Seputar informasi teknologi internet dan Android

8 Cara Untuk Mengurangi Efek Buruk Radiasi pada Ponsel

blogger templates
8 Cara Untuk Mengurangi Efek Buruk Radiasi pada Ponsel

Berita yang santer terdengar mengenai dampak buruk dari penggunaan perangkat ponsel untuk jangka panjang memang bukan berita baru,berbagai kemungkinan yang dapat berpotensi mengganggu kesehatan penggunanya yang disebabkan oleh adanya radiasi pada perangkat ponsel seperti adanya gangguan mental, penyakit kanker sampai dengan masalah reproduksi.

Faktor utama yang menyebabkan hal tersebut adalah adanya radiasi Radio Frequency (RF). Radiasi RF akan memancarkan suatu radiasi yang dikeluarkan oleh perangkat telepon selular disaat perangkat dalam keadaan aktif. Biasanya radiasi RF ini akan muncul disaat perangkat ponsel sedang mencari sinyal.

Efek dari radiasi RF untuk jangka panjang ditengarai bisa mengganggu system kekebalan jaringan otak yang akan berpotensi untuk menyebakan kerusakan pada otak secara permanen.

Namun walaupun sebagian besar dari pengguna perangkat ponsel ini telah mengetahui bahaya dari radiasi yang ditimbulkan, kebanyakan dari mereka telah kadung tidak bisa untuk lepas dari penggunaan perangkat ini, karena perangkat ponsel ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia modern sekarang ini, berbagai manfaat didapatkan dari perangkat ini.

Akan tetapi walau seolah anda tidak dapat hidup tanpa ponsel ini, anda masih dapat menggunakan perangkat telepon selular ini secara bijak agar dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan dalam jangka Panjang dapat dikurangi. Lalu apa saja langkah yang mesti dilakukan agar dapat mengurangi dampak buruk dari penggunaan ponsel ini?

Berdasarkan berita yang dikeluarkan dari Departemen Kesehatan California yang dukutip dari The Independent, dibawah ini ada beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mengurangi dampak buruk dari radiasi ponsel dalam jangka panjang.

1.Gunakan headset saat menelepon

Disaat anda sedang menelpon seseorang alangkah baiknya untuk menggunakan headset, karena ketika melakukan panggilan maka perangkat ponsel akan lebih banyak mengeluarkan radiasi dari sinyal RF.

Dan jika hal tersebut terjadi secara kontinyu, bukan hal mustahil radiasi yang dikeluarkan oleh perangkat ponsel dapat memicu kerusakan pada jaringan otak penggunanya.

2. Berkomunikasi lewat teks

Berkomunikasi lewat teks selain  lebih murah,dikatakan juga lebih aman jika dibandingkan dengan ketika melakukan panggilan secara langsung. Sebab, radiasi yang dikeluarkan oleh perangkat ponsel menjadi lebih sedikit.

Selain itu pula posisi dari perangkat ponsel saat mengetik suatu pesan teks berada lebih jauh dari tubuh kita, sehingga radiasi yang diterima  tubuh akan lebih kecil.

3. Hindari mengantongi ponsel

Walaupun sedang tidak digunakan, perangkat ponsel akan terus mengeluarkan radiasi RF. Maka dari itu, lebih baik pengguna agar tetap menjaga jarak dengan perangkat ponsel saat digunakan.

Jika anda sedang melakukan suatu perjalanan, jangan menyimpan perangkat ponsel di saku celana. Simpanlah ponsel anda di tempat yang lebih jauh, seperti  didalam tas atau tempat bawaan yang lain.

4. Jangan gunakan ponsel saat lemah sinyal

Ketika sinyal lemah, indikator berada pada posisi satu bar, maka radiasi  yang ditimbulkan menjadi lebih besar. Karena sinyal RF yang dikeluarkan oleh perangkat ponsel lebih besar disaat sinyal dalam keadaan lemah.

Kalau memang tidak dalam keadaan darurat, maka lebih baik membiarkan perangkat ponsel tersimpan didalam tas atau matikan saja ponsel ketika sinyal yang diterima dalam keadaan lemah.

5. Kurangi penggunaan ponsel di kendaraan

Mempergunakan perangkat ponsel dalam kendaraan yang bergerak cepat ternyata merupakan tindakan yang kurang bijak. Karena disaat bergerak, maka ponsel akan menangkap sinyal dari tower yang satu ke tower yang lainnya, sehingga akan memicu ponsel untuk mengeluarkan sinyal RF lebih banyak lagi.
 
6. Musik dan video offline

Jika anda ingin mengurangi dampak buruk dari radiasi ponsel, maka lebih baik mengunduh (download) dulu file yang diinginkan, setelah itu barulah menonton video ataupun mendengarkan musik yang dusukai secara offline.

Agar lebih meminimalisir radiasi yang ditimbulkan pada perangkat ponsel, mode penerbangan (flight mode) dapat anda aktifkan sebelum menonton suatu video ataupun mendengarkan musik secara offline, karena sinyal sudah tidak dibutuhkan lagi.

7. Jangan letakkan ponsel dekat kepala saat tidur

Walau sedang tidak digunakan, perangkat ponsel akan terus mencari sinyal yang memicu radiasi. Disaat anda ingin tidur dan ponsel dalam keadaan menyala, maka sebaiknya jangan pernah untuk meletakkan ponsel di dekat kepala anda.

Lebih bijak lagi jika menon-aktifkan ponsel ketika anda tidur. Jika membutuhkan alarm dari ponsel, Anda dapat mengaktifkan flight mode ataupun meletakkannya di atas meja yang jauh dari tubuh anda.

8. Lepas headset


Walau jumlahnya tidak begitu besar, headset yang tersambung dengan perangkat ponsel ternyata juga bisa mengeluarkan radiasi, terutama dari jenis headset bluetooth. Oleh sebab itu, pengguna ponsel disarankan untuk melepas headsetnya jika tidak digunakan.

0 Response to "8 Cara Untuk Mengurangi Efek Buruk Radiasi pada Ponsel"

Post a Comment