Seputar informasi teknologi internet dan Android

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Harus Anda Ketahui

blogger templates


10 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Harus Anda Ketahui

WhatsApp sekarang ini merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan yang paling popular, sudah lebih dari 1 milliar orang di seluruh dunia telah menggunakannya.

Karena itulah pantaslah bila WhatsApp dinobatkan sebagai aplikasi chatting paling popular di Android, karena sudah milyaran orang mengunduhnya. Selain mudah dalam penggunaannya, aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik yang bermanfaat bagi penggunanya.

Namun fitur-fitur menarik tersebut kadang tersembunyi dan tidak banyak pengguna mengetahuinya. Untuk itulah pada ulasan kali ini akan diungkap fitur-fitur tersembunyi dari WhatsApp yang wajib anda ketahui.  

1. Hilangkan Cheklist Biru alias Tanda Pesan Sudah Dibaca

Ketika anda sedang berkirim pesan melalui aplikasi WhatsApp ada tanda checklist yang berwarna biru, tanda tersebut menandakan kalau pesan yang telah Anda kirim sudah dibaca oleh sang penerima pesan dan begitu pula sebaliknya.

Akan tetapi, apabila Anda tidak mau orang lain mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum, maka dari itu WhatsApp memberikan sebuah trik tersembunyi yaitu dengan menghilangkan tanda checklist biru pada percakapan

Dan caranya pun cukup mudah, yaitu :
Langkah pertama Anda masuk ke menu Setting, Lalu kemudian Account dan selanjutnya masuk ke opsi Privacy. Langkah berikutnya anda pilih Read Receipts menjadi off.

2. Simpan Percakapan ke File Teks

Fitur berikut ini mungkin telah ditunggu lama oleh pengguna setia dari apliksi WhatsApp ini, karena terkadang ada suatu pesan penting yang ingin di simpan menjadi sebuah file teks, dan caranya pun cukup mudah, berikut dibawah ini penjelasannya :  

Langkah pertama, anda buka aplikasi WhatsApp kemudian buka chat individu ataupun grup. 
Lalu anda tap pada tombol Menu, selanjutnya pilih Select More.
Langkah terakhir anda pilih  menu opsi Select Email chat. Dan pada email tersebut akan otomatis terlampir sebagai sebuah chat history  yang berbentuk dokumen.

3. Sembunyikan Last Seen atau waktu terakhir online

Pada aplikasi WhatsApp ini memungkinkan para penggunanya dapat mengetahui waktu online terakhir dari para pengguna lainnya. Akan tetapi, jika Anda tidak mau terlihat sedang online, bisa diatur dengan cara menyembunyikan Timestamp atau dengan cara memilih orang-orang yang bisa melihat anda sedang online.


Caranya adalah :

Pertama anda masuk ke menu Setting,
Lalu kemudian pilih Privacy
Langkah terakhir pilih antara My Contact atau Nobody untuk menentukan siapa saja yang dapat melihat kapan waktu terakhir kita  sedang online di aplikasi WhatsApp ini.

4. Backup dan Restore pesan

Ada kalanya kita ingin berganti perangkat, namun tentu kita ingin agar seluruh data yang tersimpan  di perangkat smartphone lama kita bisa dipindahkan pula ke dalam perangkat smartphone baru, dan termasuk juga pesan WhatsApp.


Hal tersebut ternyata sangat mungkin untuk dilakukan, bagaimana caranya?mari kita simak bersama pembahasannya dibawah ini

Langkah pertama anda masuk ke menu Setting pada WhatsApp,
Selanjutnya anda pilih Chat dan dilanjutkan dengan memilih  menu Chat Backup.
Berikutnya anda pilih Back Up Now untuk mulai mem-backup seluruh data yang ada.

Untuk dapat menyimpan kembali pesan tersebut di perangkat smartphone baru, Anda akan diberi pertanyaan apakah mau menyimpan kembali pesan-pesan yang telah ter-backup saat meng-install kembali aplikasi WhatsApp.

5. Memblokir kontak

Fitur yang tersedia di aplikasi WhatsApp ini ternyata cukup bermanfaat guna menghindari Anda dari pesan-pesan spam atau bisa pula dimanfaatkan Anda jika tidak ingin menerima pesan dari seseorang.

Dan caranya pun cukup mudah. Anda hanya cukup pilih nama kontak atau nomor telepon yang mau anda blokir kemudian pilih menu Block this Contact.Cukup mudah bukan ?

6. Mengetahui kontak mana yang paling sering berinteraksi dengan Anda

Selain berbagai fitur yang telah disebutkan diatas, sekarang WhatsApp juga memungkinkan para penggunanya untuk mengetahui siapa saja kontak yang paling sering berinteraksi dengan Anda.

Cara untuk mengetahuinya yaitu dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih Account, kemudian anda pilih menu Storage Usage. Dengan cara tersebut maka WhatsApp akan langsung menampilkan  seluruh daftar kontak yang paling sering berhubungan dengan Anda.

7. Beri bintang pada pesan

Fitur berikut ini sangat berguna bagi anda untuk menandai informasi-informasi yang bersifat penting. Caranya adalah Anda tekan pesan agak lama sampai kemudian muncul kotak dialog.

Selanjutnya anda pilih tanda bintang. Berikutnya, untuk melihat pesan yang telah Anda bintangi, masuk ke menu Setting, dan terakhir anda pilih Starred messages.

8. Format message

Adanya fitur baru yang telah ditambahkan oleh pengembang aplikasi ini mungkin sudah banyak diketahui oleh pengguna setia  dari aplikasi WhatsApp ini. 


Ada tiga jenis format huruf, yakni Bold atau menebalkan huruf yang bisa anda lakukan dengan cara menambahkan tanda bintang di depan dan juga belakang kata-kata atau kalimat yang akan ditebalkan. Contoh: *tebal*

Lalu selanjutnya yang kedua adalah mencoret huruf, yaitu dengan cara menambahkan tanda (~) di depan dan dibelakang huruf yang akan dicoret. Contoh: ~coretan~


Dan yang terakhir adalah dengan memiringkan huruf, caranya adalah dengan menambahkan tanda (_) di depan dan dibelakang huruf yang akan dimiringkan. Contoh: _miring_

9. Block auto-file saving

Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting, kemudian pilih Chat, dan  terakhir anda pilih off untuk Incoming Media.

10. Mute Obrolan Group

Terkadang kita memiliki banyak grup WhatsApp, dan tidak sempat kita ikuti satu persatu. Maksud hati agar ada manfaatnya, namun ternyata obrolan pada grup tersebut justru menambah pemakaian daya dan bisa membuat baterai menjadi cepat drop. Maka dari itu WhatsApp pun ternyata telah memberikan fitur yang berguna  untuk me-mute notifikasi pada sebuah grup percakapan.

Pada smartphone yang berbasis Android, anda buka Chat, lalu pilih tombol Menu, selanjutnya anda pilih Mute sesuai dengan waktu yang andan kehendaki. Contohnya satu hari, seminggu, atau bisa pula setahun.

Untuk pengguna smartphone iPhone, caranya buka menu Chat, lalu anda pilih subject yang ingin ditampilkan pada Group Info Screen. Langkah selanjutnya tap Mute sesuai waktu yang anda inginkan.

0 Response to "10 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment