Seputar informasi teknologi internet dan Android

Heboh..Hati-hati Ada WhatsApp Palsu Beredar Di PlayStore, 1 Juta Pengguna Kena Tipu

blogger templates


Heboh..Hati-hati Ada WhatsApp Palsu Beredar Di PlayStore, 1 Juta Pengguna Kena Tipu


Di era Digital sekarang ini penggunaan perangkat yang terkoneksi kejaringan internet merupakan suatu hal yang umum digunakan, karena dengan adanya koneksi internet maka akan memudahkan kita untuk terhubung kesemua pengguna lainnya yang ada diseluruh penjuru dunia.

Salah satu penggunaan internet yang popular sekarang ini yaitu dengan melalui berbagai aplikasi pengirim pesan, dan yang paling popular saat ini yaitu adalah aplikasi WhatsApp.

Karena aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik yang bermanfaat bagi penggunanya, namun seiring dengan ke-populerannya, ternyata baru-baru ini telah beredar kabar jika aplikasi ini sudah ada tiruannya alias palsu dan yang parahnya sudah tersedia di Play Store.

Para penjahat dunia maya dikenal karena mereka mampu membuat berbagai aplikasi palsu yang memang sangat menyerupai dari aplikasi aslinya. Aplikasi palsu yang telah mereka buat tersebut kemudian digunakan para hacker  untuk menyebarkan luaskan malware ke perangkat Smartphone korbannya.

Sudah ada jutaan pengguna Android telah tertipu oleh beredarnya aplikasi WhatsApp palsu.
Sebabnya, aplikasi tiruan yang mirip dengan WhatsApp asli ini telah tersedia di Play Store dengan tampilan yang memang sangat mirip sekali dengan aslinya. Akan sangat sulit membedakannya jika pengguna tidak cukup jeli melihatnya.


Pada tampilan aplikasi asli, terdapat adanya tanda centang yang terletak di bagian bawah nama pengembang. Hal tersebut menandakan bahwa aplikasi WhatsApp tersebut sudah terverifikasi. 

Pada Beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang pengguna forum Reddit yang telah menemukan sebuah aplikasi WhatsApp palsu atau tiruan yang tidak diduga ternyata cukup populer di Google Play Store. Bahkan yang mengagetkan ternyata aplikasi ini telah di download oleh 1 juta pengguna di toko aplikasi kepunyaan Google tersebut.

Apikasi palsu tersebut bernama 'Update WhatsApp Messenger' ini ternyata beredar sudah cukup lama di Play Store. Selain itu, nama dari pengembang aplikasi ini juga menyerupai dengan yang aslinya, yaitu 'WhatsApp Inc'.

Guna mengelabui para pengguna, pengembangnya diduga  memakai Unicode khusus. Dengan begitu, aplikasi WhatsApp palsu tersebut bisa menyerupai dengan yang asli.

Menurut seorang pengguna yang pertama kali mengetahui adanya WhatsApp palsu, aplikasi ini ternyata bukanlah sebuah aplikasi obrolan, Dan sebagai gantinya, aplikasi WhatsApp palsu tersebut kemudian menyajikan untuk pengguna Android dengan menampilkan berbagai iklan untuk di arahkan mendownload aplikasi yang lainnya.

Berbeda dengan aplikasi yang aslinya, WhatsApp palsu tersebut sama sekali tidak menyediakan adanya fitur chat. Seperti yang telah dikutip dari situs  Kompas Tekno dan dilansir dari The Register, WhatsApp tiruan ini lebih banyak menyediakan adanya tampilan iklan yang bahkan tidak ingin dilihat oleh para penggunanya. 

"Aplikasi palsu tersebut pada dasarnya adalah merupakan suatu pembungkus iklan yang memiliki beberapa kode untuk dugunakan mendownload aplikasi lainnya, yang juga disebut sebagai 'whatsapp.apk," Katanya.

Beruntung, Google dengan cepat telah menghapus aplikasi palsu tersebut dari laman Play Store. Namun dengan adanya kejadian tersebut tetap saja hal ini merugikan bagi para pengguna sebab membuang kuota internet mereka untuk melakukan hal yang tidak perlu. 

Namun dengan beredarnya aplikasi palsu ini tetap mengindikasikan akan kegagalan dari sistem Google untuk memilah adanya aplikasi tiruan. Maka tentu saja ini menuntut bagi pihak Google untuk terus meningkatkan dari sistem keamanannya.

Selain itu ditambah lagi, jumlah pengunduh aplikasi palsu ini telah mendatangkan pengiklan yang pastinya menguntungkan bagi sipembuat aplikasi WhatssApp tiruan tersebut.

Akan tetapi dengan adanya insiden ini sekali lagi telah menandai kegagalan dari raksasa teknologi itu untuk menemukan penipuan yang ada di platform mereka. (di lansir dari Thehackernews)
Sampai dengan saat ini, pihak Google mengatakan sedang menyelidiki masalah tersebut agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. 

Namun sebelumnya, pihak Google cukup yakin dengan kemampuan kecerdasan buatan yang mereka gunakan pada sistem pelacak aplikasi tiruan. Akan tetapi dengan adanya kasus ini membuat Google kembali berpikir agar supaya tidak terlalu tergantung kepada mesin.

Berdasarkan dari hasil pengecekan Kompas.com, ternyata masih ada beberapa aplikasi sejenis yang berusaha untuk meniru Aplikasi WhatsApp dan belum dihapus oleh pihak Google. Umumnya, para pengguna aplikasi ini berharap ia mengunduh WhatsApp asli , namun ternyata di luar dugaan, ternyata mereka telah salah memilih.

Sebagai contoh, aplikasi *WhatsApp 2017* yang telah di-download sebanyak 500.000 kali, kemudian aplikasi WhatsUp Chat Messenger yang telah diunduh 1 juta pengguna, aplikasi Latest Whatsap Status 2017 yang juga telah diunduh sebanyak 1 juta, dan masih banyak lagi aplikasi palsu lainnya. 

http://tekno.kompas.com/read/2017/11/06/22212657/hati-hati-whatsapp-tiruan-banyak-beredar-di-google-play-store

0 Response to "Heboh..Hati-hati Ada WhatsApp Palsu Beredar Di PlayStore, 1 Juta Pengguna Kena Tipu"

Post a Comment