Seputar informasi teknologi internet dan Android

Mau Smartphone Android Dijadikan CCTV ? Gini nih Caranya

blogger templates


Mau Smartphone Android Dijadikan CCTV ? Gini nih Caranya


Di era digital sekarang ini penggunaan perangkat yang terkoneksi dengan internet merupakan suatu hal yang wajib dimiliki oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Salah satunya adalah perangkat Smartphone yang berbasis android, dengan seiring berjalannya waktu, perangkat ini mengalami berbagai perubahan seperti bertambahnya fitur-fitur pada perangkatnya. 

Perangkat Smarphone yang sebelumnya anda gunakan menjadi ketinggalan jaman dengan hadirnya berbagai Smartphone yang di sematkan berbagai fitur andalan terbaru.
Sehingga ketika Smartphone yang terbaru telah hadir, anda yang mungkin memiliki dana lebih akan segera membelinya, sehingga perangkat Smartphone lama anda menjadi tidak terpakai dan mungkin dibiarkan begitu saja didalam lemari.

Namun tahukah anda, perangkat smartphone lama yang anda miliki namun masih berfungsi dengan baik dapat anda manfaatkan menjadi sebuah peralatan kamera CCTV, tidak percaya? Jika begitu baiknya anda simak penjelasan dibawah berikut ini.

Ya benar, yang anda butuhkan adalah sebuah perangkat smartphone Android, aplikasi di dalam perangkatnya, dan jangan ketinggalan chargernya juga, dan adanya jaringan WiFi ataupun telah terkoneksi dengan jaringan internet minimal 3G. 

Tentu hal yang demikian bukanlah hal yang memberatkan bagi anda, karena koneksi internet telah menjadi sesuatu hal yang lumrah dimiliki oleh masyarakat modern sekarang ini.

Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai CCTV


Mungkin ada berbagai pertanyaan di ungkapkan, seberapa pentingnya perangkat Smartphone Android yang anda miliki dijadikan sebagai perangkat CCTV, mungkin bagi sebagian dari anda hal tersebut tidaklah penting untuk dimiliki. Akan tetapi dengan hadirnya CCTV di rumah atau ruangan tertentu akan bisa anda manfaatkan untuk memantau situasinya agar menjadi lebih aman dari sesuatu hal yang tidak diinginkan.  Bagaimana caranya, mari kita simak Bersama.


Gunakanlah Aplikasi Web of Cam




Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengunduh lalu meng-install aplikasi dari pihak ketiga yang diberi nama Web of Cam. Aplikasi Web of Cam ini bukan hanya tersedia untuk perangkat Android saja, namun perangkat smartphone yang berbasis iOS dan jugaSymbian juga dapat menginstallnya. Ketika pertama kali anda menjalankan aplikasi ini, maka anda akan diminta memasukkan akun Google milik anda, karena aplikasi Web of Cam ini memang memerlukan akun Google agar dapat beroperasi.

Selanjutnya setelah anda memverifikasi akun Google nya maka kemudian dilayar Smartphone anda akan ditampilkan dua pilihan menu,yaitu  'Camera' atau ada 'Viewer'. Jika anda memilih Camera maka pilihan ini untuk menjadikan perangkat smartphone Android anda sebagai CCTV ataupun Web Cam.  


Dan jika anda memilih Viewer maka akan menjadikan perangkat smartphone anda berfungsi untuk memantau smartphone  lainnya yang telah dijadikan sebagai perangkat  CCTV. Ketika anda memilih menu 'Camera', maka aplikasi ini akan mulai mengaktifkan fungsi dari kamera belakang dan akan menunggu perangkat lainnya untuk menjadi 'Viewer'nya. Aplikasi Web of Cam ini pun akan berjalan di latar belakang dan akan terus membuat video selalu dalam mode streaming.

Agar dapat memastikan jika perangkat anda harus dalam keadaan selalu aktif, maka tidaklah mungkin jika anda menjadikan perangkat smartphone Android anda sebagai CCTV beropreasi penuh selama  24 x 7, oleh karena itulah, anda mesti men-charge-nya agar dapat tetap beroperasi. Lalu, pastikan agar perangkat smartphone anda telah terkoneksi jaringan internet maupun pada jaringan WiFi. Atur posisi ponsel anda di tempat yang lebih tinggi tujuannya agar supaya wilayah yang terpantau menjadi lebih luas.

Agar bisa memantau perangkat smartphone Android terbaik milik anda yang telah dijadikan CCTV, ingat, anda pun perlu juga memasang aplikasi yang sama pada perangkat Smartphone Android yang lainnya lagi. Setelah anda meng-unduhdan kemudian menginstallnya, kemudian anda tekan opsi 'Viewer'. Setelah itu, kamera yang terdeteksi pada perangkat Smartphone tadi akan muncul dalam daftar di menu 'Available Cameras'. Selanjutnya anda hanya perlu untuk memilih yang sudah anda pasangkan sebagai perangkat CCTV, lalu kemudian dua perangkat Smartphone Android milik anda siap memantau lokasi yang anda inginkan.


Dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat menjadikan perangkat smartphone Android anda menjadi sebuah perangkat CCTV, maka anda pun dapat mengontrolnya dari jarak jauh, kemudian dapat meng-capture gambar, bisa juga mengganti kamera belakang dan depan, bahkan selain itu anda pun dapat menyalakan LED Flash menjadi sumber cahaya. Sehingga, apapun kondisinya anda masih tetap dapat melihat kondisi ruangan yang anda pasangkan CCTV dan membuat perangkat smartphone menjadi lebih aman. 

Terakhir, selamat mencoba semoga berhasil..!

0 Response to "Mau Smartphone Android Dijadikan CCTV ? Gini nih Caranya"

Post a Comment