Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tahukah Anda?Inilah Flashdisk Pertama di Dunia Dengan Kapasitas 8 MB

blogger templates


Tahukah Anda?Inilah Flashdisk Pertama di Dunia Dengan Kapasitas 8 MB 

Sebagai media penyimpanan dan transfer data, perangkat flashdisk kini memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, dengan begitu dapat memungkinkan penggunanya untuk menyimpan berbagai data dan dokumen penting kedalamnya. Namun tahukah anda Flashdisk pertama kali diciptakan memiliki kapasitas Cuma 8 MB.

Perangkat Flashdisk pertama kali diciptakan oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Jepang yaitu Dr Fujio Masuoka. Ilmuwan yang lahir pada tanggal 8 Mei 1943 ini menjadi seorang pencipta perangkat flashdisk yang pertama di dunia.

Dalam perjalannya untuk menciptakan perangkat ini, Dr Fujio Masuoka hanya memerlukan waktu dua bulan dalam menemukan struktur baru yaitu memori dengan jenis MOS yang kemudian dikenal dengan nama Samos yang pada akhirnya dijadikan hak paten pada tahun 1972.

Informasi yang didapat dari berbagai sumber, cikal bakal lahirnya perangkat flashdisk yaitu ketika Dr Fujio Masuoka mengembangkan flash dengan memory 256Kbit. Dari sanalah berawal dia  dengan berhasil untuk mengembangkan proyek lainnya yakni sebuah perangkat NAND-type flash memory yang kemudian menjadi awal mula penciptaan flashdisk itu sendiri. 

Pada  tahun 2001, perangkat kecil itu kemudian mulai dipasarkan di negara Amerika oleh perusahaan IBM. Saat itu, ukuran data yang dapat disimpan kedalamnya sebesar 8 MB. Karena itulah Memori Flash sendiri telah menjadi salah satu inovasi semikonduktor yang paling penting dari tahun 1999-an.

Dalam perkembangan berikutnya, perangkat flashdisk ini mampu untuk mentransfer data dan dokumen dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Benda dengan bentuknya yang kecil ini pun sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana, selain dari itu dapat pula dipasangi sistem password agar supaya file yang ada didalamnya tidak bisa dibaca oleh orang lain. 

Dan sekarang, perangkat flashdisk bentuk dan ukuran penyimpanannya sangat bervariasi yang dapat anda pilih disesuaikan dengan kebutuhan.Selain itu  desainnya pun sangat bervariatif. 

Kapasitas 2TB
 
Flashdisk sekarang ini bukan lagi  perangkat yang mendukung penyimpanan file dalam satuan MB (MegaByte), namu telah tersedia dalam ukuran TB (terabyte). Pada bulan Januari 2017, perusahaan yang memproduksi Flashdisk yaitu Kingston Digital telah memperkenalkan perangkat barunya dengan kapasitas kapasitas penyimpanan yang sangat besar untuk ukuran sekarang yaitu sebesar 2 TB. 

Perangkat Flashdisk dengan nama DataTraveler Ultimate GT ini akan menjadi perangkat  flashdisk pertama di dunia dengan memiliki kapasitas yang besar namun memiliki ukuran bodi yang kecill. Vendor yang berasal  dari California ini juga sempat meluncurkan perangkat yang serupa pada tahun 2013 lalu, tapi dengan kapasitas yang lebih kecil yaitu sebesar 1 TB. 

Flashdisk DataTraveler Ultimate GT  sebagai perangkat penyimpan data terbaru ini hanya memiliki berukuran sebesar 72mm x 26.9mm x 21mm. Bodinya sangat kecil bila dibandingkan dengan ukuran kapasitas memori yang bisa ditampungnya. Menurut pihak dari Kingston, untuk kapasitas pada perangkat ini mampu menampung video dengan resolusi 4K UHD sampai dengan 70 jam. 
Seperti yang dilaporkan oleh Slashgear, model dari Flashdisk ini telah tersedia dalam kapasitas sebesar 1 TB dan 2 TB, selain itu telah dilengkapi pula dengan fitur konektor USB 3.0 yang berguna untuk transfer data dengan lebih cepat.

0 Response to "Tahukah Anda?Inilah Flashdisk Pertama di Dunia Dengan Kapasitas 8 MB "

Post a Comment