Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Ampuh Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang Terhapus di Smartphone Android

blogger templates


Cara Ampuh Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang Terhapus di Smartphone Android



Seperti yang telah kita ketahui semua, aplikasi chatting terpopuler abad ini masih di pegang oleh WhatsApp. Aplikasi ini seakan menjadi suatu aplikasi yang wajib di install pada semua perangkat Smartphone Android, karena aplikasi ini memang mudah untuk di pergunakan oleh berbagai kalangan, selain itu terdapat fitur-fitur yang sangat membantu penggunanya.

Pada aplikasi WhatsApp ini untuk menambahkan teman terjadi secara otomatis, jadi ketika teman kita sama – sama menggunakan maka otomatis akan ditampilkan pada aplikasi WhatsApp ini.  
Akan tetapi, pada beberapa kejadian ada sebagaian penggunanya yang kontak WhatsAppnya hilang entah sengaja atau tidak. Padahal mereka sama-sama menggunakan aplikasi WhatsApp. Ketika sudah demikian kejadiannya, di bawah ini ada cara untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang di Smartphone Android

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Yang Hilang Terhapus


Anda mungkin akan merasa kesal dan jengkel ketika  sedang kehabisan pulsa dan ingin menghubungi seseorang, dan ketika coba untuk menghubunginya melalui aplikasi WhatsApp dengan menggunakan kuota data internet, ternyata kontak yang ingin dihubungi hilang. Namun ternyata ada cara  ampuh untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang jika anda tahu penyebabnya.

1. Ubah Permission


Semenjak OS Android Marshmallow resmi diluncurkan, memungkinkan para pengguna smartphone Android menjadi lebih leluasa untuk menentukan Permission mana saja yang akan diberikan pengguna pada suatu aplikasi. Jika memang tidak mau untuk memberikan izin aplikasi untuk membaca kontak, maka anda bisa mengaturnya. Dan ada kemungkinan anda secara tidak sengaja membuat Permission WhatsApp untuk membaca kontak jadi posisi Off, sehingga menyebabkan kontak WhatsApp anda menjadi hilang.

Ketika itu terjadi, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan masuk ke menu Settings - Application, lalu selanjutnya pada aplikasi WhatsApp anda pilih Permission. Anda pilih Permission untuk membaca kontak menjadi posisi On. Namun mesti anda Ingat, hal ini hanya berlaku jika anda menggunakan Android Marshmallow.

2. Kontak Ditampilkan


Karena telah terhubung dengan akun Google, maka para pengguna Smartphone Android bisa dengan leluasa untuk menyimpan semua kontak nomor telepon di dalam akun Gmail. Nah, jika memang anda menggunakan banyak akun Gmail, ada kemungkinan kontak yang ada di akun Gmail anda tidak ditampilkan di menu Phone Book, sehingga menyebabkan kontaknya tidak muncul di aplikasi WhatsApp.


Maka cara  untuk mengatasinya adalah Pertama anda masuk kedalam aplikasi Contacts atau Phone Book, lalu kemudian anda pilih Settings. Lalu anda cari menu Contacts to display, berikutnya  ceklis akun Gmail tempat anda menyimpan kontak. Setelah itu dilakukan jangan lupa untuk Refresh Contact  pada aplikasi WhatsApp nya.

Akhir kata itulah cara ampuh untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang terhapus pada smartphone Android. Dan sekarang anda tidak perlu lagi khawatir jika mengalami kejadian hilang kontak WhatsApp karena secara tidak sengaja mengubah pengaturan di perangkat smartphone anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil..!

0 Response to "Cara Ampuh Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang Terhapus di Smartphone Android"

Post a Comment