Seputar informasi teknologi internet dan Android

Sering Miskin Kuota ? Aplikasi Datally dari Google Solusinya

blogger templates


Sering Miskin Kuota ? Aplikasi Datally dari Google Solusinya


Bagi anda yang sering menggunakan internet untuk berbagai keperluan, mungkin pernah mengalami betapa borosnya dalam pemakaian kuota internet setiap bulannya, bisa beberapa kali anda membeli paket data atau mengisi ulang kuota dalam sebulan sehingga untuk sebagian orang mungkin terasa memberatkan.

Untuk itulah Google menghadirkan solusi dengan meluncurkan aplikasi yang berfungsi untuk menghemat pemakaian kuota terutama pada perangkat yang berbasis android. Setelah sebelumnya Google juga telah meluncurkan YouTube Go yang berfungsi sama yaitu untuk menghemat pemakaian kuota.

Aplikasi Android yang dimaksud tersebut adalah Datally, yaitu sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna Smartphone Android untuk mengontrol dan juga menghemat pemakaian kuota internet. Aplikasi Datally ini bekerja dengan cara mematikan aplikasi yang menggunakan kuota internet yang berjalan di belakang sistem (background).

Seperti yang anda ketahui, sebagian besar aplikasi yang berada di Android selalu aktif berjalan secara diam-diam. Sebagian besar aplikasi tersebut selain menguras pemakaian kuota juga dikatakan turut pula menyumbang borosnya pemakaian baterai pada perangkat smartphone.

Ada sejumlah aplikasi dengan secara otomatis akan diblokir setelah aplikasi Datally di install pada perangkat smartphone anda. Akan tetapi, para penggunanya masih bisa mengatur beberapa aplikasi yang dianggap penting dan selalu menggunakan kuota data internet. Beberapa aplikasi yang biasanya harus selalu terhubung dengan jaringan internet adalah aplikasi pesan instan  seperti WhatsApp dan juga media sosial contohnya Facebook .

Menurut penuturan para pengguna yang telah menguji coba aplikasi Datally ini mengatakan bahwa aplikasi ini bisa menghemat pemakaina kuota internet pada perangkat Smartphone sampai dengan 30 persen, seperti berita yang dilansir dari KompasTekno berdasarkan keterangan pers dari Google, pada Senin (4/11/2017).

Aplikasi Datally ini sengaja dibuat oleh pihak Google setelah melakukan penelitian terhadap para pengguna ponsel di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan jika pengguna ponsel terutama yang berbasis android  di Indonesia banyak yang khawatir kalau paket kuota internetnya akan cepat habis.
Selain itu Google juga menemukan, para pengguna perangkat Smartphone khususnya di Indonesia banyak yang tidak memahami untuk apa saja kuota data internet mereka digunakan. Mereka juga dikatakan oleh Google juga mengalami kesulitan untuk mengontrol pemakaian kuota pada aplikasi yang mereka senangi.

“Kami membuat aplikasi Datally, yaitu aplikasi yang dapat membantu Anda untuk memahami, mengontrol, dan juga menghemat kuota internet, sehingga Anda dapat lebih menghemat dan juga melakukan lebih banyak hal dengan kuota Anda,” ungkap Caesar Sengupta, Vice President Tim Next Billion Users Google, dalam sebuah keterangan pers Google.

Selain dapat menghemat kuota internet, Aplikasi Datally ini memiliki fitur pencarian jaringan Wi-Fi. Dengan memakai aplikasi Datally, para penggunanya dapat melihat jaringan Wi-Fi yang tersedia di dekatnya.

Akan tetapi, Datally tidak menyediakan kunci untuk membuka password WiFi. Agar bisa mengakses internet di jaringan WiFi terdekat, maka pengguna tentu saja harus mempunyai atau mengetahui kode password-nya.

"Fitur datally ini nantinya berfungsi sama seperti Waze, karena penggunanya bisa memberikan penilaian mengenai kualitas jaringan Wi-Fi di suatu tempat dan bisa membantu pengguna lainnya untuk mendapatkan jaringan yang lebih baik," tambah Caesar Sengupta.

Aplikasi Datally ini sekarang sudah bisa diunduh di Google Play Store secara luas, termasuk juga di Indonesia. Untuk menggunakan aplikasi ini diperlukan sebuah perangkat Smartphone Android dengan OS android minimal versi 5.0 (Lollipop).

0 Response to "Sering Miskin Kuota ? Aplikasi Datally dari Google Solusinya"

Post a Comment