Seputar informasi teknologi internet dan Android

Kabar Gembira..! Fitur Baru Android Oreo Bisa Perpanjang Umur Baterai Smartphone

blogger templates


Kabar Gembira..! Fitur Baru Android Oreo Bisa Perpanjang Umur Baterai Smartphone


Untuk anda pengguna Smartphone berbasis android, ada berita menarik tentang fitur terbaru dari  system operasi android versi 8.1 Oreo.

OS Android versi 8.1 Oreo yang masih dalam proses pengembangan dikabarkan memiliki fitur baru yang menarik. Fitur baru tersebut digembar-gemborkan akan mampu untuk memperpanjang usia baterai perangkat samrtphone. Fitur baru tersebut telah diberi nama yaitu wakelock detector.

Wakelock detector adalah sebuah aplikasi penghemat baterai yang dapat mengidentifikasi dan juga menyoroti aplikasi yang akan mencegah perangkat smartphone berada didalam mode deep sleep.
Fitur baru ini bekerja dengan cara memilih beberapa aplikasi yang menguras daya baterai pada perangkat smartphone, yaitu dengan mencegah perangkat smartphone beralih ke mode deep sleep. 

Selama didalam mode deep sleep, dimana aplikasi yang sedang berjalan di background atau berjalan dilatar belakang seperti pada aplikasi sosial media, jaringan wifi atau pada jaringan data seluler akan dinon-aktifkan sementara waktu. Lalu kemudian, aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut akan dihidupkan kembali agar tetap sinkron khususnya pada aplikasi yang membutuhkan notifikasi ataupun pemberitahuan.

Pada fitur ini selain memberitahu para penggunanya mengenai aplikasi apa saja yang telah memboroskan daya pada baterai, fitur ini juga melampirkan beberapa alasan mengapa aplikasi ini telah menggunakan banyak sekali juice seperti pada aplikasi yang berbasis lokasi sehingga dapat menelusuri lokasi penggunanya secara berulang kali. Maka aplikasi seperti ini dipastikan akan menguras daya baterai dengan sangat cepat.

Seperti yang dikutip dari KompasTekno dan berdasar berita dari Phone Arena, aplikasi Wakelock detector bisa ditemukan pada menu informasi baterai yang terletak di menu Setting atau pada pengaturan. Dimana nantinya akan ada wrongdoing app atau ada aplikasi yang tidak tepat akan dapat dengan mudah diidentifikasi yang ditandai dengan adanya peringatan ikon baterai yang bewarna merah.

Hanya dengan menekan aplikasi tersebut maka para penggunanya dapat memutuskan apakah menutup dengan cara paksa aplikasi atau dengan cara 'melumpuhkan' (disable) pada layanan pendukung yang sedang dipergunakan seperti misalnya GPS yang didukung dengan adanya penelusuran lokasi.


Karena selama ini, sebagian besar dari pengguna perangkat berbasis Android mengakali penghematan daya baterai dari perangkat smartphone dengan cara menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk mendeteksi adanya wrongdoing app. 

Maka dari itu dengan adanya layanan fitur baru dari system operasi Android ini diharapkan akan menjadikan sistem operasi Android  ini kedepannya menjadi lebih baik.

0 Response to "Kabar Gembira..! Fitur Baru Android Oreo Bisa Perpanjang Umur Baterai Smartphone "

Post a Comment