan ataupun terjatuh kedalam kolam air, maka sang pemiliknya pasti akan menjadi panik tanpa tahu harus berbuat apa ketika benda kesayangannya ini tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan kembali.

Dan salah satu cara yang paling aman untuk mencegah perangkat smartphone menjadi basah ialah dengan memasukkannya ke dalam tas atau kedalam kantung plastik. 

Namun, apabila tiba-tiba hujan datang dan ternyata perangkat telah terlanjur basah terkena air hujan,maka anda tidak perlu khawatir ketika mengalami kejadian seperti diatas, apalagi setelah anda membaca artikel dibawah ini tentang cara ampuh untuk mengatasi Smartphone yang terkena air hujan.

1. Segera Keringkan Ponsel


Ketika perangkat ponsel anda basah terkena air, maka langkah yang harus di lakukan adalah keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel pada bagian bodi perangkat ponsel pintar anda. Lalu kemudian segera lepas casing dan juga baterai didalamnya, dan mulailah untuk mengeringkan bagian dalam dari ponsel kesayangan anda dengan menggunakan tisu ataupun kain kering. Yang harus anda perhatikan, jangan menggunakan hairdryer, karena akan dapat merusak komponen pada perangkat smartphone. 

2. Jangan Hidupkan Ponsel
 
Bila perangkat ponsel kesayangan anda telah terlanjur basah kuyup oleh air hujan, sebaiknya anda tidak menyalakan ponselnya. Karena dalam keadaan basah terkena air, akan berbahaya bagi handset jika dinyalakan karena dapat merusak komponen kelistrikannya. 

3. Lepas Baterai


Langkah berikutnya setelah mematikan perangkat ponselnya, segera lepaskan baterai dari perangkat ponsel. Dengan cara melepas baterai akan membuat perangkat ponsel menjadi lebih aman karena cara ini akan benar-benar menghentikan aliran listrik yang mungkin saja terjadi di dalam perangkat ponsel kesayangan anda. 

4. Manfaatkan Beras


Langkah yang terakhir, apabila anda tidak menemukan gel silica yang dapat digunakan untuk menyerap air, maka anda bisa memanfaatkan beras. Caranya adalah, masukan perangkat ponsel yang basah terkena air tadi ke dalam  kantong plastik atau bisa juga menggunakan toples,  lalu kemudian isi dengan beras sampai penuh semua. Setelah itu anda diamkan selama kurang lebih satu hari. Setelah selesai anda pasang kembali baterai dan casingnya, lalu anda hidupkan kembali.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil..!!

0 Response to "4 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone yang Terkena air Hujan"

Post a Comment