Seputar informasi teknologi internet dan Android

Unik..! E-KTP Bisa Buat Buka Kunci Layar Android

blogger templates


Unik..! E-KTP Bisa Buat Buka Kunci Layar Android

Penggunaan perangkat Smartphone di era digital sekarang ini sudah menjadi suatu keharusan, setiap orang hampir di seluruh penjuru dunia telah menggunakan perangkat pintar ini. Namun seiring perkembangannya perangkat ini rentan dengan adanya hacking atau pencurian data yang dilakukan oleh hacker atau sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itulah keamanan dari perangkat Smartphone menjadi suatu hal yang sangat penting, terutama bagi pengguna Android, walau sekarang ini telah disematkan berbagai fitur untuk mengunci Smartphone dengan tujuan keamanan, dimulai dari penggunaan PIN, Password, atau kunci pola hingga penggunaan scan wajah dan teknologi iris mata

Dan yang terbaru di pasaran, saat ini banyak perangkat smartphone yang telah disematkan fitur kunci dengan menggunakan sensor sidik jari. Canggih dan harga dari perangkatnya pun cukup terjangkau. Namun kali ini ada tips keren untuk membuka kunci layar Android menggunakan E-KTP.

Cara Buka Lockscreen Android Pakai E-KTP

Buat anda yang menggunakan perangkat Smartphone dan menggunakan fitur sidik jari sebagai pengunci layar, mungkin cara tersebut sudah tidak terlihat keren lagi karena telah banyak orang yang menggunakannya, sekarang bisa anda coba tips canggih yaitu memakai E-KTP, dengan memanfaatkan chip NFC yang ada di E-KTP untuk membuka kunci layar perangkat Smartphone, bisakah? Sangat bisa !

Langkah Cara Buka Lockscreen Android Pakai E-KTP

Anda sudah memiliki E-KTP ? Jika belum memiliki, segera ganti KTP anda ke E-KTP. Selain anda ikut menyukseskan program pemerintah, Ternyata  E-KTP juga dapat anda gunakan untuk membuka kunci layar pada perangkat smartphone Android. Caranya adalah :
  • Pastikan pada perangkat smartphone anda telah menggunakan OS minimal Android Lollipop dan juga telah memiliki teknologi NFC ,Dan yang terpenting anda harus memiliki E-KTP.

Catatan : NFC (Near Field Communication) adalah suatu teknologi yang memungkinkan dua perangkat untuk saling berkomunikasi  yaitu dengan cara menempelkan ataupun  mendekatkan keduanya.
  • Pastikan NFC pada perangkat smartphone anda aktif. Jika semuanya telah siap, langkah selanjutnya anda masuk ke menu Settings - Security - Smart Lock. Jika fitur Smart Lock belum aktif, silakan anda aktifkan dahulu dari menu Settings - Security - Trusted Agents.





Catatan: Fitur Smart Lock semestinya telah menjadi fitur bawaan perangkat smartphone Android Lollipop hingga yang terbaru. Akan tetapi, ada beberapa vendor smartphone yang sengaja menghilangkan fitur ini lalu menggantinya dengan fitur pengunci layar andalan mereka masing-masing.
  • Jika pada perangkat smartphone anda tersedia menu Smart Lock, maka selanjutnya adalah anda tinggal memilih menu Trusted Devices.


  • Lalu pada tampilan berikutnya, silakan anda pilih NFC di menu Trusted Devices.


  • Langkah terakhir, anda tempelkan E-KTP ke NFC. Dan jika sukses terbaca, maka dilayar akan muncul perintah untuk menamai perangkat NFC yang telah anda daftarkan tadi. Pada contoh diberi nama dengan E-KTP, namun terserah anda untuk menamainya.
  •  
Selesai, berikutnya anda sudah bisa membuka kunci layar pada perangkat Smartphone anda, mudah bukan cara untuk membuka layar android dengan menggunakan E-KTP ?

Selamat mencoba dan semoga berhasil..!

0 Response to "Unik..! E-KTP Bisa Buat Buka Kunci Layar Android"

Post a Comment