Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Print File langsung Dari Android Dengan Menggunakan PrinterShare

blogger templates


Cara Print File langsung Dari Android Dengan Menggunakan PrinterShare


Berbagai aplikasi telah di luncurkan oleh beberapa penyedia, diantaranya adalah aplikasi untuk memudahkan pengguna mencetak langsung dari perangkat android melalui printer.

Aplikasi tambahan yang di gunakan untuk perangkat Android ini adalah PrinterShare, aplikasi popular untuk mencetak file ini diproduksi oleh developer Mobile Dynamix. Untuk aplikasi PrinterShare ini mempunyai dua mode yaitu  mode Nearby dan juga Remote. Untuk mode Nearby digunakan untuk menghubungkan  perangkat smartphone anda dengan printer dengan melalui jaringan WiFi. 


Cara untuk menggunakan mode Nearby dengan melalui koneksi langsung antara perangkat smartphone dan printer cukup mudah :
  1. Langkah pertama Install aplikasi PrinterShare pada perangkat Android Anda.
  2. Lalu pastikan perangkat printer Anda mendukung koneksi melalui WiFi
  3. Jika perangkat printer Anda mendukung koneksi WiFi maka aplikasi ini akan langsung mendeteksi perangkat printer Anda, dan langkah selanjutnya Anda bisa langsung print file yang diinginkan.
Namun apabila perangkat printer Anda tidak mendukung untuk terkoneksi jaringan WiFi, Maka anda bisa beralih menggunakan mode Nearby memakai aplikasi PrinterShare desktop client yang di-install pada perangkat komputer, berikut  dibawah ini caranya:
  1. Pertama Unduh dan Install aplikasi PrinterShare pada perangkat Android Anda,
  2. Anda pastikan perangkat komputer dan juga printer telah terhubung, ter-setting dan siap untuk dipergunakan,
  3. Kemudian anda Download dan Install aplikasi PrinterShare desktop client pada perangkat komputer,
  4. Pada aplikasi PrinterShare desktop client di perangkat komputer Anda, kemudian cari printer yang Anda pergunakan pada menu list 'Local Printers'  lalu anda klik Share.
  5. Langkah selanjutnya aplikasi PrinterShare pada perangkat Android Anda akan langsung mendeteksi perangkat printer yang telah di share tersebut.
Jika Anda tidak mempunyai koneksi WiFi, Anda masih dapat menggunakan mode Remote. Mode remote ini hampir serupa dengan mode Nearby yang menggunakan desktop client, cuma saja pada mode remote ini Anda akan menggunakan jaringan dari internet sebagai perantara antara  perangkat Android dan juga komputer. Caranya adalah seperti dibawah ini :
  1. Seperti biasa, Download dan Install dahulu aplikasi PrinterShare pada perangkat Android Anda,
  2. Selanjutnya pastikan komputer dan juga perangkat printer telah terhubung, ter-setting dan siap untuk dipergunakan,
  3. Lalu Download dan Install aplikasi PrinterShare desktop client pada perangkat computer anda,
  4. Pada aplikasi PrinterShare desktop client di perangkat komputer Anda, cari printer yang Anda pergunakan pada menu list 'Local Printers' dan kemudian klik Share.
  5. Selanjutnya pada perangkat Android Anda, klik tombol Menu -> Remote Printers -> create User ID. Untuk User ID bisa Anda temukan pada bagian sudut kiri atas dari PrinterShare desktop client.
  6. Langkah terakhir setelah semua perangkat sudah siap untuk melakukan proses print. Ketika Anda memilih file untuk di-print, maka desktop client akan mengeluarkan notifikasi, lalu klik New job -> Print. Langkah dari notifikasi ini diperlukan untuk mencegah dari pengguna lain untuk mengakses printer Anda.
Dengan menggunakan mode Remote, menampilkan bahwa Anda dapat mengirim file pada desktop client lainnya yang ada di seluruh dunia. Contohnya, jika Anda tidak memiliki perangkat printer di rumah, Anda dapat meminta bantuan teman Anda yang berada jauh dari tempat tinggal Anda untuk mencetak file milik Anda, Anda hanya tinggal mengirim file yang akan dicetak tersebut ke PrinterShare desktop client kepunyaan teman Anda.

0 Response to "Cara Print File langsung Dari Android Dengan Menggunakan PrinterShare"

Post a Comment